Kereta Api Lodaya Bisnis dari Bandung ke Semarang

Kereta Api Lodaya Bisnis bisa jadi alternatif murah meriah dari Bandung ke Semarang, meski harus transit dulu di Stasiun Solo Balapan terus lanjut naik Kereta Api Kalijaga. Tiketnya mulai Rp 150.000,00.

Emangnya bisa ke Semarang naik Kereta Api Lodaya Bisnis? Bukannya itu ke Jogja, Klaten atau Solo? Betul, Kereta Api Lodaya rutenya dari Bandung ke Solo Balapan, berhenti di Jogja dan Klaten. Tapi bisa kita jadiin alternatif perjalanan malam juga kok ke Semarang, meski sebenarnya dari Bandung ada kereta malam yang langsung tanpa transit.

Pilihan Perjalanan Pagi atau Malam

Ada dua pilihan perjalanan pagi atau malam dari Bandung ke Semarang. Kalo kamu pengen berangkat pagi bisa naik kereta api Ciremai Ekspres, berangkat dari Stasiun Bandung jam 06.15 WIB nyampe di Stasiun Semarang Tawang jam 13.45 WIB.

Adapun perjalanan malam naik Kereta Api Harina, berangkat dari Stasiun Bandung jam 21.25 WIB nyampe di Stasiun Semarang Tawang jam 04,56 WIB. Sekilas kalo naik Harina memang lebih efisien dari segi waktu, karena langsung dan nggak pake transit.

Tiketnya sendiri untuk kelas bisnis mulai Rp 235.000,00 s.d. Rp 275.000,00. Nah ngomong-ngomong soal tiket, justru Kereta Api Lodaya punya keunggulan di sini karena tiketnya lebih murah, mulai Rp 140.000,00 s.d. Rp 215.000,00 ditambah tiket kereta api Kalijaga Rp 10.000,00 total jadi Rp 150.000,00 s..d .Rp 225.000,00. Cuma dari waktu memang lebih lama.

Ke Semarang Naik Kereta Api Lodaya Bisnis

Walaupun tujuan akhirnya Stasiun Solo Balapan, Kereta Api Lodaya bisa jadi alternatif buat ke Semarang. Nyampe di Solo Balapan lanjut Kereta Api Kalijaga ke Semarang. Ini berlaku buat perjalanan dari Bandung atau bahkan dari Jogja dan Klaten, dimana untuk koridor Jogja-Solo ada tarif parsial Rp 40.000,00 untuk kelas bisnis

Untuk perjalanan dari Jogja atau Klaten yang pake tarif parsial Kereta Api Lodaya Bisnis 40 Ribu, bisa dibaca lagi postingan sebelumnya berjudul “Kereta Api Jogja-Semarang: Lodaya Lanjut Kalijaga“. Karena disini kang mimin mau bahas yang dari Bandung.

Kereta Api Lodaya punya keberangkatan pagi dan malam, kalo kamu pengen nyoba ke Semarang via Solo naik Kereta Api Lodaya, mimin saranin ambil keberangkatan malam supaya lebih nyambung sama jadwal kereta api Kalijaga dari Stasiun Solo Balapan.

Kereta Api Lodaya keberangkatan malam atau juga dikenal Lodaya Malam berangkat dari Stasiun Bandung jam 18.55 WIB dan nyampe di Stasiun Solo Balapan jam 03.58 WIB. Ada waktu sekitar 1 jam nungguin keberangkatan Kereta Api Kalijaga jam 05.20 WIB. Cukup waktu buat beli tiket Kereta Api Kalijaga dan sholat subuh.

Buat kamu yang tinggalnya di Bandung Timur dan Selatan, kalo lagi mager dan malas ke Stasiun Bandung karena jauh, kamu bisa naik dari Stasiun Kiaracondong, dimana Kereta Api Lodaya berangkat dari Stasiun Kiaracondong jam 19.07 WIB.

Cara Booking Tiket Kereta Api Lodaya Bisnis ke Semarang.

Harga tiket kereta api Lodaya Bisnis untuk batas bawah Rp 140.000,00 dan batas atasnya Rp 215.000,00. Tersedia juga tarif Rp 165.000,00 dan Rp 190.000,00. Adapun harga tiket Kereta Api Kalijaga Rp 10.000,00. Status kereta api Kalijaga itu kereta perintis kelas ekonomi yang tarifnya disubsidi pemerintah. Mirip-mirip lah sama lokalan.

Jadi kalo ditotalin semuanya tinggal tambah Rp 10.000,00. Misalnya kamu lagi beruntung dapat yang Rp 140.000,00 total semuanya sama Kalijaga jadi Rp 150.000,00. Tapi kalo kamu ambilnya batas atas, semuanya Rp 225.000,00.

Gimana cara booking tiket kereta api Lodaya Bisnis ke Semarang? Bisa via Channel External KAI, salah satunya di sini >>> BOOK NOW, TIKET KERETA API LODAYA BISNIS << tapi pas input Stasiun Tujuannya jangan pilih Semarang Tawang, karena nggak bakalan ada Kereta Api Lodaya  disitu.

Pilihlah Stasiun Solo Balapan sebagai tujuan akhir kamu naik Kereta Api Lodaya Bisnis dari Bandung. Kalo udah beres semua, berarti kamu tinggal beli tiket kereta api Kalijaga. Karena statusnya sebagai Kereta Api Perintis bersubsidi, tiketnya nggak bisa dibooking via channel external, jadi kamu harus go show di Stasiun Solo Balapan.

Jadi begitu turun dari Kereta Api Lodaya, bagusnya kamu langsung ke loket Stasiun Solo Balapan  buat beli tiket Kereta Api Kalijaga disitu. Sama aja kaya kamu beli tiket Kereta Api Lokal Bandung Raya, itu juga cuma bisa dilayani di stasiun.

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: