Kereta Api Jogja-Semarang: Kalo Bisa Nggak Lebih Mahal dari Travel

Moda transportasi travel masih jadi andalan karena nggak ada kereta api Jogja-Semarang yang langsung. Usahain tarifnya jangan lebih mahal dari Travel kalo memang nanti ada lagi.

Sebenarnya dari Jogja ke Semarang dan sebaliknya masih bisa naik kereta api. Tapi masalahnya di jadwal. Dari Semarang mungkin nggak terlalu jadi soal. Jadwal Kereta Api Kalijaga masih sinkron sama Prameks. Nah, yang dari Jogja ini malah sebaliknya.

Jadwal KRD Prameks pertama ke Solo jam 05.30 di saat yang hampir bersamaan, Kereta Api Kalijaga diberangkatin dari Stasiun Solo Balapan ke Semarang Tawang. Mau naik kereta api Matarmaja atau Majapahit justru lebih ribet karena dari Solo Jebres. Belum lagi tiketnya mahal karena dihitung ke Jakarta atau Malang. Belum ada tarif parsial.

Alhasil, travel jadi satu-satunya andalan dan pilihan praktis, begitu juga bus yang berangkat dari Terminal Giwangan. Belum lagi kendaraan pribadi macam mobil atau motor. Itu karena memang cuma itu yang bisa diandalin.

Nggak mau terus-terusan kaya gini yang ujung-ujungnya pasti bakalan macet parah kaya Jakarta-Bandung yang sekarang bisa sampe 5 jam, salah satu web kereta api bikin jajak pendapat tentang kereta api Jogja Semarang. Kaya gimana bentuknya (pastinya sih via Solo ya), kelasnya apa, jadwal dan kira-kira berapa besaran tarifnya.

Kelas Ekonomi dan/atau Ekonomi Plus

Kalo menurut admin sih, belajar dari yang udah-udah, kereta api Jogja Semarang jangan lagi pake KRD tapi kereta konvensional kaya Kalijaga. Rute via Solo gk jadi soal karena saat ini cuma jalur itu yang available. Sementara jalur lain via Ambarawa masih dalam proses reaktivasi yang kemungkinan makan waktu agak lama.

Kelasnya lebih bagus ekonomi aja, baik ekonomi reguler yang tarifnya disubsidi atau ekonomi plus termasuk premium. Kenapa ekonomi?

Nah buat ngejawab pertanyaan lagiau nggak mau harus dikaitin sama harga tiket kereta api Jogja Semarang. Kalo bisa sih jangan lebih mahal dari Travel. Sedikit info, Travel Jogja Semarang untuk XTrans aja 75 ribu. Makanya kalo bisa dibawahnya. Jadi ini alasan kenapa lebih bagus ekonomi aja.

Kapasitas angkut kereta api juga ngaruh ke tiketnya. Gerbong ekonomi sendiri untuk yang reguler 106 penumpang, plus 80 penumpang, dan premium 64-80 penumpang atau setara kelas bisnis. Semakin besar kapasitas harganya makin bisa ditekan.

Sejatinya jarak Jogia Semarang masih setara Jakarta Bandung, yakni 3 jam perjalanan. Tarif bisa mengacu ke Kereta Api Argo Parahyangan, disamain juga oke aja. Tergantung kapasitas berapa yang dipake.

Untuk ekonomi 106 penumpang tarifnya bisa maksimum 70rb, ini sama kaya Gopar yang pake idle Harina. Ekonomi plus mau K3 2012, 2014 atau 2016 bisa di 80rb, dan Premium 95 ribu. Sekilas memang masih bersaing sama travel. Tapi kalo mau lebih murah lagi ya mau nggak mau disubsidi dan pake kapasitas 106 penumpang, kaya Kalijaga.

Yang jelas mau gimana pun bentuknya, disubsidi atau pake tarif komersial, berhenti di stasiun mana aja, kita semua udah kangen sama kereta api Jogja Semarang yang langsung. Ngebayangin kaya gimana traveling antara dua kota tujuan wisata itu, satu di selatan dan satunya lagi di utara, naik kereta api.

Pengennya langsung ya, nggak kaya sekarang harus transit di Solo dulu dan agak ribet, apalagi kalo nguber yang berangkat dari Stasiun Jebres, selain ribet juga mahal. Jadwalnya dibikin bersahabat, terutama yang berangkat dari Jogja. Kalo bisa sih minimal ada 6 trip masing-masing 3 trip dari Jogja dan 3 trip dari Semarang.

HARD WARNING !!

ADMIN TIDAK MELAYANI PENJUALAN TIKET TRAVEL JOGJA SEMARANG SEMUA OPERATOR. JADI SETELAH TULISAN INI TERBIT, JANGAN ADA LAGI YANG TANYA-TANYA SOAL ITU. KARENA NGGAK AKAN DILAYANI. Disini cuma melayani pemesanan tiket kereta api, itu juga sistemnya full online >> DI SINI << bukan lewat telepon, SMS atau WhatsApp. 

Leave a Reply

%d bloggers like this: