Advertisements
Home > Blog > Kereta Api Indonesia > KA Joglosemarkerto sebagai Kereta Api Jogja Semarang

KA Joglosemarkerto sebagai Kereta Api Jogja Semarang

KA Joglosemarkerto menjawab kebutuhan akan kereta api Jogja Semarang. Terakhir dua kota tujuan wisata tersebut dilayani KRD Banyubiru yang pensiun dini 25 Juli 2013. Setelahnya nggak ada lagi dan bus/travel jadi satu-satunya andalan.

Kalopun mau naik Kereta Api dari Jogja ke Semarang ataupun sebalinya harus via Solo Balapan (SLO). Naik Kereta Api Kalijaga di rute Solo Balapan (SLO)-Semarang Poncol (SMC) PP. Masalahnya jadwal Kereta Api Kalijaga kurang bersahabat. Cuma tersedia satu kali pemberangkatan di pagi hari. Pasalnya menggunakan ilde KA Bengawan (Purwosari-Pasar Senen PP).

Duo Kereta Api Pandanwangi dan KRD Banyubiru

Sejatinya Kereta Api Jogja Semarang bukanlah barang baru. 16 Mei 2002 Kereta Api Pandanwangi mulai dinas melayani dua kota tujuan wisata utama di Jawa tersebut. Kereta Api Pandanwangi sedikit unik. Trainsetnya KRD MCW 302 tapi ditarik “si Mbah” BB 200. Padahal di tahun itu KRD MCW 302 masih bisa jalan sendiri.

Kasus ditariknya KRD MCW 302 nggak cuma terjadi di Kereta Api Pandanwangi. Kereta Api Kaligung jaman old yang bisnis juga pernah mengalami hal serupa. Armadanya KRD MCW 302 kelas bisnis ditarik si Mbah. Nah lokomotif si Mbah BB 200 tenaganya nggak segede CC 201 atau CC 203. Secara usianya sendiri udah sangat uzur.

Semula Kereta Api Pandanwangi bablas sampe Jogja. Tapi karena kalah saing sama KRD Prameks di koridor Solo-Jogja jadi aja dipotong cuma sampe Solo Balapan (SLO). Penumpang jurusan Jogja mau nggak mau harus lanjut KRD Prameks.

Kereta Api Pandanwangi sebenarnya nggak sendirian di rute ini. Masih ada KRD Banyubiru yang pake armada lebih gress. KRDI buatan PT. INKA hasil modifikasi KRL BN Holec.Namun sayang nasib KRD Banyubiru juga setali tiga uang sama Kereta Api Pandanwangi. Harga tiketnya sendiri Rp 24.000,00 dianggap kemahalan. Jadilah harus pensiun 25 Juli 2013.

Kereta Api Kalijaga

Kira-kira 7 bulan setelah KRD Banyubiru pensiun dini gara-gara okupasi minim. PT. KAI meluncurkan Kereta Api Kalijaga di rute Solo Balapan (SLO) – Semarang Tawang (SMT) PP. Manfaatin idle Kereta Api Bengawan yang baru dinas malam di rute Purwosari (PWS)-Pasar Senen (PSE).

Kereta Api Kalijaga berangkat jam 05.20 dari Stasiun Solo Balapan nyampe di Stasiun Semarang Poncol jam 08.15 WIB. Sementara dari Stasiun Semarang Poncol berangkat jam 09.00 WIB nyampe di Stasiun Solo Balapan jam 11.44 WIB. Waktu tempuhnya kurang dari 2 jam dengan harga tiket Rp 10.000,00.

Tapi sayang kamu yang dari Jogja kemungkinan susah buat nikmatin Kereta Api Kalijaga. KRD Prameks pertama yang berangkat dari Stasiun Tugu Jogja itu jam 05.30 nggak mungkin banget nguber Kereta Api Kalijaga. Mau nggak mau kamu harus nginap dulu di Solo.

Sekali lagi Kereta Api Kalijaga itu pinjam rangkaian Kereta Api Bengawan punya Dipo Kereta Api Solo Balapan. Jadi susah kalo mau diberangkatin dari Tugu atau Lempuyangan. Gitu juga sebaliknya nggak bisa dibablasin karena kepentok jadwal berangkat Kereta Api Bengawan jam 14.30 dari Stasiun Purwosari.

ka joglosemarkerto kereta api jogja semarang

KA Joglosemarkerto Menjawab Kebutuhan

KA Joglosemarkerto mulai dinas 1 Desember 2018. Pengembangan dari dua rangkaian kereta, Kamandaka (Purwokerto-Semarang Tawang) dan Joglokerto (Solo Balapan-Purwokerto). Belakangan Kereta Api Kamandaka kembali dinas (1 Februari 2019). Sepaket sama KA Joglosemarkerto.

KA Joglosemarkerto sering disebut Jateng Loop Line. Rutenya mengelilingi Jawa Tengah. Start dari Stasiun Solo Balapan (SLO) ke Tegal (TG) via Purwokerto (PWT). Dari Tegal balik lagi ke Solo via Stasiun Semarang Tawang (SMT). Nah yang dari Solo ke Tegal ada yang jalurnya via Kedungjati-Semarang Tawang. Dah itu dari Tegal ke Solo via Purwokerto.

Keberadaan kereta ini jelas sangat membantu masyarakat yang butuh transportasi berbasis rel dari Jogja ke Semarang dan sebaliknya. Ibaratnya impian yang jadi kenyataan. Meski harus booking dua kali supaya nggak harus mutar Jawa Tengah. Jadwalnya pun jauh lebih bersahabat. InSyaaAlloh untuk jadwal akan ada postingan sendiri.

Yang penting sekarang impian dan kebutuhan masyarakat Jogja dan Semarang udah terpenuhi. KA Joglosemarkerto hadir dalam rangka menjawab kebutuhan tersebut. Tanpa harus transit lebih dulu di Solo apalagi sampe nginap.

Kontributor Foto:

Yesaya David Liem (@yesayadavidliem)

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Tulisan ini merupakan pengembangan dari “Kereta Api Jogja Semarang” yang sempat lumayan lama jadi trending topic di sini.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: