Advertisements

Kegiatan Sosialisasi 1 Lodaya Bandung 20 April 2019

Kegiatan Sosialisasi 1 diadakan Railfans Lodaya Bandung tanggal 20 April 2019 di Stasiun Gadobangkong (GK). Meski bukan pertama kali tapi disini mulai ada pengamanan sekitar stasiun. Satu sorotan utama ialah adanya pejalan kaki hampir tertemper KA Argo Parahyangan 23.

Seminggu sebelumnya, 13 April 2019, Railfans Lodaya Bandung sudah pernah menyelenggarakan kegiatan di tempat yang sama. Namun kegiatan tersebut belum bisa dikatakan sebagai kegiatans sosialisasi. Melainkan masih sebatas gathering biasa.

Meski demikian, kegiatan Gathering Railfans Lodaya Bandung di (Halte) stasiun Gadobangkong 13 April 2019 mulai ada unsur sosialisasinya. Terutama mulai membantu petugas Stasiun. Demikian pula mengingatkan penumpang bila ada kereta yang hendak melintas langsung.

Banyaknya warga yang jalan di rel jadi sorotan. Apalagi KAJJ seperti KA Argo Parahyangan dan KA Serayu melintas dengan Taspat 90 km/jam begitu melewati Stasiun Gadobangkong (GK).

kegiatan sosialisasi 1 mulai amankan stasiun

Kegiatan Sosialisasi 1 Mulai Amankan Stasiun

Sejumlah catatan di Gathering 13 April 2019 jadi pegangan untuk Kegiatan Sosialisasi di tanggal 20 April 2019. Disini Railfans Lodaya Bandung mulai melaksanakan kegiatan tersebut yang bukan hanya sekedar gathering atau hunting biasa. Tapi sekaligus membantu pengamanan stasiun dan perka.

Acara dimulai sekitar jam 11.00 WIB tak lama setelah rombongan kedua turun dari KA 361 di Stasiun Gadobangkong. Peserta yang terdiri dari 14 orang pun dibagi-bagi. Ada yang tugas di bagian check in counter, sensus kereta yang masuk maupun melintas, dan di dalam stasiun.

Peserta sudah siap untuk kegiatan sosialisasi 1 di Stasiun Gadobangkong (GK)
Peserta sudah siap untuk kegiatan sosialisasi 1 di Stasiun Gadobangkong (GK)

Tugas paling berat tentu dialami mereka yang ditempatkan di bagian dalam stasiun. Disinilah aktivitas naik turun penumpang berlangsung. Stasiun ini memang cuma melayani perjalanan KA Lokal Bandung Raya. Namun membutuhkan kewaspadaan tinggi.

Pasalnya rangkaian KAJJ (Kereta Api Jarak Jauh) maupun KA Lokal Cibatuan yang berjalan langsung biasanya ngebut. Di sini Taspat nya 90 km/jam. Jelas sangat berbahaya kalau tidak hat-hati.

apel persiapan kegiatan
Apel persiapan kegiatan

Nyaris Tertemper KA Argo Parahyangan 23

Kegiatan sosialisasi pertama Railfans Lodaya Bandung nyaris diwarnai insiden. Ketika KA Argo Parahyangan 23 hendak melintas langsung, ada ibu-ibu yang menyeberang rel. Peserta maupun petugas stasiun berusaha menghentikan dengan teriak, namun sayang tak didengar.

KA Argo Parahyangan 23 tinggal berjarak kurang dari 2 km lagi. Tapi si emak tetap saja melenggang coba melewati rel yang akan dilintas KA 23. Akhirnya satu orang berusaha mengingatkan si emak untuk jangan dulu menyeberang demi keselamatan. Namun tetap tak digubris.

Alhamdulillah emak-emak tadi berjalan cepat melewati rel. KA 23 pun berhasil melintas Stasiun Gadobangkong (GK) dengan lancar tanpa adanya hambatan. Meski selamat ini tetap saja jadi catatan.

Entah kenapa si emak nggak mendengar teriakan peserta maupun petugas stasiun? Benarkah ada setan budeg di sekitar Stasiun?

kegiatan sosialisasi nyaris diwarnai insiden tertemper KA 23
Kegiatan Solialisasi nyaris diwarnai kejadian tertemper KA 23

Laporan Kegiatan Sosialisasi 1 Lodaya Bandung di (Halte) Stasiun Gadobangkong

Kejadian emak-emak nyaris tertemper KA 23 memang jadi perhatian khusus. Tapi juga ada catatan lain di kegiatan sosialisasi tanggal 20 April 2019. Berikut rinciannya:

Laporan Kegiatan Hari Sabtu, 20 April 2019
Gathering dan Sosialisasi Gadobangkong


– Tempat = (Halte) Stasiun Gadobangkong (GK)
– Jumlah Personil = 14 Orang
– Waktu = 09.00 s.d. 14.00 WIB
– PKD Jaga = Pak Iwan

Pelanggaran:
1. Menyeberang di saat KA sudah dekat
2. Penumpukan penumpang Sehingga terdorong melebihi batas aman saat ada KA.
3. Kurangnya pengawasan sebelah barat dan timur
4. Banyaknya anak-anak bermain di rel

Catatan:
Tetap waspada dan patuhi Peraturan sekitar stasiun.


Membantu petugas berangkatkan KA Lokal Bandung Raya
Membantu petugas berangkatkan KA Lokal Bandung Raya

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: