Kereta Priangan: Kereta Api Pangandaran dan Kerta Api Serayu

Kereta Priangan yang rutenya melintas di semua tanah Priangan. Ada dua kereta yang menjelajahi Priangan Barat dan Priangan Timur. Kereta Api Pangandaran (Gambir/Bandung-Banjar) dan Kereta Api Serayu (Pasar Senen-Purwokerto)

Advertisements

Kereta Priangan menjelajahi Priangan Barat dan Priangan Timur. Kereta Api Pangandaran (Gambir/Bandung-Banjar) dan Kereta Api Serayu (Pasar Senen-Purwokerto)

Sampe akhir 2018, Kereta Api Serayu jadi satu-satunya Penjelajah Tanah Priangan. Melewati Priangan Barat dan Priangan Timur sekaligus. Buat segmen Bandung-Jakarta jadi alternatif kalo sampe keabisan tiket Gopar. Atau pengen traveling dengan budget rendah di segmen itu pilihannya ya Kereta Api Serayu.

Kereta yang dulunya bernama Citrajaya ini punya Daop 5 Purwokerto. Terbilang unik karena biasanya dari Jawa ke Jakarta itu lewat Cirebon. Sementara Kereta Api Serayu rutenya justru ke Stasiun Kroya dulu. Abis itu menuju Jakarta Pasar Senen via Kiaracondong. Makanya itu kalo ambil kereta ini full trip sampe Jakarta bakal benar-benar menikmati perjalanannya yang 10 jam.

kereta priangan kereta api pangandaran dan kereta api serayu 1

Dengan keunikan yang dimilikinya, Kereta Api Serayu kerap dijadikan alternatif dari Jakarta/Bandung ke Garut, Tasikmalaya hingga Banjar. Begitu juga traveler yang mau ke Pangandaran via Banjar dan Sidareja sering naik kereta ini. Harga tiketnya sangat terjangkau. Cuma Rp 67.000,00 sekali jalan.

Kereta Api Serayu benar-benar jadi andalan buat ke Priangan Timur. Terutama setelah Kereta Api Galuh nggak lagi dinas. Begitupun Kereta Api Priangan Ekspres yang terpaksa pensiun lebih awal gara-gara minim peminat. Akibat dari rutenya yang nggak efisien.

Dari Pasar Senen muter ke Tanah Abang, Manggarai, Jatinegara, Bekasi baru bablas sampe Banjar. Banyak berhenti lagi. Padahal itu bukan kereta ekonomi melainkan komersial. Target awal ngincar pedagang pasar tanah abang pun gagal.

Kereta Priangan – Kereta Api Pangandaran

Mulai 2 Januari 2019, PT. KAI Daop 2 Bandung meluncurkan Kereta Api Pangandaran sebagai pengembangan dari Kereta Api Argo Parahyangan. Trainsetnya pake ex-Argo Parahyangan Premium dan Tambahan. Rute yang semula cuma Gambir-Bandung PP diperpanjang sampe ke Stasiun Banjar (BJR).

kereta priangan kereta api pangandaran dan kereta api serayu 2

Tersedia 2 alternatif Kereta Api Pangandaran, yakni Gambir-Bandung-Banjar PP dan Bandung-Banjar PP. Selama masa promosi PT. KAI berlakukan tarif Rp 1 semua kelas khusus di segmen Bandung-Banjar PP. Sementara untuk segmen Gambir tarifnya Rp 150.000,00 (eksekutif) dan Rp 110.000,00 (ekonomi premium).

Hingga tulisan ini di release, minat penumpang Kereta Api Pangandaran terbilang sangat tinggi. Ini bisa diliat dari loket stasiun keberangkatan yang selalu antri panjang. Saat ini tiket kereta api Pangandaran cuma bisa dibeli langusng di stasiun. Nggak bisa lagi di booking online gara-gara banyak penumpang ghaib. Cuma booking doang tapi nggak naik.

Walaupun nggak bisa online kereta ini tetap diminati. Masa Promo Tiket Kereta Api Pangandaran akan berakhir di tanggal 28 Februari 2019. Setelahnya bisa aja berlaku tarif reguler dan bisa dibooking online lagi seperti semula. Semoga tetap laris ya.

Kontributor Foto:

M. Fajar (@railfans_hunting)

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.