Advertisements

Kereta Stainless Steel Bandung

Kereta Stainless Steel Bandung. Ya hampir semua kereta dibawah operator PT. KAI Daop 2 Bandung kini berbody stainless steel. Belum lagi punya Daop lain yang kebetulan rutenya ke Kota Kembang. Hingga munculah istilah Lautan Kaleng-Kaleng.

Awalnya “kereta kaleng-kaleng” merupakan inovasi terbaru PT. INKA Madiun. Kehadirannya jadi daya tarik tersendiri. Bodynya sekilas mirip sama kereta Amtrax di USA. Begitu juga jeroannya betul-betul elegan.

Ada tiga katagori kaleng-kaleng: kereta eksekutif (K1), kereta ekonomi premium (K3) dan mix eksekutif-ekonomi premium (K1+K3). Itu belum ditambah restorasi dan kereta pembangkit. Khusus restorasi dilengkapi fasilitas musholla yang lumayan bisa muat 3-4 jamaah.

KA Argo Parahyangan Tambahan dan Tawang Jaya Premium

Dua rangkaian kereta api awalnya jadi pelopor kaleng-kaleng. Sama-sama pake trainset 1 (TS 1) meski beda kelas. Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan kebagian TS1 eksekutif. Dibawah operator Daop 1 Jakarta dinas rute tersibuk saat ini, Gambir-Bandung. Bahkan bablas Kiaracondong.

Adapun TS1 ekonomi dialokasi ke KA Tawang Jaya Premium rute Pasar Senen-Semarang Tawang. Sebelumnya trainset ini juga pernah mengisi kekosongan KA Argo Parahyangan Premium. Itu saat trainset aslinya menjalani perawatan di PT.INKA Madiun.

Meski dibawah Daop 1 Jakarta, TS1 KA Argo Parahyangan Tambahan jadi kereta stainless steel Bandung pertama. Keberadaannya jadi daya tarik sekaligus buruan Railfans.

kereta stainless steel bandung - interior
Jeroan alias interior kereta stainless steel. Foto: Muhammad Erlangga Sulistyono.

Kereta Stainless Steel Bandung (Asli) Pertama

Adapun yang jadi kereta stainless steel Bandung asli pertama justru KA Argo Wilis. Si Raja Selatan berubah jadi kaleng-kaleng menjelang Lebaran 2018. Inilah kaleng kaleng pertama dibawah operator Daop 2 Bandung. Keberadaannya nggak lepas dari kondisi TS lama yang menurun.

Setelahnya, TS lama didinasin sebagai KA Sembrani, KA Mutiara Timur, hngga akhirnya KA Argo Parahyangan Tambahan. Itupun lagi-lagi harus tergeser sama kaleng-kaleng. Hingga akhirnya dikembangkan jadi KA Pangandaran (Gambir-Bandung-Banjar PP/Bandung-Banjar PP).

kereta stainless steel bandung - KA Argo Wilis, asli Bandung Pertama.
KA Argo Wilis sebagai kaleng-kaleng asli Bandung pertama. Foto: Muhammad Akhmal Sabian.

Virus kaleng seolah terus menjangkiti bumi Priangan. Itu terjadi setelah KA Harina berganti jadi kaleng-kaleng gabungan eksekutif dan premium. Ditambah lagi KA Lodaya (Solo Balapan-Bandung PP) milik Daop 6 Yogyakarta ikutan kena virus kaleng jelang akhir tahun.

Memasuki tahun 2019 semua kereta eksekutif punya KA Argo Parahyangan diganti kaleng-kaleng. Meski masih dinas dalam kondisi belang. Karena ekonominya masih pake rangkaian lama K3 16.

KA Lodaya (Solo Balapan-Bandung PP) milik Daop 6 Yogyakarta ikut meramaikan barisan Kereta Stainless Steel Bandung. Foto: Fauzi Ahmad dan Ipan.

Semua KA Argo Parahyangan Jadi Kaleng-Kaleng

Maret 2019 boleh jadi bulan bersejarah buat titisan sang Legenda. KA Argo Parahyangan yang tengah kebanjiran peminat berubah jadi kaleng-kaleng semua. Cuma satu yang nggak, yakni KA Argo Parahyangan Tambahan idle Sembrani.

kereta kaleng-kaleng bandung. KA Argo Parahyangan full kaleng kaleng.
KA Argo Parahyangan yang telah berubah jadi kaleng-kaleng. Foto: Rafli Prawira.

Itu terjadi karena mutasi rangkaian TS1 (ex-SMC) dan TS2 (ex-YK) ke Daop 2 Bandung. TS1 sebelumnya dinas KA Tawang Jaya Premium. TS2 dinas KA Mataram Premium. Kedua kereta tersebut harus rela turun jadi mild steel.

KA Tawang Jaya Premium kebagian 1 trainset ex-Argo Parahyangan Premium (K3 17). KA Mataram pake bekas rangkaian lama KA Lodaya. Tentu saja rangkaian lama itu ada kereta bisnisnya.

Maka dengan demikian semakin memperkuat Kereta Stainless Steel Bandung. Sekaligus menjadikan Bandung Lautan Stainless Steel. Body seperti ini memang cocok buat iklim dingin kaya Bandung.

Kontributor Foto

Fauzi Ahmad (@fauzi_ahmad1253)
Ipan (
@idf05_)
Muhammad Akhmal Sabian (
@m.akhmal_s)
Muhammad Erlangga Sulistyono (
@erlanggasulistyono)

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: