Posted on

Kereta Api Lokal Bandung Raya: Anggaplah Kereta Api Lodaya Ekonomi

Kereta Api Lokal Bandung Raya kalo disingkat namanya jadi Kereta Api Lodaya (Lokal Bandung Raya), beda jauh sih sama yang Solo-Bandung Raya, anggaplah ini kereta ekonomi-nya dengan tarif murah sangat Rp 5.000,00

Buat yang nggak terlalu familiar sih agak kedengeran aneh kalo Kereta Api Lokal Bandung Raya disingkat namanya jadi Kereta Api Lodaya. Mungkin bisi tertukar sama Kereta Api Lodaya asli yang rutenya Solo Balapan-Bandung. Tapi jelas meskipun dari nama boleh jadi bisa sama, dari segi layanan keduanya berbeda jauh. Mau dibilang ibarat bumi dan langit iya.

Kereta Api Lodaya yang selama ini kita kenal sehari-harinya melayani rute Solo Balapan-Bandung PP. Namanya selain diambil dari Macan Lodaya jelmaan Prabu Siliwangi juga singkatan dari Solo-Bandung Raya. Nama Lodaya baru dikenal setelah perpanjangan rute sampe Stasiun Solo Balapan di awal Millenium. Sebelumnya kereta ini bernama Senja Mataram dan Fajar Pajajaran, Bandung-Jogjakarta PP.

Dulu Kereta Api Lodaya milik Dipo Kereta Api Bandung dan dioperasikan Daop 2 Bandung, tapi sejak bulan September lalu operasionalnya berubah jadi Daop 6 Yogyakarta. Bedanya bisa dilihat dari plang nama kereta, dimana untuk KAJJ Daop 2 Bandung tanpa embel-embel “KA” adapun yang luar Daop 2 Bandung ditambah “KA”. Saat ini di plang Kereta Api Lodaya tertulis “KA Lodaya” berarti fix sudah punya Daop 6 meski lokomotif masih Dipo Bandung.

Kereta Api Lodaya punya dua layanan: kereta bisnis (K2) dan kereta eksekutif (K1). Tarifnya dipatok mulai Rp 145.000,00 s..d 320.000,00. Namun tarif itu bisa berubah tergantung permintaan pasar kareta Kereta Api Lodaya masuk kereta api komersial tanpa subsidi.

Kereta Api Lodaya sebagai Kereta Api Lokal Bandung Raya

Adapun Kereta Api Lodaya lainnya, Kereta Api Lokal Bandung Raya, merupakan kereta api komuter lokal yang khusus melayani koridor Bandung Raya melintas di semua wilayah: Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Start dari Stasiun Padalarang (PDL) di Kabupaten Bandung Barat dan berakhir di Stasiun Cicalengka (CCL) di Kabupaten Bandung.

Dari segi layanan jelas beda jauh sama Kereta Api Lodaya jurusan Solo Balapan. Kereta Api Lodaya (Lokal Bandung Raya) hanya punya layanan kereta ekonomi (K3) dengan tarif Rp 5.000,00 untuk semua jurusan. Murah, jauh banget sama Kereta Api Lodaya jarak jauh. Nggak heran sih karena tarif segitu dapat subsidi dari Pemerintah. Nggak hanya itu Kereta Api Lodaya yang ini masih boleh penumpang berdiri karena batas maksimum 150% dari kapasitas.

Jangan heran Kereta Api Lodaya selalu dipenuhi penumpang di jam-jam sibuk (rush hour), pagi dari arah Padalarang atau Cicalengka ke Stasiun Bandung (BD), dan sore dari Stasiun Bandung (BD) ke Padalarang/Cicalengka. Apalagi sekarang mulai berlaku aturan ganjil genap di sepanjang Jalan Ahmad Yani sampe Perempatan Otista, Kereta Api Lodaya bakal sangat diandalin.

Advertisements

One thought on “Kereta Api Lokal Bandung Raya: Anggaplah Kereta Api Lodaya Ekonomi

  1. kereta paling penuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.