Kereta Api Jogja Semarang: Lodaya Lanjut Kalijaga

Kereta Api Jogja Semarang yang langsung saat ini memang belum ada, tapi bukan berarti nggak bisa nyepur sama sekali. Kamu bisa naik Kereta Api Lodaya dari Stasiun Jogjakarta Tugu terus lanjut Kereta Api Kalijaga ke Semarang. Ada tarif khusus.

Nggak disangka tulisan admin judulnya “Kereta Api Jogja Semarang” jadi yang paling banyak dicari dan dibaca di blog ini. Judul itu memang boleh dikata ibarat gadis seksi yang memikat banyak lelaki. Banyak orang penasaran bisa nggak sih dari Jogja ke Semarang dan sebaliknya naik kereta api? Karena sekarang kebanyakan masih naik bus atau travel.

Iya sih nggak ada kereta api Jogja Semarang yang langsung. Dulu memang pernah ada, Kereta Api Pandanwangi sama Kereta Api Banyubiru pake rangkaian KRD. Tapi karena okupasi minim dan rangkaian uzur (Kereta Api Pandanwangi), akhirnya distop.

Tanggal 15 Februari 2014 Kereta Api Kalijaga mulai dinas melayani rute Semarang Poncol-Solo Balapan PP manfaatin idle Kereta Api Senja Bengawan. Seolah ada titik terang buat yang kepengen nyepur dari Semarang ke Jogja dan sebaliknya, meski harus ganti kereta di Stasiun Solo Balapan.

Sayang ternyata jadwal Kereta Api Kalijaga kurang bersahabat buat traveler dari Jogja. Berangkat dari Stasiun Solo Balapan jam 05.20 WIB sementara KRD Prameks pertama dari Stasiun Jogjakarta Tugu ke Stasiun Solo Balapan itu jam 05.30 WIB. Kalo dari Semarang sih jadwalnya masih nyambung sama KRD Prameks Solo-Jogja.

Manfaatin Tarif Parsial Kereta Api Lodaya

Terus gimana dong? Jadi nggak bisa nyepur sama sekali dari Jogja ke Semarang? Tenang, kamu masih bisa naik kereta api dari Jogja  ke Semarang meski harus bangun pagi-pagi buta. InSyaaAlloh kamu masih bisa manfaatin Kereta Api Lodaya yang nyampe di Stasiun Jogjakarta Tugu jam 02.57 dari Bandung dan berangkat jam 03.05 WIB.

Malam banget sih, tapi cuma ini yang jadwalnya paling nyambung sama Kereta Api Kalijaga rute Solo Balapan-Semarang Poncol. Kereta Api Lodaya nyampe di Stasiun Solo Balapan jam 03.58 WIB. Masih sekitar 1 jam 30 menit kamu nunggu keberangkatan Kereta Api Kalijaga jadi bisa beli tiketnya dulu sama sholat shubuh.

Berapa harga tiket kereta api Lodaya dari Jogja ke Solo? Kalo tarif resminya sih paling murah Rp 140.000,00 dan paling mahal Rp 215.000,00. Kok sama ya kaya ke Bandung? Kalo bookingnya via situs KAI / KAI Access dan channel external memang dihitung sama kaya ke Bandung. Tapi Jangan khawatir karena ada tarif khusus (parsial) rute Jogja-Solo dan sebaliknya.

Tiket kereta api Lodaya Jogja-Solo untuk kelas bisnis Rp 40.000,00. Buat dapetin harga khusus ini kamu mesti beli langsung alias go show di stasiun Jogjakarta Tugu maksimal 2 jam sebelum berangkat. Kereta Api Lodaya berangkat dari Stasiun Jogjakarta Tugu jam 03.05 WIB berarti kamu bisa beli tiketnya mulai jam 01.05 WIB.

Caranya go show di stasiun bisa beli di loket atau di mesin, jangan lupa siapin identitas kamu karena disini prosedur check in dan boarding pass tetap berlaku. Tarif parsial tujuannya manfaatin kursi kosong yang ada di kereta, jadi selama seat masih ada kamu bisa beli tiket kereta api Lodaya Jogja Solo kelas bisnis dengan harga khusus.

Nah, begitu nyampe di Stasiun Solo Balapan, kamu langsung go show lagi ngantri di loket buat beli tiket Kereta Api Kalijaga jurusan Semarang Tawang sampe tujuan akhirnya Stasiun Semarang Poncol. Harga tiket kereta api Kalijaga Rp 10.000,00. Statusnya kereta api perintis jadi nggak pake sistem check in dan boarding pass kaya Kereta Api Lodaya yang KAJJ.

Kereta Api Kalijaga berangkat dari Stasiun Solo Balapan jam 05.20 WIB nyampe di Stasiun Semarang Tawang jam 07.55 WIB dan Stasiun Semarang Poncol jam 08.15 WIB. Selain dua stasiun itu juga berhenti di Stasiun Salem, Stasiun Gundih, Stasiun Kedungjati dan Stasiun Brumbung.

Total harga tiket kereta api Jogja Semarang naik Kereta Api Lodaya Bisnis lanjut Kereta Api Kalijaga Rp 50.000,00 rinciannya tiket kereta api lodaya bisnis tarif parsial Jogja-Solo Rp 40.000,00 ditambah tiket kereta api Kalijaga Rp 10.000,00. Masih lebih murah sih dari Travel, cuma jadwalnya aja yang kurang enak.

Kamu mesti stand by di stasiun tengah malam terus mulai booking tiket kereta api Lodaya jam 01.05 WIB. Sebelum berangkat ke Solo untuk selanjutnya nyambung Kereta Api Kalijaga. Tapi cuma itu satu-satunya cara kamu naik kereta api Jogja Semarang, paling nggak untuk sekarang.

Sambil menanti ada kereta api Jogja Semarang yang langsung, entah kapan mulai tersedia, yang jelas kita harus bersabar dulu, walaupun sesabar menunggu Persib Bandung juara lagi setelah 19 tahun, 1995 ke 2014.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: