Posted on

Kereta Api Argo Parahyangan Premium

Kereta Api Argo Parahyangan Premium hadir di saat peminat rute Bandung Jakarta meningkat, imbas dari jalan tol yang sering macet. Meski nggak jarang dicibir. Harga Tiket Rp 90.000,00

Kereta Api Argo Parahyangan PremiumKereta Api Argo kok ekonomi? Sindiran yang nggak ada habis-habisnya. Itu semua karena kehadiran rangkaian baru K3 2017 premium turut meramaikan koridor Bandung-Jakarta yang selama ini dilayani 2 rangkaian kereta api: Argo Parahyangan dan Serayu. Khusus di situ, rangkaian baru ini dikasih nama Kereta Api Argo Parahyangan Premium.

Kereta Api Argo memang selalu identik sama kelas atas dan kemewahan. Kenyamanan yang lebih daripada kelas eksekutif biasa. Lebih-lebih kelas yang lebih rendah kaya bisnis (K2) dan ekonomi (K3). Diakui zaman dulu memang nggak susah sih ngebedainnya. Bukan cuma dari livery aja tapi kondisi keretanya.

Kelas ekonomi jadul kita tau sendirilah kaya apa, gerbong reyot penuh sesak, panas, banyak orang tak berkepentingan wara-wiri. Kelas bisnis ternyata setali tiga uang meski dari sisi harga tiket lebih mahal dari ekonomi. Adapun eksekutif kita mulai ngerasain kenyamanan, dan kalo mau yang lebih bisa naik eksekutif argo.

Cuma sekarang ini susah ngebedainnya. Terutama kelas eksekutif, antara kelas argo sama satwa atau eksekutif biasa nyaris sama gerbongnya. Gitu juga livery-nya, semua kelas diseragamin pake livery selendang pecut. Bedanya di pintu doang. Semua eksekutif pintunya biru, bisnis abu-abu, ekonomi orange.

Kelebihan sekarang kereta api udah jauh lebih nyaman daripada dulu. Stasiun steril dan rangkaian kereta api ekonomi dan bisnis nggak ada lagi penumpang berdiri, begitupun segala gembel dan asongan. Semua kelas dilengkapi fasilitas AC.

K3 2017 Premium a.k.a Ekonomi Premium

Tahun 2016 kemarin PT. KAI beli rangkaian gerbong baru K3 2016 dari PT. INKA Madiun. Awalnya dipake buat rangkaian kereta api tambahan Lebaran 2016 karena tingginya minat warga yang pengen mudik naik kereta api.

Gerbong itupun dialokasikan ke 3 rangkaian kereta api bisnis, yakni Kereta Api Mutiara Selatan, Kereta Api Fajar Utama Jogja dan Kereta Api Senja Utama Jogja. Sayang ternyata interior K3 2016 ini bermasalah. Jarak antar kursi terlalu mepet dan bikin nggak nyaman buat perjalanan jarak jauh diatas 5 jam. Protes muncul sampe dibikinin petisi di Change.Org

Akhirnya PT. KAI berhasil dengerin keluhan pelanggannya. Gerbong baru itupun ditarik lagi dan 3 rangkaian tadi dibalikin jadi kelas bisnis seperti semula. Karena udah terlanjur dibeli, rangkaian K3 2016 dialokasi ke rangkaian kereta api jarak pendek. Salah satu yang kebagian kebetulan Kereta Api Argo Parahyangan rute Bandung-Jakarta Gambir PP.

Inilah awal mula datangnya cibiran “Kereta Api Argo Kok Ekonomi”, tapi mungkin belum terlalu heboh. Toh waktu pertama kalinya dinas tanggal 31 April 2010 Kereta Api Argo Parahyangan jadi pelopor kereta api argo yang rangkaiannya campuran (eksekutif argo-bisnis). Makanya nggak terlalu heran kalo ledekan masih dianggap wajar begitu kelas bisnis ganti jadi K3 2016

Menjelang Lebaran 2017, PT. KAI lagi-lagi beli rangkaian gerbong baru K3 2017 Premium atau Ekonomi Premium. Penyempurnaan dari edisi sebelumnya K3 2016. Walaupun interiornya masih sama, tapi ada perbaikan lumayan mencolok di sini. TV LCD yang semula ada 1 ditambah jadi 3. Jarak antar kursi yang tadinya sempit sekarang udah nggak lagi sempit.

Kursinya sendiri nggak lagi paten tapi reclining seat. Sandarannya bisa diatur. Cukup nyaman sih, meski yang sempit dan nggak enak tetap masih ada yakni kursi di ujung rangkaian dekat pintu/bordes. K3 2017 Premium nggak semuanya kapasitas 80 penumpang, tapi juga ada yang 64 penumpang buat gerbong difable. Jadi ramah sama penyandang disabilitas.

Awalnya Kereta Api Argo Parahyangan Fakultatif

Lagi-lagi jalur pendek tapi padat, Bandung-Jakarta, kebagian rangkaian K3 2017 sebagai Kereta Api Argo Parahyangan Fakultatif di rute Stasiun Bandung – Stasiun Jakarta Pasar Senen. Waktu itu rangkaiannya pinjam punya Mantab Lebaran.

Abis Lebaran 2017, Kereta Api Argo Parahyangan Fakultatif jurusan Jakarta Pasar Senen memang masih jalan, tapi pake rangkaian kereta api Senja Utama Solo kelas bisnis yang kebetulan idle di siang hari.

Karena peminat jalur Bandung-Jakarta makin tinggi apalagi setelah jalan tol hampir selalu macet, sementara 2 rangkaian kereta api reguler yang ada, Kereta Api Argo Parahyangan dan Kereta Api Serayu, udah nggak bisa menampung lagi, PT. KAI jalanin Kereta Api Argo Parahyangan Premium rute Bandung-Jakarta Gambir PP, pake rangkaian K3 2017 Premium.

Kali ini berangkatnya dipindah jadi dari Stasiun Gambir dan (kelihatannya) mulai dioperasikan secara reguler, nggak lagi fakultatif kaya sebelumnya. Karena itulah cibiran dan sindiran mulai muncul, nggak jauh-jauh dari “kereta api argo kok ekonomi?” Ya memang ekonomi, tapi beda ya, ini ekonomi Premium nggak bisa disamain sama yang biasa.

Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Argo Parahyangan Premium

Kereta Api Argo Parahyangan Premium punya 4 perjalanan, masing-masing 2 dari Bandung dan 2 lagi dari Jakarta Gambir, setiap hari Selasa sampe Minggu. Kecuali di hari senin cuma 2 trip, rinciannya 1 dari Bandung dan 1 dari Jakarta Gambir.

Dalam perjalanannya, Kereta Api Argo Parahyangan Premium berhenti di Stasiun Cimahi, Stasiun Purwakarta, Stasiun Bekasi dan Stasiun Jatinegara. Berikut jadwal perjalanan selengkapnya:

A. KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM 7057

Stasiun
Datang
Berangkat
Bandung (BD)
04.15
Cimahi (CMI)
04.24
04.26
Jatinegara (JNG)
07.08
07.13
Gambir (GMR)
07.30

B. KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM 7059

Stasiun
Datang
Berangkat
Bandung (BD)
14.05
Cimahi (CMI)
14.15
14.17
Purwakarta (PWK)
15.46
15.54
Bekasi (BKS)
16.55
16.57
Jatinegara (JNG)
17.13
17.18
Gambir (GMR)
17.30

C. KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM 7058

Stasiun
Datang
Berangkat
Gambir (GMR)
07.50
Bekasi (BKS)
08.20
08.22
Purwakarta (PWK)
09.25
09.30
Cimahi (CMI)
10.56
10.57
Bandung (BD)
11.07

D. KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM 7060

Stasiun
Datang
Berangkat
Gambir (GMR)
18.00
Bekasi (BKS)
18.31
18.33
Purwakarta (PWK)
19.34
19.37
Cimahi (CMI)
21.00
21.03
Bandung (BD)
21.14

Harga tiket Kereta Api Argo Parahyangan Premium Rp 90.000,00. Kalo dilihat hampir sama kaya waktu kelas bisnis masih ada. Ini artinya gerbong K3 2017 Premium memang disiapin buat gantiin gerbong bisnis yang mulai pada uzur dimakan usia.

Pemesanan tiket kereta api Argo Parahyangan Premium mulai H-90 via channel external PT. KAI salah satunya di sini >> BOOK NOW << jadi meskipun jarak dekat kamu udah bisa booking jauh-jauh hari karena sekarang peminat kereta api Bandung-Jakarta itu tinggi banget. Makin mepet siap-siap aja gigit jari.

Tersedia juga harga khusus atau tarif parsial di rute Bekasi-Gambir Rp 25.000,00 tapi untuk yang ini kamu cuma bisa booking langsung di stasiun.

Tanpa Gerbong Difabel

Akhir-akhir ini Kereta Api Argo Parahyangan Premium sering jalan tanpa narik gerbong difabel yang kapasitas 64 penumpang. Jadi semua gerbong sama kapasitas 80 penumpang. Kenapa nggak narik lagi gerbong difabel kapasitas 64 penumpang? Boleh jadi karena jarak Bandung-Jakarta terlalu dekat, jadi dianggap nggak perlu-perlu banget. Ditambah lagi gerbong difabel cuma punya satu toilet, beda sama reguler ada 2 toilet.

Boleh jadi juga rak bagasi yang ada di gerbong difabel nggak sepenuhnya bisa kepake, atau juga karena alasan mau nge-push pendapatan dari Kereta Api Bandung-Jakarta yang sekarang lagi kebanjiran peminat akibat Tol Cikampek yang sering macet. Cukup disayangkan memang, padahal seat yang paling ujung di gerbong ini bisa diset lho, disesuaikan sama arah kereta, dan kaya kelas bisnis.

Advertisements

Leave a Reply