Gathering Lodaya Bandung di (Halte) Stasiun Gadobangkong

Gathering Lodaya Bandung pertama diadakan di (Halte) stasiun Gadobangkong pada 13 April 2019. Selain buat bantu-bantu di sana, event ini sekaligus dalam rangka Recruitment on The Spot (ROTS).

Alhamdulillah, Lodaya Bandung sebagai komunitas Railfans telah berhasil mengadakan kegiatan perdananya pada 13 April 2019. Meski kegiatan tersebut juga dibawah payung Save Railfans Indo (SRI). Padahal awalnya Lodaya Bandung bukanlah komunitas.

Berdiri pada 1 Juni 2019, semula cuma sekedar blog pribadi yang membahas tentang kereta api. Belum ada kepikiran sedikitpun untuk jadi komunitas. Sekalipun telah merangkul WA grup Para Pecandu Kereta (PPK) beberapa bulan setelahnya.

Seiring berjalan waktu Lodaya Bandung mulai menjajaki diri untuk berkembang. Image sebagai blog pribadi perlahan luntur. Di 2018 bersama sejumlah elemen dari Railfans dan Bismania mendirikan Save Railfans Indo (SRI).

Nah memasuki 2019 Lodaya Bandung telah berubah sepenuhnya menjadi komunitas Railfans bersama SRI. Karena itu juga sering disebut sebagai SRI Daop 2.

Gathering Lodaya Bandung Perdana

Sebagai sebuah komunitas mau nggak mau Lodaya Bandung mesti punya program. Di tahap-tahap awal memang masih dalam tahap penjajakan. Selama itu pula kegiatan masih sebatas diikuti 2-3 orang saja dari pengurus inti. Mulai dari Padalarang, Cimekar, hingga Cicalengka.

gathering lodaya bandung di (halte) stasiun gadobangkong

Akhirnya pada 13 April 2019 Lodaya Bandung berhasil mengadakan event perdananya. Bertempat di (Halte) Stasiun Gadobangkong Kabupaten Bandung Barat. Event bertajuk Gathering atau Hunting Bareng sekaligus bantu pengamanan stasiun.

Seperti kita ketahui, Stasiun Gadobangkong memang beda sama stasiun lainnya. Terutama di lintas Padalarang-Cicalengka. Inilah satu-satunya stasiun yang sejatinya adalah halte. Disini cuma andalkan PKD dan sinyal. Tak ada announcer.

Kondisi Stasiun Gadobangkong sangat padat. Posisinya sangat strategis dekat jalan utama. Peron stasiun juga masih pendek hingga membutuhkan tangga untuk naik ke atas rangkaian kereta. Tentunya ini sangat berisiko terutama buat calon penumpang dan warga sekitar.

Laporan Kegiatan

Berikut adalah laporan Kegiatan Gathering Lodaya Bandung di (Halte) Stasiun Gadobangkong, 13 April 2019:

Laporan Kegatan Hari Sabtu 13 April 2019
Lokasi: Stasiun Gadobangkong (GK)
Pelanggaran:
– Berjalan di atas Rel saat ada KA = 5
– Penumpukan Penumpang
– Kurangnya pengawasan Wilayah Barat dan Timur Stasiun Gadobangkong

Catatan:
Gadobangkong Halte yang sibuk. Maka perlu pengawasan lebih dari saat ini.

Selain membantu pengamanan dan ketertiban Stasiun Gadobangkong, pada hari itu juga diadakan ROTS (Recruitment on The Spot). Sebagai bagian dari penerimaan anggota baru komunitas Lodaya Bandung angkatan ke-2.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.