Kereta 1000 Ketemu di Stasiun Karangsari (KRAI)

Kereta 1000 Ketemu di Stasiun Karangsari (KRAI)

Kereta 1000, KA Galunggung dan KA Pangandaran, ketemu di Stasiun Karangsari (KRAI) Kabupaten Garut. Sayang kedua kereta kini mulai pake tarif normal. Meski di sisi lain bisa dibooking Online

Stasiun Karangsari (KRAI) di Kabupaten Garut memang cuma stasiun kecil atau kelas 3. Di sini cuma melayani pemberangkatan KA Lokal seperti KA Elok Cibatu (Cibatu-Purwakarta PP), KA Lokal Bandung Raya 379 (Cibatu-Padalarang) dan 350A (Padalarang-Cibatu).

Meski begitu, stasiun yang dulunya bernama Gandamirah ini punya suguhan pemandangan bagus. Hamparan sawah dengan latar pegunungan Kabupaten Garut dan berada di ketinggian 651 Mdpl. Karena cuma melayani Lokalan, di sini nggak ada fasilitas check in dan boarding pass.

Biasanya kereta api jarak jauh yang berhenti di sini untuk persilangan. Karena semua jalur kereta api di Priangan Timur single track. Termasuk di petak lurus antara Leles (LL) sampe Cibatu (CB). Banyaknya jalur ekstreme jadi kendala untuk pengembangan double track di sini.

Kereta 1000 Ketemuan

Karangsari, 17 Juni 2019, kembali dari dinas survey Stasiun Cibatu (CB) untuk kegiatan komunitas Lodaya Bandung naik KA Galunggung ke Stasiun Kiaracondong (KAC). Kereta yang mulai dinas 26 Desember 2018 ini berhenti lumayan lama di Stasiun Karangsari (KRAI).

Perkiraan awal ada penumpang naik dan turun. Ternyata aktivitas tersebut nggak nampak sama sekali. Boleh jadi karena itu tadi, stasiun nggak punya fasilitas check-in dan boarding pass. Secara KA Galunggung sendiri sejatinya bukanlah Lokalan. Tapi mirip-mirip Pangrango di Daop 1.

Kereta 1000 Ketemu di Stasiun Karangsari (KRAI)

Nggak ada penumpang naik turun tapi kereta berhentinya lumayan lama. Ternyata announcer stasiun menyebut tunggu disilang KA Pangandaran 12410 dari Gambir (GMR) ke Banjar (BJR). Youwes, karena lama, lebih baik foto-foto aja dulu. Secara pemandangannya menyejukkan mata.

Lama menunggu, KA Pangandaran pun melintas langsung lumayan ngebut. Dua kereta 1000 inipun ketemu. Kecepatan KA Pangandaran antara 70-90 km/jam. Karena itu tadi, petak antara Leles dan Cibatu cenderung lurus. Kalopun agak menurun nggak terlalu ekstrem.

PPKA Karangsari akhirnya izinkan KA Galunggung berangkat. Perjalanan berlanjut menelusuri Lembah Mandalawangi Garut. Kereta mulai melewati jalur tanjakan sampe ke Stasiun Nagreg (NG). Sebelum sampe ke tujuan akhir Stasiun Kiaracondong (KAC).

Mulai Berlaku Tarif Normal dan Booking Online

Sayang baik KA Galunggung maupun KA Pangandaran tarifnya udah nggak lagi 1000. Masa-masa kereta 1000 pun harus berakhir di 30 Juni 2019. Karena mulai 1 Juli 2019 berlaku tarif normal.

Harga Tiket KA Galunggung Rp 35.000,00 (ekonomi standard). Tiket KA Pangandaran eksekutif Rp 100.000,00 dan Premium Rp 50.000,00. Meski tarifnya udah normal kita nggak perlu lagi capek-capek antri di stasiun untuk naik kedua kereta.

Tiket kedua kereta bisa dibooking online via KAI Access dan Channel External lainnya mulai H-30.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.