Advertisements
Home > Blog > Railfans Update > Inspiration of Railfans

Inspiration of Railfans

Inspiration of Railfans jadi visi besar Lodaya Bandung setelah kembali ke asal. Nggak hanya itu, visi tersebut juga dipake sama Save Railfans Indonesia (SRI) dan Para Pecandu Kereta (PPK). Karena semua masih dalam satu rumah.

Lodaya Bandung mulai eksis tahun 2017 sebagai blog pribadi yang bahas kereta api. Sebenarnya itu merupakan kelanjutan dari Manglayang Tour. Sebuah rintisan usaha yang udah ada dari tahun 2014. Bahkan kalo diliat ke belakang mulai dirintis tahun 2005. Cuma bisnisnya aja yang berubah.

Di tahun 2014, mulailah dirintis usaha tour and travel. Waktu itu namanya Khoibar Travel. Nggak lama berselang berubah jadi Manglayang Tour. Perubahan itu karena nama Khoibar dianggap terlalu asing. Karena sejatinya Khoibar berasal dari Bahasa Arab. Maka dari itu dipilihlah nama yang merepresentasi tanah Priangan.

Cuma dalam perjalanannya sampe di 2017, Manglayang Tour lebih banyak jual tiket kereta api. Begitu juga artikelnya lebih banyak tentang kereta api. Nah maka itu, Juni 2017 lahirlah Lodaya Bandung. Dari nama terinspirasi sama Kereta Api Lodaya. Cuma ternyata Lodaya nggak hanya nama kereta api. Lebih dari itu merupakan identitas sunda dan Priangan.

Memang lebih ke blog pribadi, namun sejatinya Lodaya Bandung merupakan kelanjutan dari Manglayang Tour.

PPK, SRI, dan Travel Blog.

Dalam perjalanannya Lodaya Bandung merangkul Para Pecandu Kereta (PPK). PPK waktu itu cuma WhatsApp Group yang anggotanya sangat sedikit. Meski begitu nggak pernah ada huru hara di sana. Suasanannya pun sangat tenang. Makanya bisa saling berbagi ilmu tentang kereta api. Bersama itu juga Lodaya Bandung mulai bikin Channel YouTube.

Masuk 2018 Lodaya Bandung upgrade dari sekedar blog jadi website. Tampilannya dirubah. Di tahun yang sama mulai membentuk Save Railfans Indonesia (SRI) bersama sejumlah WhatsApp Grup. Waktu awal didirikan, SRI bernama SBF (Stop Bajak Foto). Dilatarbelakangi kasus pembajakan foto dan caption ngasal oleh @railfans_sejati_.

Menjelang akhir 2018 Lodaya Bandung benar-benar berubah. Jati diri sebagai situs kereta api memang masih tetap. Tapi ditambahin sama halaman khusus tentang Jepang. Ikut ditambah juga tentang Jalan-Jalan di Indonesia.

Saat itu juga ada sebuah WhatsApp Grup Railfans di Daop 2 merapat. Namun sayang niat awal maju bersama Lodaya Bandung harus sirna. Semua dikarenakan mayoritas anggota menolak. Kecuali hanya segelintir saja yang tetap setuju. Hingga akhirnya kembali merangkul dan mendukung penuh Para Pecandu Kereta (PPK).

Inspiration of Railfans, Visi 2019

Tahun 2019 jadi sejarah baru buat Lodaya Bandung. Pertama kalinya bahkan sejak 2019 mempunyai Visi ke depan. Visi tersebut bernama Inspiration of Railfans. Berani usung kaya gitu setelah balik ke asal sebagai situs kereta api. Nggak hanya itu, Lodaya Bandung juga telah berkembang menjadi sebuah komunitas Railfans.

inspiration of railfans 1

Hanya saja dalam hal komunitas Lodaya Bandung nggak sendirian. Nama yang terlalu Priangan dianggap susah buat tampung semua Railfans Indonesia. Ada Save Railfans Indonesia (SRI) yang akhirnya dijadiin komunitas juga. SRI dibentuk buat tampung semua Railfans di seluruh Indonesia. Bahkan Lodaya Bandung sendiri disebut sebagai SRI Daop 2.

Selain itu, masih ada Para Pecandu Kereta (PPK). PPK kini punya akun instagram buat repost foto, video, dan cinematic. Lebih dari itu, PPK juga dikembangin jadi sub-komunitas Lodaya Bandung (SRI Daop 2). Inspiration of Railfans kini jadi misi bersama Lodaya Bandung, Save Railfans Indonesia (SRI) dan Para Pecandu Kereta (PPK).

Dengan keberadaan visi Inspiration of Railfans, kemana ya halaman Jepang dan Indo Traveling? Udah pasti keduanya harus tersingkir dari sini. Toh keberadaannya sempat dikritisi juga kok. Pernah ada yang komplain kok nggak ada artikel kereta lagi. Nyatanya halaman Jepang dan Indo Traveling juga kurang laku kok.

Cuma khusus untuk Jepang, disini masih ada Japan Rail Tour. Khusus bahas tentang kereta Jepang. Karena masih seputar kereta jadi tetap dipertahankan. Secara ini juga masuk ke dalam visi Inspiration of Railfans.


Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: