Kereta Api Pasundan, Perjalanan Pagi ke Timur

Berangkat dari Kiaracondong jam 05.35, Kereta Api Pasundan jadi alternatif perjalanan pagi dari Bandung ke arah timur Pulau Jawa. Harga tiket Rp 94.000,00 berlaku semua rute.

Kereta Api Pasundan merupakan salah satu kereta api ekonomi legendaris yang punya sejarah panjang. Pertama kali dinas sebagai Kereta Api Ekspres Siang Djaja, dimana ada satu keunikan yakni rangkaian ini punya dua rute: Jakarta-Surabaya dan Bandung-Surabaya.

kereta-api-pasundan-perjalanan-pagi-ke-timurBerangkat dari Surabaya begitu nyampe di Stasiun Kroya rangkaiannya dipecah jadi 2, satu rangkaian ke Jakarta sementara lainnya ke Bandung. Ritual ini mirip sama Kereta Api Logawa waktu masih ada Feeder yang ke Stasiun Cilacap. Masuk tahun  1970-an, rute Jakartanya di hapus dan fokus melayani Bandung-Surabaya.

Tahun 1985 namanya berubah jadi Kereta Api Badrasurya, melayani kelas bisnis (K2) dan ekonomi (K3). Di zaman Perumka kereta api ini pernah merajai jalur selatan karena hampir selalu on time malah lebih cepat dari jadwal kedatangannya.

Nggak jarang Kereta Api Badrasurya bawa rangkaian eksekutif (K1) charteran di rute Bandung-Jogja, sebelum Kereta Api Pajajaran (cikal bakalnya Kereta Api Lodaya) dan Kereta Api Argo Wilis beroperasi. Tahun 1997, Kereta Api Badrasurya menyudahi masa dinasnya dan digantikan Kereta Api Pasundan sampai sekarang.

Alternatif Murah Perjalanan Pagi ke Timur

Kereta Api Pasundan berangkat dari Stasiun Kiaracondong jam 5.35 WIB (Gapeka 2017) nyampe di Stasiun Surabaya Gubeng jam 21.42 WIB. Lama perjalanan sekitar 16 jam 7 menit, kelihatannya memang lama bingits tapi wajar karena ini kereta api ekonomi reguler yang banyak berhenti dan ngalah sama kereta yang kelasnya lebih tinggi.

Di Priangan Timur aja, Kereta Api Pasundan berhenti di Stasiun Leles, Stasiun Cibatu, Stasiun Cipeundeuy, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Ciamis dan Stasiun Banjar. Lama berhentinya bervariasi, mulai 7 menit di Stasiun Cibatu sampe yang terlama 14 menit di Stasiun Banjar.

Koridor Priangan Timur semuanya masih single track, malah mulai dari Kiaracondong. Persinyalannya juga sebagian masih ada yang mekanik, meski ada juga yang udah electric kaya di Kiaracondong, Tasikmalaya sama Banjar.

Walaupun lama, perjalanan kamu nggak akan kerasa karena begitu ninggalin Bandung langusng disambut pemandangan alam khas Priangan Timur yang didominasi lansekap pegunungan dan jurang-jurang lumayan dalam. Harga tiketnya paling murah untuk jurusan Surabaya, yakni Rp 94.000,00 (exclude convenience fee a.k.a admin).

Tarif ini dipatok sama atau flat ke semua jurusan. Kalopun niatnya kamu pengen turun di Stasiun Cibatu, tarifnya tetap sama kaya ke Surabaya. Begitu juga ke Banjar, Jogja Lempuyangan, Purwosari atau Madiun.

Berangkat Siang dari Surabaya

Sementara itu untuk perjalanan Kereta Api Pasundan dari Surabaya (no. KA 179) jam 08.10 WIB atau udah masuk waktu dhuha, nggak sepagi KA 180 yang jalan jam 05.35. Nyampe di Kiaracondong jam 23.25 WIB. Udah malam sih, tapi belum tengah malam. Cuma angkot di Bandung udah agak jarang aja.

Bedanya perjalanan dari Surabaya lebih didominasi hamparan persawahan karena jalur yang dilewati rata-rata jalur datar. Beda sama dari arah Malang atau Kediri yang hampir mirip sama Priangan Timur, didominasi pegunungan.

Ke Jogja / Solo naik Kereta Api Pasundan.

Kereta Api Pasundan yang dulunya punya nama Badrasurya juga bisa jadi alternatif perjalanan pagi dari Bandung ke Jogja atau Solo. Kereta api ekonomi reguler ke sana memang lebih banyak malam hari, kaya Kereta Api Kahuripan atau Kereta Api Kutojaya Selatan (bisa cuma transit di Kutoarjo).

Nah, Kereta Api Pasundan nawarin perjalanan  di pagi hari. Mulai berangkat dari Stasiun Kiaracodong jam 05.35 WIB nyampe di Stasiun Lempuyangan jam 14.25 WIB dan Stasiun Purwosari jam 15.24 WIB. Selain dua stasiun itu, Kereta Api Pasundan juga berhenti di Stasiun Wates jam 13.53 WIB dan Stasiun Klaten jam 14.59 WIB.

Sementara untuk perjalanan pulangnya, Kereta Api Pasundan berangkat dari Stasiun Purwosari jam 12.59 WIB, Stasiun Klaten 13.28 WIB, Stasiun Lempuyangan 13.55 WIB dan Stasiun Wates 14.41 WIB. Harga tiket kereta api Pasundan untuk rute Bandung-Jogja/Solo sama Rp 94.000,00.

Kereta Api Pasundan bisa kamu pilih buat traveling ke Jogja / Solo terutama kalo kamu agak males jalan malam. Cuma perlu diingat, untuk KA 179 yang balik ke Bandung itu nyampe di Kiaracondong jam 23.25 WIB. Jam segitu angkot rada jarang jadi disaranin supaya kamu sewa taksi aja.

2 thoughts on “Kereta Api Pasundan, Perjalanan Pagi ke Timur

  1. Pingback: Stasiun Lempuyangan dan Daurah Nasional Asy Syariah

  2. Pingback: Kereta Api Kahuripan, Murah dan Paling Diburu

Leave a Reply

%d bloggers like this: