KAIS Wijayakusuma

KAIS Wijayakusuma sejatinya punya fungsi vooridjer untuk pengawal Presiden atau Pejabat Pemerintahan. Cuma belakangan tugas itu diambil alih Rail One. Kereta Inspeksi yang mulai dinas 10 Juli 1982 ini lebih sering buat inspeksi pejabat PT.KAI atau Dirjen KA Kementerian Perhubungan. Interiornya sekarang udah dimodifikasi.

Nampaknya masih bahas seputar KLB (Kereta Luar Biasa) nih, yang jadi buruan para Railfans. Malah nggak jarang pula demi kereta kaya gini sampe rela sedikit mengorbankan masa depan sendiri. Misalnya bolos sekolah. Padahal mah masa depan itu harus lebih diutamakan. Apalagi nggak jarang yang punya cita-cita masinis.

Nah bayangin aja apa jadinya kalo nanti kamu yang bawa itu KLB? Sementara dulu bolos hanya demi KLB itu. Hobby ambil foto atau video kereta api memang nggak salah. Tapi jangan mengkhususkan momen tertentu seperti keberadaan KLB. Karena KLB itu hanyalah bonus. Nggak ada bedanya kok sama kereta lainnya. Sama-sama kereta.

Kemarin kita udah sempat bahas tentang KAIS Rail One dan KAIS Rail Two. Kereta Inspeksi yang tentunya sering dinas sebagai KLB dan jadi buruan. Ternyata masih ada lagi lho KAIS lainnya bahkan lebih dulu ada daripada keduanya, yakni KAIS WIjayakusuma. Bahkan sebelum rame-rame KAIS Rail One, KAIS Rail Two dan lainnya. Kereta ini udah duluan dinas.

KAIS Wijayakusuma Sejatinya Kereta Vooridjer

KAIS Wijayakusuma mulai dinas 10 Juli 1982. Kereta ini merupakan modifikasi dari KRD Bogor-Sukabumi. Di sini agak sedikit menarik. Kebanyakan KRD terutama jenis KRD MCW 302 mulai dinas di Indonesia tahun 1980-an untuk angkutan penumpang. Sementara di periode yang sama udah ada satu armada didinasin sebagai Kereta Inspeksi.

Pertanyaan berikutnya, apakah KRD yang dipake KAIS Wijayakusuma ini jenis KRD Shinko MCW 302? Kalo bener iya berarti cuma kebagian dinas angkutan penumpang kurang dari 2 tahun. Mengingat tahun 1982 KRD MCW 302 masih dalam kondisi baru. Didatangkan completely built-up unit (CBU) dari Nippon Sharyo Jepang.

KAIS Wijayakusuma
KAIS Wijayakusuma Melintas Stasiun Andir (AND). Foto: Muhammad Fajar

Dilihat dari kondisi fisiknya sih memang mirip sama KRD Shinko/MCW 302. Ciri khasnya punya 6 pintu. Masing-masing 3 pintu kanan dan kiri. Kereta ini sebelumnya memang buat angkut penumpang di rute Bogor-Sukabumi. Boleh jadi masa dinas sebagai angkutan penumpang cuma sebentar. Abis itu dibawa ke PT.INKA Madiun buat dimodif jadi kereta inspeksi.

KAIS Wijayakusuma sejatinya merupakan kereta vooridjer buat pengawal Presiden atau Pejabat Pemerintahan. Cuma kehadiran Rail One membuat peran kereta ini mulai tergantikan. Hingga akhirnya jadi cuma buat inspeksi pejabat KAI atau Dirjen KA Kementerian Perhubungan.

Spesifikasi Teknis

Seperti udah disebut di atas, kereta ini mulai dinas 10 Juli 1982. Karena itu punya nomor kereta KD1 – 82201 (penomoran lama) atau S1 3 82 01 THB untuk penomoran yang baru. KAIS Wijayakusuma sekarang ada di Dipo Tanah Abang (THB). Bagian interior kereta ini udah dimodifikasi Balai Yasa Manggarai. Dilengkapi AC, Lounge, Meeting Room, Genset, Mini Bar dan Pantry.

Berikut adalah Spesifikasi Teknis KAIS Wijayakusuma:


A, DATA TEKNIS

  • Lebar Spoor = 1.067 mm
  • Panjang Body = 20.000 mm
  • Jarak antar alat perangkai = 20.700 mm
  • Lebar Body = 2.990 mm
  • Tinggi Maksimum = 3.755 mm
  • Jarak Gandar = 2.200 mm
  • Jarak Antar Pivot = 14.000 mm
  • Diameter Roda Penggerak = 774 mm
  • Diameter Roda Idle = 774 mm
  • Tinggi Alat Perangkai = 775 mm

B. BERAT

  • Berat Kosong = 39.700 kg (39,7 Ton)
  • Berat Siap (Isi) = 47.000 kg (47 Ton)
  • Berat Adhesi = 22.500 kg (22,5 Ton)

C. MOTOR DIESEL

  • Tipe = Shinko DMH 17 H
  • Jenis = 4 langkah
  • Daya Mesin = 200 HP
  • Daya ke Generator / Converter = 180 HP

D. MOTOR TRAKSI / CONVERTER

  • Jumlah = 1
  • Tipe = Shinko TCR 2,5

E. PERFORMANCE

  • Kecepatan Maksimum = 90 KM/Jam
  • Jari-jari lengkung = 80 m

F. LAINNYA

  • Sistem Rem = Rem udara tekan, rem parkir.

Kontributor Foto:

Muhammad Fajar (@railfans_hunting)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.