Advertisements
Home > Blog > Kereta Api Indonesia > KAIS Rail One, Kereta Pengawal Presiden dan Pejabat Pemerintahan

KAIS Rail One, Kereta Pengawal Presiden dan Pejabat Pemerintahan

KAIS Rail One, salah satu jenis kereta inspeksi yang digunakan sebagai pengawal presiden dan pejabat pemerintahan. Dinas kereta ini tentu KLB dan kerap dinantikan oleh para Railfans.

Dari segi usia dan masa dinas, KAIS Rail One jelas lebih dulu dibanding KAIS Rail Two. Sekarang kereta ini masih menghuni Dipo Induk Bandung (BD). Tersiar kabar kereta ini akan dimutasi ke Pulau Sumatera. Makanya jangan heran kalo kehadirannya paling ditunggu oleh para Railfans.

Modifikasi KRD MCW 302

Ada kesamaan sama KAIS Rail Two. Keduanya sama-sama berasal dari kereta penumpang. Tepatnya jenis KRD MCW 302 yang biasa dinas lokalan. Pernah juga dinas jarak jauh sekitar tahun 1980-an di rute Jakarta-Sukabumi-Cianjur. Di zaman PJKA.

Sayang belakangan armada KRD MCW 302 untuk angkutan penumpang semakin susah ditemui. Kebanyakan udah dimodifkiasi jadi kereta penolong dan kereta inspeksi. Dinasnya juga nggak setiap hari. Cuma di saat-saat tertentu aja. Kehadirannya sangat dinanti. Kalo aja ada yang hunting terus pas lagi lewat pastinya kaya dapat bonus milyaran.

Biasanya kereta inspeksi ini dinas untuk pengawalan presiden dan pejabat pemerintahan. Setiap kali ada pejabat mau kunjungan ke daerah naik kereta api, kereta ini pasti keluar kandang. Tujuannya untuk sterilisasi area sekitaran stasiun. Pernah juga sekali dipake inspeksi untuk angkutan Nataru di 2017. Waktu itu gandengan sama KAIS Wijayakusuma.

KAIS Rail One Kereta Pengawal Presiden dan Pejabat Pemerintahan
KAIS Rail One dekat Stasiun Ciroyom (CIR) – Foto: Dikri Nazaripaldi

KAIS Rail One Hanya Bonus

Balik lagi ke KAIS Rail One yang hanya dinas di saat-saat tertentu. Berjalan sebagai Kereta Luar Biasa (KLB). Buat Sobat Railfans yang mau hunting agar jangan jadikan kereta ini sebagai buruan utama. Meski di satu sisi bisa mengangkat gengsi tapi apalah gunanya kalo sampai mengorbankan kewajiban kita yang utama.

Nggak sedikit lho yang sampe bolos sekolah hanya demi dapatin KLB di Gallery-nya. Entah di foto atau Video. Padahal sering kali bikin tagline “Cita Cita Masinis”. Masa iya pengen jadi masinis kok berani bolos hanya demi KLB?

Jangan deh ya. Nih, misalnya beneran kamu jadi masinis terus gimana jadinya kalo kamu ditugaskan bawa KLB semacam KAIS Rail One? Sementara dulu kamu sampe bolos sekolah hanya sekedar untuk mengisi gallery saja. KLB kaya gini sejatinya hanyalah bonus.

KAIS Rail One Kereta Pengawal Presiden dan Pejabat Pemerintahan 2
KAIS Rail One Melintas JPL Stasiun Andir (AND) – Foto: Dikri Nazaripaldi

Kontributor Foto

Dikri Nazaripaldi (@dikrinzrpld0890)

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: