Posted on Leave a comment

JR 201 Series di Osaka

Sekilas kereta ini mirip JR 103 yang pernah dinas KRL Commuter Line, namun sejatinya JR 201 Series yang mulai launching tahun 1979 oleh Japanese National Railway (JNR). Sekarang JR 201 Series banyak dinas di wilayah Osaka, dibawah West Japan Railway Company (JR West). 

Pertama kali melihat kereta JR 201 Series di Osaka Station dalam perjalanan menuju Universal Studios Japan di Osaka. Agak pangling sih karena kalo diliat lebih detil kok agak mirip sama JR 103 Series yang pernah dinas KRL Commuter Line Jabodetabek.

Sedikit info, JR 103 Series mulai datang ke Indonesia tahun 2004 sebanyak 16 kereta dimana satu set terdiri dari 4 kereta. Waktu itu JR 103 Series mulai didinasin sebagai KRL AC Semi Ekspres di jalur Depok-Bogor dan jalur Bekasi. Dalam perkembangannya JR 103 Series sempat dinas KRL Ekspres dan KRL Ekonomi AC.

Di era KRL Commuter Line, JR 103 Series dinas sebagai KRL Commuter Line bahkan dikenal sebagai kereta paling adem dibanding yang lain. Sayang karena kerusakan teknis dan kelangkaan suku cadang, JR 103 Series, mulai dinas di Jepang 1964, harus afkir di Stasiun Cikaum (CKM).

 

Beda JR 103 dan JR 201 Series

JR 201 Series mulai dinas tahun 1979 atau lebih muda 15 tahun dibanding JR 103. Kereta ini awalnya memang menggantikan peran JR 103 yang dinilai mulai uzur. JR 201 Series mulai diproduksi massal tahun 1981 dan jadi maskot Chuo Line (Chuo Line Rapid dan Chuo Sobu Line).

JR 201 series sendiri merupakan pengembangan dari JR 103. Sayangnya sistem chopper control-nya dinilai mahal buat diproduksi massal sehingga belum memenuhi standard Japanese National Railway (JNR).

Ketika terjadi privatisasi menjadi JR Group, JR 201 Series dinas dibawah East Japan Railway Company (JR East) sebagai pengelola Chuo Line Rapid dan Chuo Sobu Line. Keberadaannya diganti kereta terbaru jenis E233 dan E231. JR 201 series lantas dimutasi ke West Japan Railway Company (JR West).

Maka dari itu JR 201 Series banyak beroperasi di Osaka Metropolitan, termasuk di Osaka Circle Line dan jalur menuju Universal City Station, stasiun terdekat menuju Universal Studios Japan.

Spesifikasi Teknis JR 201 Series.

Berikut spesifikasi teknis kereta JR 201 Series yang sering ditemui di Osaka Metropolitan, dan langganan antar jemput penumpang dari Osaka Station ke Universal City Station

Masa Dinas: 1979 – 2011
Kecepatan Maksimum:  100km/h (Service), 110km/h (Design)
Akselerasi:

  • 2.3km/h/s (2M2T, 4M4T formations)
  • 2.5km/h/s (6M4T formation)
  • 2.8km/h/s (4M2T formation)

Deselerasi:

  • 3.5km/h/s (Regular)
  • 5.0km/h/s (Emergency)

Panjang: 19500mm
Lebar: 2800mm
Stamformasi rangkaian:

  • 2 motorized cars + 2 trailer cars (4 cars)
  • 4 motorized cars + 2 trailer cars (6 cars)
  • 4 motorized cars + 4 trailer cars (8 cars)
  • 6 motorized cars + 4 trailer cars (10 cars)

Sistem Kelistrikan: 1500v DC Listrik Aliran Atas (LAA)
Lebar Spoor (Gauge): 1067mm
Jumlah Armada: 1018 cars

Bisa Nggak Dinas di Indonesia?

Kereta JR 201 Series termasuk jenis armada uzur di perkeretaapian Jepang meski sekarang masih dinas di Osaka Metropolitan Area dibawah West Japan Railway Company (JR West). Tapi cepat atau lambat kereta ini kelak akan diganti armada baru oleh JR West.

Pertanyaannya, bisa nggak JR 201 Series dinas di Indonesia? Kalo diliat dari Lebar Spoor sih bisa aja, cuma harus ada penyesuaian lagi dari sisi bogie dan kelistrikan karena listrik di Jepang jelas beda sama Indonesia. Begitu juga kondisi rel di sini.

Biasanya kereta impor harus disesuaikan sama kondisi rel yang ada di Indonesia, beda sama produksi dalam negeri PT.INKA yang memang udah sesuai sama kebutuhan rel Indonesia.

 


Referensi

JNR 201 Series. http://www.allaboutjapantrains.com/201-series.html

103 Series. https://en.wikipedia.org/wiki/103_series

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.