Kereta Api Bisnis ke Surabaya

Meski digabungin sama kelas lainnya, paling nggak Daop 2 Bandung (sama Daop 9 Jember) masih punya 2 layanan kereta api bisnis ke Surabaya, beda sama lainnya yang cuma ada satu dan sama-sama campuran.

Saat ini kereta api bisnis full K2 udah jarang banget, tercatat cuma Daop 5 Purwokerto dan Daop 6 Jogjakarta aja yang masih punya. Kereta api bisnis full K2 masih ada di Kereta Api Sawunggalih (Kutoarjo-Jakarta Pasar Senen), Fajar Utama Jogja dan Senja Utama Jogja (Jogjakarta-Jakarta Pasar Senen), sama Senja Utama Solo (Solo Balapan-Jakarta Pasar Senen).

Untuk kereta api bisnis ke Surabaya yang benar-benar full K2 per 13 Maret 2017 udah nggak ada lagi, setelah rangkaian terakhir Kereta Api Mutiara Selatan menambah layanan eksekutif (K1) dan balik jadi campuran lagi percis kaya waktu dinas pertama kali 17 Agustus 1972.

Nggak hanya itu, kereta api bisnis ke Surabaya sendiri sekarang ini jarang banget. Keberangkatan dari Jakarta aja tinggal Kereta Api Gumarang aja. Itupun dari Stasiun Pasar Senen. Di Daop 3 ada Kereta Api Ranggajati satu kali pemberangkatan dan yang masih punya 2 pemberangkatan cuma Daop 2 Bandung sama Daop 9 Jember aja.

Dari Daop 2 Bandung ada Kereta Api Harina dan Kereta Api Mutiara Selatan. Sementara di Daop 9 Jember ada Kereta Api Mutiara Timur dan Kereta Api Ranggajati (itu juga berbagi sama Daop 3 Cirebon). Jogja udah nggak punya lagi sejak Kereta Api Sancaka ganti kelas bisnis-nya jadi ekonomi plus pake K3 2016.

Tinggal Tunggu Waktu

Menipisnya rangkaian kereta api bisnis ke Surabaya seolah membuktikan bahwa akhir hayat kereta api bisnis tinggal tunggu waktu. Sumber PT. INKA menyebut saat ini gerbong kelas bisnis atau K2 udah nggak lagi diproduksi dan secara bertahap bakal diganti sama K3 Premium. Jangankan K2, gerbong K3 ombak biru aja udah nggak produksi lagi.

Secara populasi rangkaian gerbong K2 (kelas bisnis) semakin berkurang dari hari ke hari. Banyak yang dimodifikasi jadi gerbong bagasi atau kereta barang. Nggak sedikit juga yang diupgrade jadi kelas eksekutif (K1).

Ambil contoh Kereta Api Argo Parahyangan reguler layanannya udah berubah jadi eksekutif-ekonomi plus (K3 2016), sampe dapat sindiran kereta api argo kok ekonomi. Meski masih ada layanan kelas bisnis (K2) tapi itu nggak rutin karena pinjam rangkaian lain, misalnya punya Kereta Api Harina dan Kereta Api Senja Utama Solo.

Untuk kereta api bisnis ke Surabaya, keberangkatan dari Bandung, tersedia dua pilihan yakni Kereta Api Mutiara Selatan jurusan Surabaya Gubeng dan Kereta Api Harina ke Surabaya Pasar Turi via Semarang. Berikut rincian jadwal dan harga tiketnya:

A. Kereta Api Mutiara Selatan

  • Berangkat Stasiun Bandung jam 16.50 WIB dan Stasiun Kiaracondong jam 17.02 WIB // Tiba Surabaya Gubeng jam 06.24 WIB
  • Harga Tiket kelas Bisnis B Rp 325.000,00 // Bisnis K Rp 295.000,00 // Bisnis N Rp 280.000,00 // Bisnis O Rp 260.000,00

B. Kereta Api Harina

  • Berangkat Stasiun Bandung jam 21.25 WIB dan Stasiun Cimahi jam 21.37 WIB // Tiba Stasiun Surabaya Pasar Turi jam 09.37 WIB
  • Harga Tiket kelas Bisnis B Rp 340.000,00 // Bisnis K Rp 310.000,00 // Bisnis N Rp 290.000,00 // Bisnis O Rp 270.000,00

Booking Tiket Kereta Api Bisnis ke Surabaya

Abadikan sebelum benar-benar hilang. Memang sih kata PT. INKA gerbong kereta api bisnis udah nggak produksi lagi dan secara bertahap diganti sama ekonomi premium (K3 Premium). Sekarang kereta api bisnis masih bisa ditemui meski jumlahnya kian menyusut.

Buat kamu yang mau booking tiket kereta api bisnis ke Surabaya langsung aja ke sini >> BOOK NOW!! KERETA API BISNIS KE SURABAYA, ABADIKAN SEBELUM BENAR-BENAR HILANG << InSyaaAlloh kamu bisa transaksi real-time online 24 jam di situ. Metode pembayarannya lengkap dan kamu nggak perlu lagi ngerepotin admin kaya dulu-dulu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: