Posted on

Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif Tetap Laris

Biarpun masih banyak kekurangan, Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif tetap laris dan diminati. Tiketnya malah lebih sering habis duluan daripada kelas ekonomi yang gerbongnya lebih baru.

Kereta Api kembali jadi primadona di jalur Priangan Barat terutama setelah jalan Tol Cikampek dan Cipularang sering macet. Kemacetan itu efeknya jelas bikin lama waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya, yang normalnya 3 jam gara-gara macet bisa sampe 5 jam.

Macet di Tol Cikampek karena imbas ada proyek flyover (elevated toll road). LRT dan Kereta Cepat Jakarta Bandung. Sementara di Tol Cipularang kemacetan biasanya karena frekuensi kendaraan tinggi. Orang dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya memang masih didominasi kendaraan pribadi.

Bagi sebagian orang macet jelas bikin bete. Waktu banyak terbuang percuma. Makanya itu banyak yang kembali melirik kereta api sebagai moda transportasi andalan Jakarta-Bandung PP. Buktinya sekarang tiket kereta api Argo Parahyangan sering ludes terjual.

Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif

Kereta Api Argo Parahyangan punya banyak pilihan kelas, mulai dari eksekutif, bisnis, ekonomi premium dan ekonomi plus. Meski demikian, kelas eksekutif masih jadi favorit dibanding kelas yang lain. Padahal tarifnya Rp 125.000,00. Sementara kelas bisnis Rp 95.000,00, Premium Rp 90.000,00, Ekonomi Plus K3 2016 Rp 80.000,00 dan 106 seat Rp 70.000,00.

Padahal kalo diperhatiin, gerbong Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif itu nggak bagus-bagus amat. Malah ada kecenderungan kurang nyaman, misalnya kursi yang serikng goyang, meja nggak ada atau rusak, AC yang kadang suka nggak dingin, jendela buram sampe pintu geser yang udah nggak otomatis lagi (diganti manual).

Boleh jadi kekurangan-kekurangan itu masih ditolelir sama penumpang, toh jarak Jakarta Bandung kan dekat cuma 3 jam 10 menit. Bukan yang jauh kaya ke Jogja 8 jam apalagi Malang sampe diatas 10 jam. Penumpang masing-masing punya cara sendiri paling nggak sekedar bikin dirinya nyaman ditengah kekurangan yang ada itu.

Sebenarnya ada sih gerbong eksekutif yang paling bagus di rangkaian Kereta Api Argo Parahyangan, yakni di Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan 10122 yang pake rangkaian K1 2016 idle Sembrani. Paling nggak untuk saat ini rangkaian itulah yang terbaik di Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif, walaupun bukan rangkaian asli.

Selain itu juga ada Kereta Api Argo Parahyangan 33 dan 34 yang pake idle Turangga, dan KA 31/32 pake idle Harina. KA 33/34 semuanya eksekutif karena aslinya merupakan rangkaian Kereta Api Turangga rute Bandung-Surabaya Gubeng yang dinas malam. Meski awalnya dikenal bulukan, tapi belakangan udah lebih baik dari sebelumnya.

Adapun KA 31/32 rangkaiannya campuran manfaatin idle Kereta Api Harina yang malamnya dinas di rute Bandung-Semarang-Surabaya Pasar Turi. Disini ada layanan kelas eksekutif. Nggak jelek-jelek amat sih, tapi biasanya kamu bakal temuin gerbong yang udah uzur buatan 1980-an, bahkan 1960-an, yang udah diretrofit atau diremajakan.

Tarif Rp 120.000 – Rp 125.000,00

Mau pake rangkaian manapun, mau yang asli atau manfaatin idle kereta api lainnya, tiket Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif tarifnya tetap sama, Rp 120.000,00 di weekdays dan Rp 125.000,00 khusus weekend. Nah, kalo kamu mau booking Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan 10122, itu adanya di weekend (Sabtu-Minggu) tiketnya Rp 125.000,00.

Untuk lebih detilnya, kamu bisa cek langsung jadwal perjalanan kereta api Argo Parahyangan Eksekutif berikut tarifnya disini, sekalian booking juga bisa, InSyaaAlloh semuanya Online termasuk transaksi pembayarannya >>> CEK JADWAL, TARIF DAN BOOKING TIKET

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *