Posted on Leave a comment

Hunting Pesawat di Tokyo Haneda: All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL)

Baru mendarat di Tokyo Haneda udah langsung hunting pesawat, dimana dua maskapai besar di Jepang mendominasi: All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL). 

Emangnya boleh gitu hunting di bandara? Bukan di appron atau runway sih, tapi di terminal kedatangan penumpang. Jadi begitu turun dari pesawat GA 874, Garuda Indonesia Jakarta-Tokyo, langsung isi gallery dengan foto-foto pesawat di Tokyo Haneda (Tokyo International Airport).

Seperti udah dibahas sebelumnya, Tokyo Haneda atau Tokyo Internatonal Airport adalah salah satu gerbang masuk Jepang via udara, khususnya ke kota Tokyo. Dari sini ke Pusat Kota Tokyo sangat dekat. Ya kalo di Bandung sih ibaratnya Bandara Husein Sastranegara (BDO) yang cuma selangkah menuju pusat kota.

Dominasi All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL)

Tokyo Haneda selain melayani penerbangan internasional juga punya layanan penerbangan domestik, misalnya ke Osaka dan Fukuoka. Dua maskapai penerbangan utama Jepang, All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL), melayani rute penerbangan domestik dan Internasional.

1-HUNTING-PESAWAT-DI-TOKYO-HANEDA---ALL-NIPPON-AIRWAYS-DAN-JAPAN-AIRLINES

Makanya jangan heran keduanya begitu dominan di sini. Meski terlihat ada beberapa maskapai asing seperti Cathay Pasific, Thai Airways, China Southern Airlines, dan tentu saja Garuda Indonesia. Untuk ukuran bandara yang berada dekat dengan pusat kota, Tokyo Haneda udah termasuk besar, meski nggak sebesar Narita Airport.

Rata-rata pesawat yang dioperasikan All Nippon Airlines (ANA) yang berhasil di jepret kamera jenis Boeing 777, hampir sama kaya yang dinaikin admin dari Jakarta (CGK). Tapi apakah tipe Boeing 777-200 atau Boeing 777-300 ER harus diteliti lebih lanjut, yang jelas termasuk keluarga Boeing 777-300.

Begitu juga Japan Airlines (JAL), kebanyakan mengoperasikan jenis ini ditambah Boeing 787 Dreamliner. Nah ini sangat istimewa karena jarang ditemuin di Indonesia. Makanya kesempatan dapetin Boeing 787 Dreamliner punya Japan Airlines (JAL) nggak disia-siakan begitu saja.

Sedikit info, Boeing 787 Dreamliner termasuk jenis pesawat baru, canggih dan irit bahan bakar. Cocok dipake buat penerbangan jarak jauh khususnya International Flight. Nah kebetulan kemarin itu turunnya di International Terminal jadi aja ketemu pesawat jenis ini dan Boeing 777-300 ER (atau 777-200).

Hunting Pertama di Negeri Sakura

Mimin memang udah rencanain bakalan hunting di negeri Sakura, khusunya Kereta Api, karena kita tau kereta di Jepang itu bagus-bagus, termasuk Shinkansen. Begitu mendarat di Tokyo Haneda (Tokyo International Airport), petualangan pun dimulai. Salah satunya hunting pesawat.

2-HUNTING-PESAWAT-DI-TOKYO-HANEDA---ALL-NIPPON-AIRWAYS-DAN-JAPAN-AIRLINES

Makanya gallery banyak diisi sama pesawat, terutama dari dua maskapai penerbangan utama di Jepang, All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL). Sebenarnya dua maskapai itu juga punya penerbangan langsung ke Indonesia, khususnya Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten.

Cuma mereka kaya berbagi jadwal sama Garuda Indonesia. Untuk Flight 874 sendiri Garuda Indonesia Jakarta-Tokyo sebenarnya merupakan code share atau kerjasama sama All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL).

Dengan code share ini, buat yang mau lanjut entah ke kota lainnya di Jepang atau mungkin ke Amerika misalnya bisa naik satu dari dua maskapai tadi. Meski sejatinya Garuda Indonesia berada di aliansi berbeda dengan keduanya.

Garuda Indonesia masuk Sky Team, adapun All Nippon Airways (ANA) merupakan bagian dari Star Alliance. Japan Airlines sendiri anggota One World bareng sama Malaysia Airlines.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.