Kegiatan

Kegiatan yang diadakan Railfans Lodaya Bandung meliputi Lodaya Bandung Gathering and Education, Lodaya Bandung Traveling and Adventure, dan Lodaya Bandung Railway Heritage.

Mulai akhir tahun 2018 Lodaya Bandung bukan lagi sekedar blog pribadi. Lebih dari itu udah merupakan sebuah komunitas Railfans di Daop 2 Bandung. Nah sebagai komunitas pasti dong harus ada kegiatan. Meskipun nggak terlalu diwajibkan.

Kenapa kegiatan di sini nggak terlalu diwajibkan? Railfans Lodaya Bandung sangat memperhatikan pendidikan dan karir anggotanya. Bila ada anggota yang ingin mengejar prestasi non-akademik pun akan didukung penuh. Tentunya berbeda dari kebanyakan grup Railfans.

Adanya momen KLB lewat pun kita nggak begitu antusias. Apalagi bila jalannya di hari kerja atau sekolah. Kembali lagi karir dan pendidikan sangat diperhatikan.

Jenis Kegiatan

Apa aja kegiatan yang diselenggarakan Railfans Lodaya Bandung? Berikut rinciannya:


A. LODAYA BANDUNG GATHERING AND EDUCATION
Kegiatan yang paling umum dan lazim. Gathering salah satunya ialah hunting bareng. Ambil spot di JPL, Sekitaran Stasiun, atau di spot pengunungan. Nah cuma untuk Lodaya Bandung Gathering and Education di sini bukan sekedar hunting doang.

Disini kita ada edukasi juga. Baik untuk anggota kita sendiri ataupun masyarakat sekitar. Salah satu bentuk edukasi yang udah pernah berjalan pada saat acara perdana di Stasiun Cimekar (CMK) tanggal 23 Juni 2019 lalu. Dimana kita bukan sekedar kumpul dan hunting bareng.

Kita juga bantu adain sedikit edukasi terutama buat para penumpang KA Lokal Bandung Raya. Masih banyak dari mereka yang belum sadar akan keselamatan. Masuk masih terpusat di satu pintu. Padahal masih banyak pintu lainnya yang bisa dimasuki.


lodaya bandung traveling, ngetrip bareng

B. LODAYA BANDUNG TRAVELING AND ADVENTURE
Ngertrip yuk? Buat kamu yang hobby ngetrip atau traveling bisa ikutan Lodaya Bandung Traveling. Kegiatan ini jadi ciri khasnya Lodaya Bandung. Malah bisa dibilang Lodaya Bandung adalah komunitas railfans yang lebih banyak ngetrip daripada hunting. Sampe ada yang nyebut anti hunting.

Padahal mah nggak demikian. Memang iya trip jadi acara paling menonjol di sini. Meski untuk sekarang lebih banyak ngetrip yang dekat-dekat dulu. Naik Kereta Api Lokal Bandung Raya atau Kereta Api Elok Cibatu.

Mulai 1 Juli 2019 kegiatan Adventure dimasukin ke sini. Karena setelah dievaluasi yang namanya Adventure itu nggak jauh beda sama Traveling. Jadi buat apa dibikin sendiri. Lebih bagus dijadiin satu aja.



C. LODAYA BANDUNG RAILWAY HERITAGE
Menelusuri jejak sejarah perkeretaapian Indonesia lewat kegiatan Lodaya Bandung Railway Heritage. Di antaranya menelusuri bekas jalur rel mati baik yang ada di Wilayah Daop 2 Bandung maupun di luar Daop 2 Bandung. Setelah Indonesia merdeka, jumlah jalur kereta api berkurang. Pengurangan itu mencapai puncaknya di era 1980-an dengan ditutupnya sejumlah lintas cabang seperti Banjar-Cijulang dan Cibatu-Garut-Cikajang.

Jalur-jalur yang ditutup itu memang mau direaktivasi lagi untuk meningkatkan perekonomian. Tapi nggak semua jalur bisa direaktivasi karena sejumlah faktor. Diantaranya bekas jalur Trem Batavia yang sekarang jadi jalur Transjakarta.

Advertisements