Posted on Leave a comment

Jalur Rel Mati Bandung Kiaracondong Karees dan Depot Pertamina Samoja

Selain gudang di daerah Karees, ternyata Depot Pertamina Samoja juga punya peran penting buat Jalur Rel Mati Bandung Kiaracondong-Karees. Praktis sejak distribusi minyak tak lagi pake kereta ketel dan gudang dirasa nggak lagi terlalu penting, jalur ini menjadi jalur rel mati bahkan nyaris terlupakan.

Jalur rel mati Bandung Kiaracondong-Karees sebenarnya udah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Pemerintah Belanda lewat Perusahaan Kereta Api Negara, Staatspoorwagen (SS), bikin 3 stasiun utama di Kota Bandung yakni Stasiun Ciroyom, Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Stasiun Bandung jadi stasiun pusat buat layanan penumpang dan perawatan lokomotif.

Stasiun Ciroyom fungsinya lebih ke angkutan dan bongkar muat barang. Sementara Stasiun Kiaracondong berfungsi buat stasiun penumpang sekaligus marshaling yard (aktivitas sortir gerbong barang sesuai tujuan akhir). Disamping itu, Stasiun Kiaracondong juga diset punya banyak percabangan antaralain ke kompleks pergudangan CIkudapateuh (Karees), Perusahaan Gas, Balai Yasa Jembatan dan pabrik senjata ACW (sekarang Pindad).

Tujuan pembagian ini supaya jalur dan stasiun kereta api nggak jadi semrawut. Apalagi kalo semuanya dipusatin di Stasiun Bandung kebayang kaya gimana ruwetnya. Jadilah dibagi-bagi. Stasiun pusat angkutan penumpang di Stasiun Bandung, angkutan barang di Ciroyom, dan percabangan-percabangan mulai dari Stasiun Kiaracondong.

Jalur Rel Mati Kiaracondong-Karees

Nah jalur rel mati Kiaracondong-Karees inilah salah satu percabangan yang dibangun di masa pemerintahan kolonial Belanda, penghubung antara Stasiun Kiaracondong sama Kompleks Pergudangan Cikudapateuh atau Karees. Posisinya sebelah selatan Stasiun Cikudapateuh dan mendekat ke Pasar Kosambi. Dulu keberadaan kompleks pergudangan bisa dibilang sangat penting. Buat simpan hasil bumi yang akan dijual di Pasar Kosambi.

Jalur rel mati Kiaracondong-Karees membentang kurang lebih 7,5 km, mulai dari Stasiun Kiaracondong ke Kompleks Pergudangan Karees di sekitar Malabar-Samoja. Jalur ini paralel sama jalur utama sampe ke Halte Cibangkong Lor yang jadi titik pertemuan sama Jalur Rel Mati Bandung-Ciwidey. Abis itu rel-nya menjauh dari jalur utama ke arah Barat Laut sampe ke Karees.

Depot Pertamina Samoja

Tahun 1969, Pertamina mulai buka kantor di Jalan Samoja no.17 atau dikenal Depot Samoja (Cikudapateuh). Didirikannya Pertamina Cabang Bandung di situ tujuannya buat memudahkan koordinasi, administrasi dan mengatasi masalah penyediaan BBM. Di Bandung sendiri ada 4 SPBU yang disupply dari Depot Samoja pake Kereta Api Ketel Pertamina.

Depot Pertamina Samoja posisinya percis di depan Jalur Rel Mati Bandung Kiaracondong Karees yang sekarang jadi Jalan Samoja Dalam. Jadi di tahun 1969 peran jalur tersebut selain tetap sebagai angkutan barang juga buat supply BBM dari Depot Pertamina Samoja yang diangkut kereta ketel.

Seiring berjalan waktu wilayah sekitar Samoja dinilai nggak layak lagi buat dijadiin Depot BBM. Pengangkutan pake kereta api ketel juga dianggap terlalu berisiko secara teknologi supply minyak pake pipa udah mulai diperkenalkan. Supply via jalur pipa dinilai lebih aman dan efisien. Tahun 1979 Depot Padalarang mulai dibangun.

Di saat bersamaan, fungsi gudang di wilayah Karees juga dianggap nggak lagi penting, apalagi di era 1970-an mulai banyak angkutan jalan raya pake truck yang bisa langsung dikirim ke Pasar tanpa harus di pool lagi di gudang. Ditutupnya kompleks pergudangan dan supply minyak yang beralih via jalur pipa otomatis bikin kereta api dianggap nggak lagi penting buat angkutan barang dan ketel BBM.

Jalur kereta api Kiaracondong-Karees yang cuma ngandalin angkutan barang dan BBM otomatis jadi non aktif dan ditutup mulai tahun 1976. Kini sisa-sisa jalur Rel Mati Kiaracondong Karees masih bisa ditemuin di Jalan Cinta Asih, Jalan Samoja Dalam dan Jalan Malabar 1. Bekas Depot Pertamina Samoja sendiri masih ada dan berubah fungsi jadi kompleks Pertamina. Selain itu juga buat depot Gas Elpiji 3 kg (Gas “Melon”).

IMG_20180414_175901

IMG_20180414_175924

IMG_20180414_180002

Mau tau foto-foto blusukan jalur rel mati Bandung Kiaracondong Karees selengkapnya, langsung aja ke sini:

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.