Kereta Api Pandanwangi, Lokalan Daop 9 Jember

Selain pernah ada di jalur Joglosemar, Kereta Api Pandanwangi ternyata lokalan Daop 9 Jember rute Stasiun Jember-Stasiun Banyuwangi Baru. Bedanya yang satu pensiun, satunya lagi masih dinas sampai sekarang.

Belum ada info kapan Kereta Api Pandanwangi-nya Daop 9 Jember mulai dinas. Cuma berdasarkan penelusuran di Wikipedia, lokalan ini nyempet pake livery khas Perumka warna biru-merah pas waktu ditarik loko Diesel Hydraulic BB 305 01 buatan Nippon Sharyo Jepang.

kereta-api-pandanwangi-lokalan-daop-9-jember

Itu berarti kereta-nya udah ada dari tahun 1990-an dong? Bisa jadi, secara livery Perumka baru mulai ada di tahun 1990-an dan loko BB 305 01 Nippon Sharyo kebetulan juga terakhir dinas di 1990-an. Kalo gitu berarti lebih tua dong daripada KRD Pandanwangi di jalur Joglosemar yang pernah jadi Kereta Api Jogja Semarang?

Nah, KRD Pandanwangi sendiri baru dinas tanggal 16 Mei 2002 sebagai pengganti Kereta Api Pandanaran yang pensiun tahun 1997. KRD Pandanwangi melayani rute Semarang-Jogja via Solo, tapi sayang karena okupasi minim dipotong cuma Semarang-Solo. Ujung-ujungnya dihapus juga karena rangkaian udah uzur ditambah okupasi minim.

Bertahan di Lokalan Daop 9 Jember

Harus pensiun dini di jalur Joglosemar, Kereta Api Pandanwangi tetap bertahan di Lokalan Daop 9 Jember, melayani rute Stasiun Jember-Stasiun Banyuwangi Baru dan sebalikya. Walaupun mungkin dari segi umur lebih tua daripada yang di Joglosemar, ternayata yang tua bisa bertahan sampai sekarang.

Seperti yang udah diinfo sebelumnya, Kereta Api Pandanwangi pernah ditarik loko Diesel Hydraulic BB 305 01 buatan Nippon Sharyo Jepang 1976 di era Perumka. Alhamdulillah, sekarang rangkaian Kereta Api Pandanwangi udah lebih baru dan loko penariknya CC 201 punya dipo lokomotif Jember (JR).

Jelas beda sama BB 305 01, lokomotif legendaris CC 201 tipenya Diesel Electric buatan General Motors Amerika Serikat. Termasuk yang udah lama juga sih wara-wiri di Indonesia. Pernah narik kereta api ekspres sekelas Bima, Mutiara Selatan, sampai Parahyangan. Terutama sebelum kedatangan CC 203 dan CC 206.

Sekarang setelah ada CC 206, sang legenda CC 201 lebih banyak narik kereta api ekonomi dan lokalan. Kadang gantian sama saudara mudanya CC 203.

Jadwal Kereta Api Pandanwangi.

Kereta Api Pandanwangi punya 4 (empat) jadwal perjalanan, masing-masing 2 dari Stasiun Jember (451, 453) dan 2 dari Stasiun Banyuwangi Baru (452,454). Ini dia jadwal selengkapnya:

[1]. KA 451 Jember -Banyuwangi Baru

STASIUN DATANG BERANGKAT
Jember
05.15
Arjasa
05.24
05.26
Kalisat
05.39
05.41
Kalibaru
06.25
06.29
Glenmore
06.38
06.40
Sumberwadung
06.47
06.49
Kalisetail
06.55
06.57
Temuguruh
07.07
07.15
Rogojampi
07.28
07.30
Karangasem
07.43
07.45
Banyuwangi Baru
08.00

 

[2]. KA 452 Banyuwangi Baru – Jember

STASIUN DATANG BERANGKAT
Banyuwangi Baru
10.00
Argopuro
10.08
10.10
Karangasem
10.17
10.19
Rogojampi
10.31
10.33
Singojuruh
10.40
10.42
Temuguruh
10.49
10.55
Kalisetail
11.05
11.07
Sumberwadung
11.14
11.16
Glenmore
11.24
11.26
Kalibaru
11.35
11.37
Ledokombo
12.15
12.17
Kalisat
12.27
12.29
Arjasa
12.44
12.46
Jember
12.55

 

[3]. KA 453 Jember – Banyuwangi Baru

STASIUN DATANG BERANGKAT
Jember
15.30
Arjasa
15.39
15.41
Kalisat
15.54
16.06
Ledokombo
16.16
16.18
Kalibaru
16.55
16.57
Glenmore
17.06
17.08
Sumberwadung
17.15
17.17
Kalisetail
17.24
17.26
Temuguruh
17.36
17.38
Singojuruh
17.45
17.47
Rogojampi
17.55
17.57
Karangasem
18.10
18.12
Argopuro
18.20
18.22
Banyuwangi Baru
18.30

 

[4]. KA 454 Banyuwangi Baru – Jember

STASIUN DATANG BERANGKAT
Banyuwangi Baru
20.30
Argopuro
20.38
20.45
Karangasem
20.53
20.55
Rogojampi
21.07
21.09
Temuguruh
21.21
21.23
Kalisetail
21.33
21.35
Sumberwadung
21.41
21.43
Glenmore
21.50
21.52
Kalibaru
22.01
22.11
Kalisat
22.57
22.59
Jember
23.20

Catatan:

  1. Harga tiket kereta api Pandanwangi Rp 8.000,00 (flat bersubsidi). Mau dekat atau jauh sama aja.
  2. Kereta Api Pandanwangi termasuk lokalan. Berhenti di hampir semua stasiun yang dilewati.
  3. Kereta Api Pandanwangi cuma punya satu rangkaian, kalo dilihat dari jadwal perjalanannya. Kalopun ada lagi kemungkinan dijadiin rangkaian cadangan kalo ada trouble di rangkaian utama.
  4. Kereta Api Pandanwangi terdiri dari 6 gerbong ekonomi (K3) kapasitas 106 penumpang + 1 gerbong kereta penumpang dan pembangkit kelas 3 (KP3). Semua gerbong punya Dipo Banyuwangi (BW). 7 rangkaian gerbong itu ditarik lokomotif CC 201 dari Dipo Lokomotif Jember (JR).
  5. Buat wargi Bandung nih, kalo mau nyobain Kereta Api Pandanwangi dari Jember ke Banyuwangi atau sebaliknya, harus transit 2 kali. Dari Bandung naik kereta api Jurusan Surabaya/Malang, nyambung ke Jember dulu baru bisa naik Kereta Api Pandanwangi.
  6. Misalnya kamu pengen langsung bablas aja ke Banyuwangi nggak pake mampir-mampir lagi, silakan booking tiket Kereta Api Mutiara Timur atau Kereta Api Probowangi dari Surabaya Gubeng, bisa juga Kereta Api Tawang Alun dari Malang tapi tujuan akhirnya pilih Banyuwangi Baru. Jangan Jember.

 


DAFTAR PUSTAKA


 

Leave a Reply

%d bloggers like this: