Posted on

Kereta Api Patas Bandung Raya: Murah, Cepat dan Terbatas

Kereta Api Patas Bandung Raya bisa jadi alternatif transportasi Baraya Commuters dari pinggiran ke kota (atau sebaliknya) yang butuh transportasi cepat tapi nggak mahal. 

Kereta Api Lokal Bandung Raya memang masih jadi andalan Baraya Commuters yang biasa aktivitas di Kota Bandung tapi tinggalnya di daerah pinggiran kaya Padalarang atau Cicalengka. Ternyata itu bukan satu-satunya lho alternatif kereta commuter di Bandung Raya karena masih ada Kereta Api Lokal Cibatuan, Kereta Api Lokal Purwakarta (Purwakarta-Cicalengka) dan Kereta Api Patas Bandung Raya.

Kereta Api Patas Bandung Raya: Murah, Cepat, Terbatas

Khusus nama terakhir yang disebut sebenarnya bukan barang baru lho, karena sebelumnya udah pernah ada dan dinas, setia melayani baraya Commuters. Bedanya kalo yang dulu itu dibagi 2 kelas, ada Patas AC dan Patas Non-AC. Untuk kereta Patas AC rangkaiannya pake gerbong ekonomi biasa yang dilengkapi AC Split. Sementara Patas Non-AC masih pake rangkaian KRD MCW 302 (kadang KRDE Ex-Holec) yang belum ber-AC.

Sempat Dihapus.

Menjelang akhir 2014, Kereta Api Patas Bandung Raya sempat dihapus dan PT. KAI Daop 2 Bandung melakukan semacam single operation yakni cuma dinasin rangkaian Kereta Api Lokal Bandung Raya tapi jam operasionalnya ditambah jadi hampir 24 jam. Boleh jadi dihapusnya Kereta Api Patas Bandung Raya waktu itu, baik Patas AC dan Non-AC, karena rangkaian Lokalan biasa semua udah dipasangin AC.

Jadi kalo masih jalanin Patas Non-AC itu kaya rancu gitu, dimana harusnya yang non-AC kelasnya nggak boleh lebih tinggi daripada ber-AC. Selain itu unit yang biasa dinas sebagai non-AC sering mengalami trouble, baik yang KRDE atau diesel hidrolik MCW 302. Apalagi MCW 302 yang sebelumnya dinas sebagai Bumi Geulis pernah rusak dan nggak bisa dinas di jalur Bogor-Sukabumi. Secara track record sendiri nggak bagus.

Sempat menghilang, Kereta Api Patas Bandung Raya akhirnya kembali dinas 5 Mei 2016, cuma kali ini manfaatin rangkaian Kereta Api Kahuripan yang idle di siang hari. Setiap harinya ada Kereta Api Patas Bandung Raya mulai perjalanan dari Stasiun Kiaracondong ke Stasiun Cicalengka, terus dari Stasiun Cicalengka ke Stasiun Padalarang, dan dari Stasiun Padalarang balik lagi ke Stasiun Kiaracondong.

Kereta Api Patas Bandung Raya juga berhenti di stasiun-stasiun berikut: Stasiun Rancaekek, Stasiun Gedebage (hanya untuk disilang), Stasiun Cikudapateuh, Stasiun Bandung dan Stasiun Cimahi. Karena statusnya Kereta Patas (Cepat dan Terbatas) otomatis nggak berhenti di semua stasiun yang dilewatin kecuali di stasiun-stasiun tadi, ditambah Kiaracondong, Cicalengka dan Padalarang.

Sejajar Rapid atau Semi-Express.

Dari namanya “Patas” udah jelas kereta api Patas Bandung Raya nggak berhenti di semua stasiun koridor Padalarang-Cicalengka. Nah kalo diterjemahin bahasa Inggris, Patas (Cepat Terbatas) diterjemahin jadi Limited Express, yakni kereta api yang kelasnya udah di atas express kalo di luar negeri. Tapi Limited Express biasanya berlaku buat rangkaian kereta api jarak jauh (KAJJ).

Adapun Kereta Api Patas Bandung Raya, karena statusnya lokalan, lebih pas disejajarin sama Rapid yang kelasnya di atas commuter biasa (nah Kereta Api Lokal Bandung Raya masuk katagori commuter). Adapun di atas rapid itu express.

Nggak usah jauh-jauh ke luar negeri, apalagi Jepang, di Indonesia sebelum era-Commuter Line, kelas KRL juga dibagi jadi 3: Ekspres, Semi-Ekspres, Ekonomi (itu sebelum PT. KAI Divisi Jabodetabek ngoperasiin KRL Ekonomi AC dan setelah dioperasiin Semi-Ekspres ditiadakan). Nah, Kereta Api Patas Bandung Raya masuknya semi-express.

Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Patas Bandung Raya

Penasaran mau nyobain sensasi “Bandung Urban Rapid” alias Kereta Api Patas Bandung Raya? Ini jadwalnya. Perlu diinget, Kereta Api Patas Bandung Raya itu pake rangkaian Kereta Api Kahuripan yang idle di siang hari (baru dinas malam), jadi jadwal perjalanannya cuma ada pagi dan siang hari, karena malam udah harus dinas ke Blitar sebagai Kereta Api Kahuripan.

A. Jadwal Kereta Api Patas Bandung Raya Weekdays (Senin-Jum’at)

1. KA 322 Kiaracondong-Cicalengka

Stasiun
Datang
Berangkat
Kiaracondong (KAC)
04.40
Gedebage (GDB)
04.48
05.54
Rancaekek (RCK)
05.03
05.11
Cicalengka (CCL)
05.22

2. KA 333 Cicalengka-Padalarang

Stasiun
Datang
Berangkat
Cicalengka (CCL)
06.00
Rancaekek (RCK)
06.11
06.15
Kiaracondong (KAC)
06.39
06.42
Cikudapateuh (CTH)
06.46
06.48
Bandung (BD)
06.54
07.08
Cimahi (CMI)
07.19
07.22
Padalarang (PDL)
07.30

3. KA 334 Padalarang-Kiaracondong

Stasiun
Datang
Berangkat
Padalarang (PDL)
09.00
Cimahi (CMI)
09.08
09.10
Bandung (BD)
09.46
09.48
Kiaracondong (KAC)
09.52

B. Jadwal Kereta Api Patas Bandung Raya Weekend (Sabtu-Minggu)

1. KA 336F Kiaracondong-Cicalengka

Stasiun
Datang
Berangkat
Kiaracondong (KAC)
09.55
Gedebage (GDB)
10.03
10.10
Rancaekek (RCK)
10.19
10.27
Cicalengka (CCL)
10.38

2. KA 337F Cicalengka-Padalarang

Stasiun
Datang
Berangkat
Cicalengka (CCL)
11.35
Rancaekek (RCK)
11.46
11.51
Gedebage (GDB)
12.00
12.08
Kiaracondong (KAC)
12.16
12.20
Cikudapateuh (CTH)
12.24
12.26
Bandung (BD)
12.32
12.40
Cimahi (CMI)
12.51
12.53
Padalarang (PDL)
13.01

3. KA 338F Padalarang-Kiaracondong

Stasiun
Datang
Berangkat
Padalarang (PDL)
13.35
Cimahi (CMI)
13.43
13.45
Bandung (BD)
13.56
14.20
Kiaracondong (KAC)
14.32

Berapa harga tiket kereta api Patas Bandung Raya? InSyaaAlloh nggak mahal kok. Cukup keluarin Rp 8.000,00 dari kantong kamu udah bisa jalan dari Kiaracondong ke Cicalengka, Cicalengka ke Padalarang, dan Padalarang ke Kiaracondong. Masing-masing untuk satu kali trip.

Kalo mau full trip bolak balik hitungannya gini, dari Kiaracondong ke Cicalengka Rp 8.000,00 terus dari Cicalengka ke Padalarang Rp 8.000,00 lagi. Ditotal untuk dua kali trip Rp 16.000,00. Lanjut lagi Padalarang ke Kiaracondong juga Rp 8.000,00. Nah 3 kali trip jadi Rp 24.000,00. Semua dihitung satu tarif, jadi kalo kamu pengen turun di Stasiun Bandung atau Cimahi misalnya, hitungannya tetap Rp 8.000,00. Jauh atau dekat sama.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.