Advertisements

Kereta Api Tawang Jaya

Kereta Api Tawang Jaya mulai dinas 14 Mei 1984. Termasuk barisan kereta legendaris tentunya. Dalam perkembangannya banyak mengalami perubahan. Mulai jadi rangkaian panjang (Taranjang) hingga muncul versi komersialnya

Kereta Api Tawang jaya melayani rute Jakarta Pasar Senen (PSE) – Semarang Poncol (SMC) dan sebaliknya. Ini merupakan kereta api paling akhir yang berangkat dari Jakarta ke arah timur. Sekaligus pilihan buat kamu yang pengen ngirit akomodasi. Cuma sayangnya perjalanan malam bakal membuat kamu melewatkan spot Plabuan yang jadi primadona Daop 4 Semarang.

Dulu rangkaian kereta ini pernah dipake dinas KA Feeder Bojonegoro di rute Semarang-Bojonegoro. Cuma okupasi minim membuatnya harus pensiun lebih awal. Feeder Bojonegoro sendiri sekarang udah digantikan Ambarawa Ekspres dan Maharani yang bablas sampe Surabaya.

Perjalanan sebaliknya dari Semarang ke Jakarta dinas siang hari sehingga bisa menikmati pemandangan. Kereta Api Tawang Jaya melewati banyak kota penting di Pantura Jawa mulai dari Subang, Indramayu, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan hingga Kendal.

Perubahan Stamformasi Kereta Api Tawang Jaya

4 April 2016 jadi sejarah baru buat sang legenda. Kereta Api Tawang Jaya jadi yang kedua punya rangkaian panjang setelah KA Kertajaya di rute Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi. Sebanyak 14 kereta dibawa dalam satu kali perjalanan ditarik lokomotif CC 206 yang bertenaga besar. Jumlah itu cukup ideal buat jalur pantura yang udah full double track.

kereta api tawang jaya
KA Tawang Jaya rangkaian panjang (Taranjang).Foto by Aditya Yusuf Pratama.

Hanya saja bertambahnya stamformasi ini harus mengorbankan kereta legendaris lainnya. Bersamaan operasional Taranjang (Tawang Jaya Rangkaian Panjang), KA Tegal Arum (Pasar Senen-Tegal) harus dikorbankan dan pensiun. Menyusul KA Parahyangan yang sekarang jadi Gopar. Alasan berhentinya KA Tegal Arum karena okupasi minim.

Padahal kereta ini terkenal dengan harga murahnya. Cuma bayar Rp 50.000,00 udah bisa jalan ke Cirebon nyampe Tegal. Trainsetnya dikasih ke Taranjang. Jadi penumpang KA Tegal Arum sekarang diakomodasi Taranjang.

KA Tawang Jaya Premium

Selang dua hari setelah operasional Taranjang, PT. KAI Daop 4 Semarang meluncurkan KA Tawang Jaya Premium (Tajaypremi). Ini adalah versi komersialnya. Adapun KA Tawang Jaya sendiri merupakan kereta ekonomi reguler bersubsidi. Di awal masa dinas, 6 April 2016, KA Tawang Jaya Premium gunakan trainset K3 17.

kereta api tawang jaya versi komersial a.k.a. ka tawang jaya premium (tajaypremi)
KA Tawang Jaya Premium (Tajaypremi) di Stasiun Semarang Tawang. Waktu masih Full Stainless Steel.

Masuk 2018, KA Tawang Jaya Premium mendapat alokasi trainset K3 18. Kereta ekonomi premium berbody stainless steel. Nggak tanggung-tanggung kebagian trainset-1 (TS-1). Sayang keberadaan trainset stainless steel cuma berlangsung kurang dari setahun.

26 Februari 2019, TS-1 dimutasi ke Daop 2 Bandung untuk dijadikan bagian dari KA Argo Parahyangan yang sekarang lagi laris manis. Melengkapi K1 18 yang sekarang udah rutin dibawa oleh titisan sang legenda. Adapun KA Tawang Jaya Premium kembali pakai trainset K3 17 teratai.

Uniknya, trainset K3 17 teratai sebelumnya dibawa dinas KA Argo Parahyangan Premium dan sempat juga dinas di KA Pangandaran. Jadi seperti barter kereta antara Daop 2 Bandung dan Daop 4 Semarang.

Kontributor Foto:

Aditya Yusuf Pratama (@aditya_202201)

View this post on Instagram

KA #tawangjaya adalah kereta api dari Semarang Poncol ke pasar Senen Jakarta dengan susunan rangkaian 14 kereta,1 kereta makan,1 kereta pembangkit jadi totalnya semua 16 kereta,kereta ini terpanjang kedua di pulau Jawa setelah KA #kertajaya, sebelum di rubah jadi rangkaian panjang KA #tawangjaya rangkaiannya seperti kereta biasa 10 kereta dan sebelum nya berangkat dari PSE jam 06:50 WIB dan di ubah jam jadi 23:00 WIB, imbasnya KA Tawang jaya rangkain panjang ini yaitu KA Tegal Arum harus di hapus karena Keretanya di gabungkan dengan KA Tawang jaya dan jadi rangkaian panjang tapi sebagian dari eks KA Kaligung Borobudur,harga tiket KA ini adalah 140k-160k jadwalnya yaitu dari PSE jam 23:00 wib dari SMC jam 13:15,sejak tahun 2018 KA ini punya adik yaitu KA Tawang jaya premium reguler dari PSE jam 06:50 WIB dari SMT jam 20:20 WIB tapi bedanya yaitu KA Tawang jaya rangkain panjang stasiun akhirnya Semarang Poncol (SMC) tapi adiknya stasiun Semarang Tawang (SMT) tapi pakai kelas ekonomi premium konfigurasi 2-2 + tv harganya 180k-230k, operasionalnya yaitu Daop 4 Semarang. Sekian penjelasan tentang KA Tawang jaya terimakasih ************************************************** Note : foto sendiri waktu di SMC mau balik ke Jakarta ************************************************** @railfansdaop4_ @potretfotokai_ @ksi.id_ @pecandukereta @railfans.indonesia @railfans.enthusias2 @indonesianrailroad @railfans__ #sepurindonesiaid #potretfotokai_ #indonesianrailroad #railfansenthusiast #railfansindonesia #pecandukereta #daop4 #stasiunpasarsenen #tawangjaya #tawangjayapremium #daop1jakarta #stasiunsemarangtawang #stasiunsemarangponcol

A post shared by πŸ„°πŸ„³πŸ„ΈπŸ…ƒπŸ…ˆπŸ„° πŸ…ˆπŸ…„πŸ…‚πŸ…„πŸ„΅ πŸ„ΏπŸ…πŸ„°πŸ…ƒπŸ„°πŸ„ΌπŸ„° (@aditya_202201) on

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: