Advertisements
Home > Blog > Kereta Api Indonesia > KAIS Rail Two, Salah Satu Buruan Favorit Railfans

KAIS Rail Two, Salah Satu Buruan Favorit Railfans

Di kalangan Railfans kereta inspeksi jadi primadona tersendiri. Kehadirannya selalu ditunggu bahkan sampai ada semacam pemberitahuan di grup WA yang kadang benar kadang nggak. Salah satunya ialah KAIS Rail Two.

Nggak sedikit dari Railfans terutama yang masih berstatus pelajar sampai rela membolos hanya demi KAIS Rail Two dan sejenisnya. Ya, kereta inspeksi kaya gini memang jarang banget lewat. Jadwalnya nggak reguler. Kereta inspeksi biasa lewat kalo misalnya menjelang Lebaran dan Nataru. Biasanya untuk pengecekan jalur.

Begitu pula bila ada VIP mau lewat misalnya Presiden maka lewatlah kereta inspeksi seperti KAIS Rail Two. Gimana caranya kita tau KLB kaya ini bakal melintas di jalur tertentu dan melewati spot favorit kita?

kais rail two di andir

Pada umumnya Railfans itu punya WhatsApp Group. Ada salah satu anggota yang ngasih semacam telex katanya sih dari KAI disebut bahwa besok atau kapan gitu KAIS Rail Two akan lewat, dikasih tau rutenya misal Gambir-Bandung. Jadi siap-siaplah untuk nyegat di jalur yang bakal dilewatinya. Keberadaan KAIS Rail Two maupun KAIS lainnya di gallery dianggap bisa memberi nilai lebih.

Namun sayang ada kalanya Telex itu salah. Seperti pernah satu hari disebut mau ada jurusan Bandung. Sudah panas-panasan cegat di Jembatan Paskal nggak taunya malah nggak lewat. Selidik punya selidik, kabar bakal lewat ternyata HOAX. Nggak ada yang melintas di hari Minggu tersebut.

KAIS Rail Two Termasuk Kereta Jepang

Adakah yang istimewa dari KAIS Rail Two? Apakah kereta ini buatan dalam negeri? Ternyata nggak. Sejatinya ini bukanlah kereta baru. Melainkan rehab dari KRD MCW 302 buatan Nippon Sharyo Jepang. Jadi termasuk dalam keluarga kereta Jepang di Indonesia. Tapi kenapa ya? Kereta lama, bukan buatan dalam negeri, tapi diburu Railfans?

kais rail two di cimekar

Bahkan kalo lewat di hari kerja sampe ada yang bolos sekolah. Jujur tindakan kaya gini sangat disayangkan. Katanya cita-cita mau jadi masinis. Tapi malah bolos sekolah cuma buat cegat KLB termasuk kereta inspeksi.

Memang sih yang namanya kereta inspeksi itu jarang-jarang lewat. Tapi masa iya sampai mempertaruhkan masa depan hanya untuk mendapatkannya? Lagi pula nggak ada yang terlalu istimwea di sini. Secara modifikasi dari kereta lama buatan Jepang.

Karena itulah kalo mau hunting atau nyetok jangan khususkan ini. Momen dapat KLB itu cuma bonus aja. Kalo lagi rezekinya ya dapat. Nggak dapat juga jangan terlalu kecewa. Untuk dapetin memang ibarat berburu undian berhadiah.


Kontributor Foto

Haidir Huud S (@haidirhuuds)

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: