Posted on

Kereta Api Lodaya, Kereta Api Bandung Garut

InSyaaAlloh masih ada kereta api Bandung Garut yang bisa bikin kamu nyaman sepanjang perjalanan dan cepat nyampe di tujuan, yakni Kereta Api Lodaya. Dengan tarif mulai Rp 70.000,00 kamu bisa jelajahi panorama Swiss Van Java. 

KERETA API LODAYA KERETA API BANDUNG GARUTKereta Api di Kabupaten Garut sejatinya punya sejarah panjang. Awal pembangunan jalur kereta api disini lanjutan dari Bandung (Cicalengka) ke Kroya. Dulu Stasiun Cibatu jadi titik sentral. Di sini ada percabangan ke Kota Garut hingga Cikajang. Tapi sayang percabangan itu kini non aktif karena sarana dan prasarana yang udah tua ditambah okupasi yang minim karena kalah saing sama angkutan jalan raya.

Meski nggak ada lagi kereta api yang langsung ke Kota Garut, bukan berarti kamu nggak bisa lagi naik kereta api ke Garut. Kebetulan semua kereta api dari Bandung ke Surabaya semuanya lewat Garut, kecuali kereta api Harina. Kamu bisa pilih kereta api bisnis, kereta api ekonomi, atau kereta api eksekutif.

Kereta Api Lodaya dan Stasiun Cipeundeuy (CPD)

Salah satu yang bisa dijadiin alternatif Kereta Api Bandung Garut ialah Kereta Api Lodaya. Sejatinya Kereta Api Lodaya melayani rute Stasiun Bandung (BD) ke Stasiun Solo Balapan (SLO), begitupun sebaliknya. Tapi tenang aja, Sang Macan —julukan Kereta Api Lodaya karena namanya diambil dari macan jelmaan Prabu Siliwangi— juga singgah di Kabupaten Garut, tepatnya Stasiun Cipeundeuy (CPD).

Stasiun Cipeundeuy (CPD) memang nggak segede Stasiun Cibatu (CB), yang asalnya jadi gerbang masuk Garut. Cuma karena adanya kewajiban semua kereta api berhenti di Stasiun Cipeundeuy (CPD) untuk pengecekan rem, jadilah pintu masuknya pindah ke sini. Apalagi Stasiun Cibatu (CB) cuma melayani 2 kereta api ekonomi jarak jauh dan 2 kereta api ekonomi lokal. Pilihannya lebih terbatas kalo mau turun di sini.

Adapun di Stasiun Cipeundeuy (CPD) ada banyak pilihan karena semua KAJJ berhenti di sini, termasuk Kereta Api Lodaya.

Harga Tiket Mulai Rp 70.000,00.

Berapa harga tiket kereta api Bandung Garut naik Kereta Api Lodaya? Sebenarnya sih, Kereta Api Lodaya berlakuin single fare atau tarif seragam jauh atau dekat. Tiket kereta api Lodaya Eksekutif dipatok mulai Rp 230.000,00 s.d. Rp 320.000,00. Tiket Kereta Api Bisnis mulai Rp 145.000,00 s.d. Rp 220.000,00. Mahal banget ya? Iya, tapi itu kalo kamu booking online mulai H-90.

Ada tarif khusus Kereta Api Lodaya untuk Kereta Api Bandung Garut, khusus buat kamu yang berangkat dari Stasiun Bandung (BD) atau Stasiun Kiaracondong (KAC) tujuan Stasiun Cipeundeuy (CPD). Tarif khusus tersebut mulai Rp 70.000,00 – Rp 80.000,00 (Kereta Api Lodaya Bisnis) dan Rp 80.000,00 – Rp 90.000,00 (Kereta Api Eksekutif). Cuma ada syaratnya lho supaya kamu bisa nikmatin harga khusus tersebut.

Booking mulai 2 jam sebelum berangkat, bisa lewat KAI Access atau langsung di loket (go show). Tapi kalo mau dapetin yang termurah misalnya Rp 70.000,00 disaranin supaya kamu booking langsung di stasiun, karena kalo via KAI Access biasanya dikasih Rp 80.000,00 (Bisnis) dan Rp 90.000,00 (eksekutif). Mau nyoba? Oke selamat mencoba pengalaman baru Kereta Api Bandung Garut, Kereta Api Lodaya.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.