Advertisements

Kereta Api Lodaya Stainless Steel Pake Trainset 2019!

Berdasarkan pantauan di Stasiun Cimekar (CMK) Minggu 3 Februari 2019 kemarin, Kereta Api Lodaya Stainless Steel udah pake trainset buatan tahun 2019. Sama berbody stainless steel tapi udah sangat baru.

Udah ganti rangkaian itu satu hal meski konsekuensinya nggak ada lagi layanan kereta bisnis (K2) di Kereta Api Lodaya. Padahal seperti kita tau, awal mula Kereta Api Lodaya dinas itu layanannya full kereta bisnis (K2).

Seolah bernasib sama dengan saudara tuanya yang sudah “menendang” sang Macan hingga ke Daop 6 Yogyakarta yang juga nggak punya lagi kereta bisnis (K2). Saudara tua yang dimaksud ialah Kereta Api Argo Parahyangan sebagai lanjutan dari Kereta Api Parahyangan yang digabung sama Kereta Api Argo Gede. Dulu di 31 Juli 1971 memulai debut dengan layanan full kereta bisnis (K2).

Ya akibat dari jalan tol Cikampek yang macet Kereta Api Argo Parahyangan laku keras. Hampir setiap hari tiketnya selalu terjual habis. Kereta regulernya nggak bisa lagi menampung minat sampe harus pinjam kereta lain bahkan dibantu oleh Daop 1 Jakarta yang mengoperasikan 6 trip Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan.

Dominasi Gopar akhirnya menggeser Kereta Api Lodaya di akhir 2017. Awalnya cuma pindah Dipo dari Bandung ke Solo Balapan (SLO) namun belakangan justru mutasi ke Daop 6 Yogyakarta, dan kita nggak bisa menyangkal bahwa Kereta Api Lodaya jadi korban Gopar. Pindahnya Kereta Api Lodaya sekaligus untuk membantu Daop 6 Yogyakarta, mengingat Daop 2 udah menang banyak dari Gopar.

Mulai ex-Gajayana, ex-Argo Lawu hingga Kereta Api Lodaya Stainless Steel

Pindah ke Dipo Solo Balapan (SLO) Kereta Api Lodaya kebagian trainset eksekutif K1 09 ex-Gajayana yang disebut-sebut terbaik kedua setelah Argo Bromo Anggrek. Namun keberadaan K1 09 nggak berlangsung lama karena Kereta Api Lodaya kembali menggunakan trainset lawas K1 64 seperti waktu masih menghuni Dipo Bandung dan dibawah Daop 2 Bandung.

Kebetulan K1 64-nya sendiri masih mutasi dari Bandung (BD) dan selama ini digunakan sebagai rangkaian cadangan. Trainset tersebut sejatinya merupakan modifikasi dari kereta ekonomi K3 64 buatan Nippon Sharyo Jepang.

Selain K1 64, Kereta Api Lodaya juga pernah memakai K1 08 yang sebelumnya dinas Kereta Api Argo Lawu sampai sebelum ganti rangkaian. Ditambah lagi K1 67 yang juga modifikasi dari ex-Kereta Sleeper Bima buatan Gorlitz Jerman. Karena trainset tersebut dianggap kurang lagi layak alias udah uzur, Kereta Api Lodaya pun dapat alokasi trainset stainless steel di bulan Oktober 2018.

Keberadaan Kereta Api Lodaya Stainless Steel tentu saja otomatis meniadakan layanan kereta bisnis (K2) yang telah ada sejak 1992. Meski waktu itu baru satu trainset yang ganti adapun trainset lainnya masih pake rangkaian lama yang berbody mild steel dan masih ada layanan kereta bisnis (K2). Sampe akhirnya di 12 November 2018 berubah semua jadi Kereta Api Lodaya Stainless Steel.

Kereta Api Lodaya Stainless Steel 2019

Di bulan Februari 2019 ada sesuatu yang baru lagi dibawa Sang Macan, apalagi kalo bukan trainset terbaru Stainless Steel 2019. Dilihat dari bodynya sih nggak jauh beda sama trainset 2018 yang sebelumnya dipake, cuma dari tahun pembuatannya trainset 2019 jelas lebih baru. Maka jadilah Kereta Api Lodaya Stainless Steel 2019.

Ini juga beda sama kebiasaan Kereta Api Lodaya yang selalu telat kebagian trainset atau lokomotif baru. Waktu si Puongs atau CC206 mulai datang tahun 2013 aja Kereta Api Lodaya masih ditarik si Baungs atau Sprinter CC 203, kadang CC 201 dan baru di akhir 2013 aja mulai setia ditemani sama Puongs, kecuali kalo pas lagi kehabisan Puongs baru ditarik loko lainnya seperti CC 203.

Untuk trainset atau kereta, Kereta Api Lodaya termasuk telat berganti jadi selendang pecut. Di 2014 udah banyak kereta yang ganti eksterior pake pecut sementara Kereta Api Lodaya masih pake livery lama khas rangkaian satwa. Baru di tahun 2016 semua udah berganti pake selendang pecut.

Baru setelah mutasi ke Daop 6 Yogyakarta, Kereta Api Lodaya malah terbilang cepat kebagian alokasi trainset baru buatan tahun 2019.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: