Kereta Api Pangrango Eksekutif 50 Ribu, Mau?

Bukan travel fair lho, ini reguler, tiket kereta api Pangrango eksekutif dibandrol cuma Rp 50.000,00. Paling murah diantara kereta api eksekutif lainnya. Mau?

Banyak yang nganggap kelas eksekutif itu paling elite, padahal nggak juga, karena masih ada kelas lebih tinggi di atasnya yaitu kereta wisata. sekarang udah beroperasi di rute Gambir-Jogja PP (Kereta Api Taksaka), Gambir-Solo (Kereta Api Argo Lawu), Gambir-Surabaya PP (kereta Api Sembrani) dan Solo-Gambir (Kereta Api Argo Dwipangga).

Untuk kereta reguler sendiri, selama ini yang paling murah ada di rute Bandung-Jakarta, Kereta Api Argo Parahyangan. Tiketnya mulai Rp 100.000,00 – Rp 125.000,00. Kalo lagi ada travel fair malah bisa lebih murah lagi, kaya KAI Travel Fair kemarin tiketnya dihargai Rp 30.000,00.

Ngomong-ngomong, sebenarnya ada lho tiket kereta api eksekutif yang lebih murah dari Gopar. Cuma sayangnya bukan di Daop 2 Bandung atau rute Bandung, karena di Daop 2 paling murah ya Kereta Api Argo Parahyangan eksekutif.

Daop 1 Jakarta, Kereta Api Pangrango

Tiket kereta api eksekutif yang lebih murah dari Kereta Api Argo Parahyangan itu ada di Daop 1 Jakarta, tepatnya di rute Bogor-Sukabumi, di kereta api Pangrango yang sekarang jadi andalan di jalur itu. Kereta Api Pangrango mulai dinas tahun 2013 di lintasan yang sebelumnya dilewatin KRD Bumi Geulis.

Nama Pangrango diambil dari Gunung Pangrango yang terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Gunung ini termasuk jadi favorit para pendaki, terutama dari ibukota, diisitu ada Lembah Mandalawangi yang disebut Soe Hok Gie di salah satu puisinya.

Tiket Kereta Api Pangrango Eksekutif rute Bogor-Sukabumi sendiri dibandrol Rp 50.000,00. Memang jauh lebih murah daripada Argo Parahyangan. Secara Kereta Api Pangrango sejatinya lebih mendekati Lokalan daripada KAJJ. Meski demikian keberadaannya sangat membantu orang Bogor dan Jakarta yang mau ke Sukabumi.

Seperti kita tau, jalan raya Bogor-Sukabumi tiap hari selalu macet. Selama nggak ada kereta api pasca KRD Bumi Geulis berhenti beroperasi karena rusak, jalan nasional ini jadi satu-satunya akses.

Kalopun ada jalur alternatif, misalnya lewat Batu Tulis, ketemunya disitu-situ juga. Jadi sama aja bakalan kena macet. Semua kendaraan tumpah di situ, mulai motor sampe truk gede, karena disitu memang banyak pabrik. Termasuk pabrik Aqua.

Tanggal 9 November 2013 jadi sejarah baru buat para penglaju dari Bogor ke Sukabumi dan sebaliknya. Untuk pertama kali sejak Desember 2012 atau kurang lebih setahun setelah KRD Bumi Gelis berhenti beroperasi, kereta api kembali melintas di jalur Bogor-Sukabumi.

Cuma yang bedain Kereta Api Pangrango sama KRD Bumi Geulis dari rangkaian yang dipake sama kelasnya. KRD Bumi Geulis itu kelas bisnis (KD2) dan belum pernah dipasang AC sampe dimutasi ke Daop 2 —baru dipasang AC pas udah jadi Rail Clinic 2 di Sumatera.

Rangkaiannya KRD atau Diesel Multiple Unit (DMU) buatan Nippon Sharyo Jepang tahun 1980 atau biasa dikenal MCW 302. Sebelum jadi Bumi Geulis pernah dinas sebagai KRD Prameks di jalur Jogja-Solo.

Adapun Kereta Api Pangrango itu rangkaian kereta api biasa yang ditarik lokomotif. Terdiri dari 2 kelas: eksekutif dan ekonomi AC 106 penumpang. Awalnya Kereta Api Pangrango ditarik lokomotif CC 201 tapi belakangan lebih sering pake CC 206 punya dipo lokomotif Jatinegara (JNG).

Disini kelihatan banget bedanya. Jalur dari Bogor ke Sukabumi sendiri udah mulai rada nanjak, jadi memang lebih cocok pake kereta biasa daripada KRD. Sedikit info, jalur ini juga bagian dari jalur kereta api Bandung-Jakarta yang pertama, sebelum ada jalur Cikampek.

Booking Online Tiket Kereta Api Eksekutif Rp 50.000,00 (Pangrango)

Kereta Api Pangrango jadi satu-satunya rangkaian kereta api di Daop 1 Jakarta yang tiketnya bisa dibooking online. Daop 1 Jakarta memang lebih banyak dinasan Lokal sama KRL Commuter Line. Kereta Api Pangrango sejatinya memang lebih mendekati lokal daripada KAJJ.

Tiket kereta api Pangrango Eksekutif Rp 50.000,00, bisa dibooking online via channel external PT. Kereta Api Indonesia. Salah satunya disini. Disini juga berlaku sistem check-in dan Boarding Pass kaya KAJJ. Jadi begitu di stasiun kamu mesti cetak boarding pass sama nyiapin identitas buat check-in.

Dalam sehari ada 6 kali perjalanan Kereta Api Pangrango, rinciannya 3 kali dari Bogor dan 3 kali dari Sukabumi. Cuma untuk naik kereta api Pangrango bukan dari Stasiun Bogor, tapi dari Halte Bogor Paledang yang posisinya sekitar 1,2 km sebelah selatan Stasiun Bogor.

Caranya begitu keluar dari Stasiun Bogor, kamu jalan kaki ngelewatin pinggir rel samping Mall Taman Topi Square Bogor. Kira-kira 1,2 km kamu bakal ketemu kaya stasiun kecil, atau lebih tepat disebut halte, nah itulah Halte Paledang yang jadi titik keberangkatan awal Kereta Api Pangrango.

Jadi sekali lagi dari Halte Paledang ya, meski di tiket kamu tertulis Stasiun Bogor (BOO). Stasiun Bogor sendiri khusus buat penumpang KRL Commuter Line. Awalnya sih Kereta Api Pangrango juga mau diberangkatin dari sini, sama kaya Bumi Geulis dulu, tapi watir makin padat, keberangkatannya digeser ke Halte Paledang.

Adapun jadwal perjalanan Kereta Api Pangrango, berikut rinciannya:

A. Keberangkatan Bogor / Halte Paledang (BOO)

Kereta Api Pangrango 390
Berangkat Halte Paledang (BOO) 07.50 WIB // Tiba Stasiun Sukabumi (SI) 09.44 WIB

Kereta Api Pangrango 392
Berangkat Halte Paledang (BOO) 13.10 WIB // Tiba Stasiun Sukabumi (SI) 15.13 WIB

Kereta Api Pangrango 394
Berangkat Halte Paledang (BOO) 18.30 WIB // Tiba Stasiun Sukabumi (SI) 20.36 WIB

B. Keberangkatan Stasiun Sukabumi (SI)

Kereta Api Pangrango 389
Berangkat Stasiun Sukabumi (SI) 05.15 WIB // Tiba Halte Paledang (BOO) 07.18 WIB

Kereta Api Pangrango 391
Berangkat Stasiun Sukabumi (SI) 10.25 WIB // Tiba Halte Paledang (BOO) 12.28 WIB

Kereta Api Pangrango 393
Berangkat Stasiun Sukabumi (SI) 15.45 WIB // Tiba Halte Paledang (BOO) 17.48 WIB

Tiket Kereta Api Pangrango Eksekutif bisa dibooking online via channel external KAI mulai H-90 (BOOK NOW). Jadi sama kaya KAJJ. Disini juga berlaku sistem check in dan boarding pass. Pastiin nama kamu sesuai sama identitas.

Beli go show atau langsung di Halte Paledang sebelum berangkat juga bisa. Tapi kayanya kurang rekomen dah kalo go show karena tiket kereta api Pangrango memang nyaris selalu habis terjual. Jangan heran waktu awal diprotes sama supir odong-odong Bogor-Sukabumi.

Wajarlah, karena inilah alternatif Bogor-Sukabumi yang bebas dari macet. Cuma 2 jam aja kamu udah nyampe di tujuan. Orang juga pastinya bakal lebih memilih angkutan yang lebih nyaman.

2 thoughts on “Kereta Api Pangrango Eksekutif 50 Ribu, Mau?

  1. Pingback: Booking Tiket Kereta Api Pangrango Eksekutif H-30

  2. Pingback: Booking Tiket Kereta Api Pangrango Weekend

Leave a Reply

%d bloggers like this: