Posted on

Kereta Api Patas Bandung Raya Jadi Kereta Api Cisadane Ekspres?

Kereta-Api-Patas-Bandung-Raya-Jadi-Kereta-Api-Cisadane-Ekspres

Ternyata bukan cuma Kereta Api Bukit Serelo yang dibikin nyasar ke Bandung, Kereta Api Patas Bandung Raya juga dijadiin Kereta Api Cisadane Ekspres. Padahal Kereta Api Cisadane (Kiaracondong-Madiun) maupun KRL Cisadane Ekspres (Manggarai-Tangerang) sama-sama udah pensiun. 

Kereta-Api-Patas-Bandung-Raya-Jadi-Kereta-Api-Cisadane-Ekspres

Entah apa yang ada di benak bocah yang satu ini. Bukan cuma bikin Kereta Api Bukit Serelo seolah-olah jadi kereta amphibi menyeberangi Selat Sunda untuk dinas di Bandung sebagai Kereta Api Lokal Bandung Raya. Kali ini giliran Kereta Api Patas Bandung Raya disebutnya sebagai Kereta Api Cisadane Ekspres.

Seolah menimbulkan pertanyaan besar. Dulu di tahun 1990-an atau eranya Perumka memang pernah ada kereta ekonomi yang namanya Kereta Api Cisadane. Awalnya melayani rute Bandung-Jogja. Nggak begitu jelas kapan kereta api Cisadane mulai dinas, tapi kelihatannya lebih dulu daripada Kereta Api Lodaya (11 Maret 1992).

Dalam perkembangannya, terutama setelah kehadiran si Maung Lodaya dengan layanan kereta bisnis (K2) —waktu itu namanya Kereta Api Senja Mataram/Fajar Pajajaran, Kereta Api Cisadane rutenya diperpanjang ke Madiun karena okupasi ke Jogja minim. Setelah ada kebijakan pemisahan keberangkatan kereta api ekonomi reguler dan kereta api komersial, rutenya berubah lagi jadi Kiaracondong-Madiun hingga pensiun tahun 2003.

Pensiunnya Kereta Api Cisadane, bersama Kereta Api Galuh di rute Jakarta Pasar Senen-Banjar, karena okupasi minim, meminimalisir keterlambatan kedatangan kereta, dan dalam rangka peningkatan safety juga. Selanjutnya PT. Kereta Api (PT.KA) yang baru dibentuk sebagai kelanjutan Perumka ingin mengoptimalkan Kereta Api Kahuripan dan Pasundan untuk rute Jogja-Madiun, serta Kereta Api Kutojaya Selatan dan Serayu untuk Banjar.

Terlahir Kembali sebagai KRL Cisadane Ekspres dibawah Divisi Jabotabek.

2 tahun istirahat, Kereta Api Cisadane terlahir kembali di tahun 2005. Cuma kali ini bukan lagi KAJJ dan nggak lagi dinas di Daop 2 Bandung, tapi pulang kampung ke Daop 1 Jakarta untuk dinas sebagai KRL Cisadane Ekspres rute Manggarai-Tangerang dibawah Divisi Jabotabek.

Kereta Api Cisadane (KRL Cisadane Ekspres) yang semula cuma kereta ekonomi reguler bersubdisi naik kelas jadi setara kereta eksekutif (K1), meski kini cuma sebatas lokal Daop 1 Jakarta, lebih tepatnya KRL Ekspres dibawah Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek yang khusus menangani perjalanan KRL Ekonomi, KRL Ekonomi AC dan KRL Ekspres. KRL Cisadane Ekspres masuk dalam katagori KRL Ekspres yang cuma berhenti di stasiun tertentu.

Operasional Kereta Api Cisadane sebagai KRL Cisadane Ekspres lumayan lama, ada sekitar 6 tahun sebelum diberlakukan penyederhanaan rute di tahun 2011 menyusul single operation tahun 2013. Di 2011, PT. Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) melakukan penyederhanaan rute dan menghapus perjalanan KRL Ekspres, untuk selanjutnya cuma operasikan KRL Commuter Line dan KRL Ekonomi Non-AC.

KRL Cisadane Ekspres termasuk yang terkena imbas. Disatuin ke dalam KRL Commuter Line yang rutenya dipotong jadi cuma Duri-Tangerang. Kereta Api Cisadane pun harus pensiun lagi, kali ini pensiun selamanya.

Kereta Api Cisadane yang Dipaksa Lahir Kembali

Akhir-akhir ini ada aja upaya memaksa Kereta Api Cisadane untuk dilahirkan kembali. Pemberian nama Kereta Api Cisadane Ekspres ke Kereta Api Patas Bandung Raya itu contohnya. Padahal kalo diliat dari namanya sendiri Cisadane berasal dari nama Sungai yang membentang dari Bogor di Jawa Barat ke Tangerang di Banten. Jadi lebih tepat untuk Daop 1 Jakarta, KRL Cisadane Ekspres itu contohnya.

Kereta Api Patas Bandung Raya Jadi Kereta Api Cisadane EkspresTapi kenapa ada Kereta Api Cisadane di zaman Perumka yang melayani rute Bandung-Jogja dan akhirnya Kiaracondong-Madiun? Boleh jadi karena Tangerang masih bagian dari Jawa Barat. Bisa juga karena mengacu ke zaman PJKA dimana Daop 1 dan Daop 2 sejatinya masih satu payung yakni PJKA Wilayah Eksploitasi Barat. Karena sama-sama eksploitasi barat masih wajar ada Kereta Api Cisadane dari Bandung ke Madiun.

Nah si bocah yang mengaku-ngaku railfans ini coba mengembalikan Kereta Api Cisadane dengan menyebut Kereta Api Patas Bandung Raya sebagai Cisadane Ekspres. Iya, Cisadane Ekspres sebagai kereta khayalannya di Trainz Simulator sih oke-oke aja. Tapi sebagaimana postingan sebelumnya tentang Kereta Api Bukit Serelo, nggak pantas kereta di Trainz Simulator dibawa-bawa ke dunia nyata.

Asal sebut nama Kereta Api Patas Bandung Raya sebagai Cisadane Ekspres bisa menyesatkan orang lho, sama aja kaya Kereta Api Bukit Serelo yang disasarin ke Bandung.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.