Posted on

Kereta Api Kutojaya Selatan, Pilihan Traveling Murah dan Hemat

Tiketnya boleh aja naik, tapi Kereta Api Kutojaya Selatan tetap mempertahankan imagenya sebagai pilihan traveling murah dan hemat. Termasuk ke Jogja dan Solo sebagai kota tujuan wisata utama.

Sempat mengalami kenaikan, per 6 Juli 2017, Harga tiket kereta api ekonomi bersubsidi kembali turun seperti sediakala. Salah satu yang tarifnya mengalami penyesuaian itu Kereta Api Kutojaya Selatan di rute Kiaracondong-Kutoarjo.

Beroperasi pertama kali tanggal 31 Mei 1977 sebagai Kereta Api Sawunggalih Selatan, barengan sama Kereta Api Sawunggalih Ekonomi. Meski dilaunching barengan tapi ada beda lho, Kereta Api Sawunggalih Ekonomi rutenya Jakarta ke Kutoarjo via Cirebon. Kereta Api Sawunggalih Selatan ambil rute lewat Bandung.

Dalam perkembangannya Kereta Api Sawunggalih Ekonomi ganti nama jadi Kutojaya Utara, sedangkatn Kereta Api Sawunggalih Selatan jadi Kutojaya Selatan. Rute juga mengalami perubahan dari sebelumnya berangkat dari Stasiun Gambir pindah ke Tanah Abang sampe akhirnya ke Pasar Senen untuk Kutojaya Utara.

Kereta Api Kutojaya Selatan sendiri rutenya malah dipotong jadi Bandung-Kutoarjo dan akhirnya Kiaracondong-Kutoarjo setelah Stasiun Kiaracondong dikhususin buat kereta api ekonomi. Kereta Api Sawunggalih akhirnya naik kelas jadi kereta api bisnis dan campuran eksekutif-bisnis.

Tiket Kereta Api Kutojaya Selatan Paling Murah di Daop 2 Bandung

Dari sisi harga tiket, Kereta Api Kutojaya Selatan paling murah diantara semua rangkaian kereta api jarak jauh yang ada di Daop 2 Bandung. Harga tiketnya cuma Rp 62.000,00 (belum termasuk admin). Ditambah admin Rp 7.500,00 totalnya jadi Rp 69.500,00

Tarif ini berlaku untuk semua tujuan, mulai dari Priangan Timur (Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar), Cilacap (Sidareja, Maos, Kroya), Kebumen (Gombong, Karanganyar, Kebumen), sampe ke tujuan akhirnya Stasiun Kutoarjo di Kabupaten Purworejo.

Jadwal perjalanan kereta api Kutojaya Selatan bersahabat banget. Baru berangkat jam 9 malam sehingga buat kamu yang masih ada kerjaan di kantor bisa nyelesein kerjaannya dulu dan agak santai nggak perlu terburu-buru. Keberangkatan tersebut jadi yang paling terakhir di Stasiun Kiaracondong.

Makanya Kereta Api Kutojaya Selatan selain paling murah juga bisa dibilang penutupnya semua rangkaian kereta api ke arah timur via jalur selatan Priangan Timur, yang berangkat dari Kota Bandung.

Memang sih masih ada Kereta Api Serayu yang lebih malam lagi. Tapi keberangkatan pamungkasnya dari Stasiun Cimahi, sementara di Stasiun Kiaracondong di jam 00.30 WIB udah ganti hari.

Ke Jogja dan Solo Naik Kereta Api Kutojaya Selatan

Kereta Api Kutojaya Selatan bisa kamu jadiin alternatif buat ke Jogja dan Solo. Tujuan akhir kereta api ini memang cuma sampai Stasiun Kutoarjo, tapi bisa kok lanjutin perjalanan kamu ke Jogja atau Solo, nyambung naik KRD Prameks.

Mulai 15 Oktober 2007, perjalanan KRD Prameks diperpanjang ke Stasiun Kutoarjo seiring mulai beroperasi jalur ganda Kutoarjo-Solo. Kebetulan antara jadwal kedatangan Kereta Api Kutojaya Selatan sama keberangkatan pertama KRD Prameks sinkron banget.

Kereta Api Kutojaya Selatan tiba di Stasiun Kutoarjo jam 04.31 WIB sementara KRD Prameks pertama berangkat dari Stasiun Kutoarjo jam 06.00 WIB. Cukup waktu buat kamu sholat shubuh dan rebahan sebentar.

Malah ke Jogja atau Solo naik Kereta Api Kutojaya Selatan paling murah lho, sekalipun kamu harus transit dulu. Harga tiket kereta api Kutojaya Selatan plus admin Rp 69.500,00 ditambah tiket KRD Prameks Rp 8.000,00 jadi total semuanya Rp 77.500,00. Pas banget buat budget traveler.

Untuk jadwal sebaliknya dari Stasiun Kutoarjo jam 09.20 WIB nyampe di Stasiun Kiaracondong Bandung jam 16.41 WIB. Khusus kamu yang dari Solo, mau nggak mau harus naik KRD Prameks keberangkatan pertama jam 05.10 WIB (KA 251).

Sementara dari Jogja ada dua pilihan naik KA 249 jam 04.30 WIB (keberangkatan pertama dari Stasiun Tugu Yogyakarta) tiba di Kutoarjo jam 05.40 WIB atau KA 251 jam 06.05 WIB dengan jadwal kedatangan di Stasiun Kutoarjo jam 07.32 WIB. .

Selain KRD Prameks, kamu juga bisa manfaatin Kereta Api Joglokerto dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan jam 06.00 WIB dan Stasiun Tugu Yogyakarta jam 07.10 WIB. TIba di Stasiun Kutoarjo jam 08.11 WIB masih ada 1 jam lagi nunggu keberangkatan Kereta Api Kutojaya Selatan.

Cuma untuk tarifnya Kereta Api Joglokerto lebih mahal dimana kamu harus bayar Rp 50.000,00 kalo booking dari channel external dan Rp 20.000,00 untuk pembelian langsung di loket stasiun maksimal 2 jam sebelum berangkat.

Kenapa harganya tinggi? Status Kereta Api Joglokerto sejatinya memang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), bukan lokalan kaya Prameks, dan tarifnya sendiri komersial tanpa subsidi. Rute aslinya aja udah jauh dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Purwokerto. Dari segi waktu udah setara Bandung-Jakarta. Lagipula tarif KRD Prameks disubsidi, makanya cuma Rp 8.000,00.

Note: InSyaaAlloh, KRD Prameks sama Kereta Api Joglokerto bakal ada pembahasannya sendiri di kesempatan yang lain.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.