Gunung Manglayang dan Bandung City View

Ketinggian Gunung Manglayang (1818 mdpl) paling rendah di antara deretan pegunungan yang membentang di Utara Bandung. Biarpun kecil dari sini kita bisa lihat keindahan Bandung City View, terutama di malam hari.

Nggak banyak yang tahu memang soal gunung yang satu ini, selain karena nggak setenar Gunung Tangkubanparahu atau Bukit Tunggul, Gunung Manglayang ketinggiannya paling kecil di antara gugusan pegunungan Kawasan Bandung Utara (KBU), cuma 1.818 mdpl. Gunung ini ada di dua kabupaten yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Masih Terkait Legenda Sangkuriang.

Gunung Manglayang masuk dalam satu deretan sama Gunung Burangrang, Tangkubanparahu dan Bukit Tunggul. Termasuk bagian dari lereng timur Gunung Sunda Purba yang meletus dahsyat ratusan ribu tahun silam. Gunung ini juga termasuk dari Patahan Lembang (sesar Lembang).

Itu gambaran ringkas versi ilmiahnya. Ternyata ada sumber lain nyebut Gunung Manglayang masih terkait sama Legenda Sangkuriang, dimana supaya bisa mempersunting Dayang Sumbi yang nggak lain ibu kandungnya sendiri, Sangkuriang diminta bikin perahu dan membendung aliran sungai Citarum Purba.

Karena permintaannya itu nggak bisa dipenuhi akibat muslihat dari Dayang Sumbi, perahu yang belum sepenuhnya jadi ditendang dan jadi Gunung Tangkubanparahu. Nasib bendungannya setali tiga uang, belum kelar langsung dijebol Sangkuriang dan puing-puingnya jatuh ke arah timur. Sisaan ini yang disebut dalam legenda itu jadi Gunung Manglayang.

Wallohu a’lam, mimin mah prefer ke versi ilmiahnya aja bahwa Gunung Manglayang termasuk bagian dari Gunung Sunda Purba dan Sesar Lembang. Memang banyak cerita-cerita angker soal gunung ini, tapi bagusnya kita tetap percaya sama Alloh Ta’ala.

Kecil Tapi Nggak Bisa Diremehin.

Walaupun kecil tetap kamu nggak bisa nganggap enteng Gunung Manglayang. Jalur pendakian menuju puncak bukan perkara gampang. Apalagi di musim penghujan. Jalur pendakian sebagian besar masih berupa tanah, yang kalo terlalu banyak kena hujan udah pasti basah dan licin. Makanya itu kalo mau naik Gunung Manglayang bagusnya di musim kemarau.

Peralatan standard pendakian gunung juga wajib kamu siapin dan kamu bawa manakala mendaki Gunung Manglayang. Termasuk pakaian juga, jangan sekali-kali pake pakaian kaya mau kuliah apalagi jalan-jalan di mal. Misalnya pake celana jeans, atau baju/jaket berbahan jeans.

Cuaca di gunung itu nggak bisa ditebak. Kadang waktu masih dibawah kita dapatin cuaca sangat bersahabat, begitu di atas boleh jadi semua berubah 180 derajat. Disinilah peralatan standard wajib disiapin. Bahan jeans itu berat dan susah kering, kalo kamu kehujanan dalam kondisi pake jeans, dikhawatirkan akan ngeberatin dan bisa-bisa kamu kena hipotermia.

Ingat jangan pernah kejebak sama gambaran pendakian gunung di film 5 Cm. Disitu 5 sekawan yang lagi coba menaklukkan Gunung Semeru semuanya pada pake jeans. Bisa aja kamu mikir “nah itu ke Semeru aja pada pake jeans, berarti bisa banget dong dipake ke Manglayang?” dan jangan pernah punya pikiran kaya gitu karena sama aja kamu under estimate.

Pakaian jeans di film 5 cm itu banyak dikritik sama pecinta alam lho. Belum lagi persediaan air, ini wajib banget, lebih-lebih nggak ada sumber air di Gunung Manglayang. Kalo di Gunung Semeru masih ada sumber air di Kalimati, tepatnya Sumber Mani.

Soal air yang kamu bawa, jangan juga ngikutin kekonyolan di film 5 cm. Di satu adegannya, mereka minta air ke pendaki lain, 1,5 liter dibagi 5 orang. Ini bener-bener gila, mereka yang dalam keadaan udah jalan kaki 8 jam dari bawah dan malamnya mau muncak malah bawa air sedikit. Padahal tempat mereka minta air itulah sumber air terakhir.

Gunung Manglayang memang masih kalah jauh dari Gunung Semeru, soal ketinggiannya, tapi tetap nggak bisa kamu anggap enteng dan jangan pernah anggap enteng. perbekalan cukup tetap wajib kamu perhatiin.

Bandung City View

Salah satu keunikan dari Gunung Manglayang ialah begitu kamu berhasil menggapai puncak, kamu bisa melihat pemandangan Kota Bandung atau Bandung City View. Terutama di malam hari akan berhias lampu-lampu (Bandung City Light). Sedikit info, puncak Manglayang cukup terbuka, sehingga pemandangan kota Bandung bisa kamu nikmati.

Di puncak kamu juga bisa buka tenda atau nge-camp. Bagusnya sih, kalo pengen nikmatin Bandung City View di malam hari, berarti kamu memang harus nge-camp atau nginap di puncak Manglayang. Boleh jadi bukan cuma Bandung City View yang kamu dapat, Sunset dan Sunrise dari Gunung paling timur di Bandung itu juga bisa ikutan kamu nikmati.

One thought on “Gunung Manglayang dan Bandung City View

  1. Pingback: Mahameru? Coba Gunung Manglayang Dulu

Leave a Reply

%d bloggers like this: