Posted on

Kereta Api Argo Parahyangan Priority vs Wings Air

Ternyata harga tiket kereta api Argo Parahyangan Priority bersaing lho sama Wings Air rute Jakarta/Halim (HLP)-Bandung (BDO). Kereta wisata mewah dibanderol Rp 250.000,00 dengan waktu tempuh standard 3 jam 10 menit. Pesawat yang lebih cepat tiketnya di kisaran Rp 270.000-285.000,00. 

Sekian lama dinanti akhirnya Daop 2 Bandung kebagian alokasi kereta wisata Priority untuk rute Bandung-Gambir yang memang lagi booming gara-gara jalan tol nyaris selalu didera kemacetan parah. Bayangin aja waktu tempuh normal Bandung-Jakarta yang biasa 3 jam sekarang bisa diatas 5 jam. Malah kalo pas lagi libur panjang bisa lebih dari itu. Karena itulah orang banyak ngelirik kereta api sebagai alternatif.

Normalnya ada 14 trip kereta api Argo Parahyangan sehari, masing-masing 7 trip dari Bandung ke Gambir dan 7 trip lagi untuk rute sebaliknya. 14 trip reguler itu masih dibantu 4 trip Kereta Api Serayu rute Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto. Tapi sekarang 14 trip Argo Parahyangan reguler dan 4 trip Serayu udah kesulitan menampung tingginya pengguna kereta api di rute Bandung-Jakarta.

Tinggiya minat buat PT.KAI jalanin beberapa rangkaian kereta api Argo Parahyangan Fakultatif dan Tambahan misalnya Kereta Api Argo Parahyangan 31 dan 32 setiap Jum’at-Minggu, Kereta Api Argo Parahyangan Premium, Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan idle Sembrani sampe Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan idle Senja Utama Solo di rute Pasar Senen-Bandung.

Hal itu juga jadi peluang emas buat PT.KAI, khususnya KA Wisata, nambah pendapatan lewat kereta wisata Priority. Setelah sukses di rute Gambir-Jogjakarta, Gambir-Solo Balapan, dan Gambir-Surabaya, kini giliran Gambir-Bandung kebagian Kereta Wisata Priority. Tarifnya dibanderol Rp 250.000,00/orang sekali jalan.

Tetap Laris Manis

Harga yang mahal ternyata bukan halangan. Buktinya tiket kereta api Argo Parahyangan Priority tetap ludes terjual. Meski di satu sisi tarifnya nyaris 2 kali lipat tiket kereta api Argo Parahyangan Eksekutif reguler. Boleh jadi banyak yang mikir nggak apa-apa mahal yang penting lebih ada kepastian nyampe di tujuan jam berapa. Daripada lewat tol nggak bisa diprediksi.

Di long weekend akhir Maret 2018 kemarin aja tiket Kereta Api Argo Parahyangan Priority langsung ludes dalam hitungan kurang dari 3 hari. Lagi-lagi karena peminat banyak, Kereta Api Argo Parahyangan Priority yang semula cuma ada di KA 19, 25 dari Bandung dan KA 22, 28 dari Gambir jadi ditambah lagi di KA 21, 27 dari Bandung dan KA 24, 30 dari Gambir.

Bersaing sama Wings Air

Sebenarnya sebelum PT.KAI jalanin Kereta Api Argo Parahyangan Priority, Wings Air udah lebih dulu buka penerbangan Bandung-Jakarta, ngambil rute dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP) dan sebaliknya. Berangkat dari kesuksesan rute Bandara Wiriadinata Tasikmalaya (TSY)-Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP) PP.

Rute penerbangan Bandung-Jakarta/Halim sendiri bukan barang baru. Sebaliknya justru ini rute legendaris yang sebelumnya diterbangi Merpati Nusantara Airlines (MNA) dan sempat beberapa tahun diterbangin Deraya. Cuma keberadaan Tol Cipularang akhirnya menutup rute ini. Sampe akhirnya sekarang dihidupin lagi sama Wings Air.

Harga tiket pesawat Wings Air rute Bandung-Jakarta/Halim PP dibanderol di kisaran Rp 270.000,00-Rp 285.000,00 per orang sekali jalan. Harga segitu jelas bersaing banget sama tiket kereta api Argo Parahyangan Priority di Rp 250.000,00 per orang sekali jalan.

Memang nggak bisa dibandingin sih antara kereta api sama pesawat. Masing-masing ada plus dan minusnya. Kalo mau nyantai dan nikmatin pemandangan alam Priangan Barat sekaligus merasakan kemewahan kereta wisata, kamu bisa pilih Kereta Api Argo Parahyangan Priority. Tapi kalo misalnya kamu pengen cepet nyampe dan diburu waktu, maka kamu bisa pilih Wings Air.

Jadi sekarang tergantung kamu enaknya di mana. Mau naik Kereta Api Argo Parahyangan Priority langsung aja booking ke sini >>> BOOK NOW !! TIKET KERETA API ARGO PARAHYANGAN PRIORITY . Kalo pengen nyobain sensasi yang nggak biasanya yakni naik pesawat, monggo langsung klik aja di sini >>> BOOK NOW !! BANDUNG-JAKARTA PP BY WINGS AIR FROM IDR 274K.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *