Advertisements

Gathering and Education atau Lodaya Bandung Gathering and Education adalah kegiatan standard di komunitas. Secara umum kaya hunting bareng ambil spot tertentu. Tapi di sini nggak sekedar hunting aja. Kita juga ada edukasinya.

Hunting atau berburu kereta api seperti udah jadi kegiatan standard para Railfans dari komunitas manapun. Tak terkecuali di Komunitas Lodaya Bandung. Berburu di sini dalam arti mengambil foto atau video lalu diupload dan di share di media sosial.

Hunting biasanya ambil spot tertentu yang dinilai bagus. Walaupun nggak selalu begitu. Terutama yang tinggal nggak jauh dari rel kereta api bisa aja hunting di spot terdekat. Dapet dah sejumlah momen. Baik kereta reguler maupun KLB (Kereta Luar Biasa).


Lodaya Bandung Gathering and Education

Pengambilan spot tadi umumnya di JPL atau Pintu perlintasan Kereta Api. Disinilah spot yang dinilai paling aman dan nyaman. Selama nggak gangguin petugas JPL terntunya. Misalnya halangi Semboyan 1 dan 21.

Paling keren tentu di spot alam seperti pegunungan. Salah satu yang pernah jadi favorit dan sejuta umat tentu saja Tiber Padalarang. Namun sejak ada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, spot ini tak lagi bagus dan dianggap unsafety. Bising proyek buat suara kereta jadi nggak terdengar.

Maka dari itu untuk Tiber dengan backgrund alam pegunungan sekarang lebih enak di Cicalengka. Walaupun nggak sebagus Padalarang, disini jauh lebih aman dan kereta jarak jauhnya juga lebih lengkap. Nggak cuma Argo Parahyangan, Serayu dan Pangandaran tok.

Oke itu sekilas tentang Hunting. Kegiatan umum dan sangat biasa di kalangan railfans. Terlebih saat ini handphone udah dilengkapi kamera. Bahkan yang paling murah sekalipun. Udah bisa bikin foto, video, bahkan cinematic.

Gathering and Education, Bukan Sekedar Hunting

Untuk Komunitas Lodaya Bandung, kegiatan Hunting Bareng dikemas dalam bentuk Lodaya Bandung Gathering and Education. Jadi disini kita bukan sekedar hunting bareng doang. Ambil foto dan video, bikin cinematic, terus upload ke media sosial.

Disini kita juga adakan semacam edukasi buat internal anggota dan masyarakat sekitar. Sekali waktu kita adain di JPL atau perlintasan. Kita sekalian mengedukasi masyarakat agar sadar atas keselamatan diri. Jangan sekali-kali menerobos palang pintu perlintasan.

Begitu juga di sekitaran stasiun, contoh di Stasiun Cimekar (CMK) tanggal 23 Juni 2019 kemarin. Hunting bareng, kumpul, tapi juga ada edukasi buat para penumpang KA Lokal Bandung Raya supaya bisa tertib ketika hendak naik ke atas kereta.

Kebanyakan penumpang lokalan memang masih kurang tertib. Nggak bisa mendahulukan penumpang yang turun dan pengennya buru-buru naik ke atas kereta. Bahkan ketika kereta belum berhenti sempurna.

Termasuk juga disini ialah Station Calling. Sebenarnya kegiatan ini sama aja Sosialisasi di Gadobangkong (GK) di semester 1 kemarin. Cuma masih banyak kekurangan. Jadi disempurnakan dalam bentuk Station Calling. Disini agak sedikit serius.

Karena misi kegiatan Station Calling untuk membantu kelancaran penumpang dan perjalanan KA, yang hunting dibatasi. Pasalnya sebagian ditugaskan untuk jadi Oshiya atau tenaga bantuan untuk naik turun penumpang.

Advertisements
%d bloggers like this: