Posted on

Kereta Api Ekonomi Bandung Jogja (1): Termurah Kereta Api Kutojaya Selatan

Ada banyak alternatif kereta api ekonomi Bandung Jogja khusus buat kamu yang pengen jalan-jalan ke kota Gudeg dengan budget hemat. Mulai Kereta Api Malabar sampe yang paling murah Kereta Api Kutojaya Selatan. 

Kayanya basi banget ya ngebahas beginian, kereta api ekonomi Bandung Jogja? Tapi nggak juga sih. Kalo kita tengok postingan sebelumnya yang berjudul “Khayalan itu Bernama Kereta Api Cisadane” sempat disinggung sedikit soal ini. Ya, karena Kereta Api Cisadane yang sempat wara-wiri di Daop 2 Bandung tahun 1990-an melayani rute Bandung-Jogja sebelum akhirnya diperpanjang sampe ke Madiun dan jadi Kiaracondong-Madiun.

Kereta Api Ekonomi Bandung Jogja (1): Termurah Kereta Api Kutojaya Selatan -1/2

Cuma sayang karena udah terlalu banyak alternatif kereta api ekonomi Bandung Jogja, sebut aja Kereta Api Pasundan dan Kereta Api Kahuripan, menjadikan Kereta Api Cisadane sepi peminat hingga akhirnya terpaksa pensiun tahun 2003, barengan sama Kereta Api Galuh di rute Pasar Senen-Banjar. Dipensiunkannya Kereta Api Cisadane selain okupasi minim juga buat efisiensi. Mengingat jalur selatan sebagian besar masih single track.

Penumpang yang biasa naik Kereta Api Cisadane pun akhirnya diakomodasi sama Kereta Api Pasundan dan Kereta Api Kahuripan, dimana dua kereta tersebut punya jadwal berhenti di Stasiun Lempuyangan Jogja (LPN), Stasiun Purwosari Solo (PWS) dan Stasiun Madiun (MN).

Saat ini kereta api ekonomi Bandung Jogja nggak cuma dua itu aja, tapi ada 4 (empat) alternatif yang bisa kamu pilih, mulai yang paling mahal tiketnya sampe yang termurah. Berikut alternatif Kereta Api Ekonomi Bandung-Jogja yang bisa kamu manfaatin, diurut dari yang termurah sampe paling mahal:

[1]. Kereta Api Kutojaya Selatan

Inilah kereta api Bandung-Jogja yang tiketnya paling murah, yakni Rp 77.500,00. Memang aslinya Kereta Api Kutojaya Selatan cuma melayani rute Kiaracondong (KAC)-Kutoarjo (KTA), tapi karena jalur Kutoarjo-Solo udah double track semua, layanan Kereta Api Prameks yang awalnya cuma Solo Balapan (SLO)-Jogjakarta (YK) aja diperpanjang sampe Stasiun Kutoarjo (KTA).

Perpanjangan itu menjadikan kereta api jurusan Kutoarjo alternatif lain buat jalan-jalan ke Jogja dan Solo. Di antaranya Kereta Api Kutojaya Selatan. Jadwal berangkat dari Stasiun Kiaracondong (KAC) jam 21.00 WIB tiba di Stasiun Kutoarjo (KTA) jam 04.31 WIB. Sementara jadwal Kereta Api Prameks pertama dari Stasiun Kutoarjo (KTA) itu jam 06.00 WIB. Cukup waktu buat sholat shubuh sama antri tiket.

Untuk tarifnya sendiri, Kereta Api Kutojaya Selatan Rp 69.500,00 (Rp 62.000,00 ditambah biaya layanan Rp 7.500,00) dan Kereta Api Prameks Rp 8.000,00. Jadi totalnya Rp 77.500,00. Tiket kereta api Kutojaya Selatan bisa dibooking online via website KAI, KAI Access, dan channel eksternal lainnya. Adapun Tiket kereta api Prameks bisa dibeli langsung di loket Stasiun Kutoarjo (KTA).

[2]. Kereta Api Kahuripan

Nah inilah yang jadi favorit para budget traveler yang pengen berlibur ke Jogja dengan budget minim. Bukan cuma tiketnya yang murah tapi juga kamu bisa sekaligus menghemat biaya penginapan. Kereta Api Kahuripan merupakan Kereta Api Ekonomi Bandung-Jogja yang paling banyak dijadiin pilihan. Meski aslinya melayani rute Kiaracondong (KAC)-Blitar (BL).

Kereta Api Kahuripan Berangkat dari Stasiun Kiaracondong (KAC) jam 18.10 WIB nyampe di Stasiun Lempuyangan (LPN) jam 02.40 WIB. Harga tiket Rp 87.500,00 (Rp 80.000,00 ditambah service charge Rp 7.500,00)

[3]. Kereta Api Pasundan

Sejatinya Kereta Api Pasundan melayani rute Kiaracondong (KAC)-Surabaya Gubeng (SGU). Tapi kereta api ini bisa kamu jadiin alternatif Kereta Api Ekonomi Bandung-Jogja, terutama buat keberangkatan pagi. Jadwal berangkat dari Stasiun Kiaracondong (KAC) jam 05.35 WIB nyampe di Stasiun Lempuyangan (LPN) Jam 14.25 WIB. Harga tiketnya Rp 95.500,00 (Rp 88.000,00 ditambah convenience fee Rp 7.500,00).

Meski lebih mahal dari Kereta Api Kutojaya Selatan dan Kereta Api Kahuripan, minimal kamu nggak perlu transit atau nyampe di tujuan tapi nggak bisa langsung check in di penginapan. Kalopun bisa kamu bakal dikenain biaya tambahan. Jadi kalo kepengen langsung bisa check in di penginapan tanpa kena biaya tambahan, Kereta Api Pasudan bisa kamu pertimbangkan buat alternatif Kereta Api Ekonomi Bandung Jogja.

[4]. Kereta Api Malabar

Nah inilah Kereta Api Bandung-Jogja yang tiketnya paling mahal yakni Rp 190.000,00. Kereta Api Malabar sebenarnya bukan kereta api ekonomi, melainkan kereta api komersial yang punya layanan multikelas. Mulai kelas eksekutif (K1), bisnis (K2) dan ekonomi (K3). Sebelum tahun 2012, kelas ekonomi (K3) di Kereta Api Malabar termasuk plus karena nggak boleh dimasukin sama asongan, pengamen, dan sejenisnya.

Status itu tetap melekat pasca 2012 dan penambahan AC split di dalamnya. Kereta yang dipake masih kapasitas 106 penumpang, cuma keluarannya lebih baru, buatan tahun 1990-an dan 2000-an (udah buatan dalam negeri). Tapi kadang juga bawa kereta yang usianya lebih tua, tergantung mana yang SO (siap operasi). Kereta mana yang dipake  itu biasanya tergantung dari proses pemeliharaan (PA) di Dipo dan Balai Yasa.

Balik lagi ke Kereta Api Malabar, selain pelopor multikelas, kereta api ini juga jadi yang pertama melayani rute Bandung-Malang. Dari nama aja sebetulnya udah keliatan MalaBar (Malang-Bandung Raya). Kereta Api Malabar punya jadwal berhenti di Stasiun Tugu Jogjakarta (YK) jam 00.00, tengah malam banget ya.

Untuk berangkatnya kamu punya dua pilihan, bisa berangkat dari Stasiun Bandung (BD) jam 15.45 WIB dan Stasiun Kiaracondong (KAC) jam 15,57 WIB. Kereta Api Malabar punya jadwal berangkat dari dua stasiun itu.

Kereta Api Ekonomi Bandung Jogja (1): Termurah Kereta Api Kutojaya Selatan 2/2

Nah itulah 4 (empat) pilihan kereta api ekonomi Bandung-Jogja yang bisa kamu pilih. Lagi-lagi semua tergantung sama berapa budget kamu dan juga jadwal perjalanannya. Mau ngirit banget sih bisa pilih Kereta Api Kutojaya Selatan. Mau ngirit tapi ogah transit pilih Kereta Api Kahuripan. Atau mau jalan pagi dan langsung istirahat di penginapan bisa pilih Kereta Api Pasundan. Karena mahal, Kereta Api Malabar bagusnya jadi pilihan terakhir.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.