Gadobangkong dan KA Lokal Bandung Raya

Gadobangkong dan KA Lokal Bandung Raya seperti tak bisa dipisahkan satu sama lain. Commuter urang Bandung tersebut jadi satu-satunya kereta yang singgah di sini.

Karena sejatinya cuma halte jadi aja Gadobangkong cuma melayani satu kereta, KA Lokal Bandung Raya. Penumpang yang naik dari sini terbilang lumayan ramai. Bahkan di jam-jam tertentu mengalahkan Stasiun Padalarang (PDL) sebagai titik keberangkatan awal.

Kereta cenderung dalam keadaan kosong ketika berangkat dari sana. Paling yang keisi cuma rangkaian di depan aja. Rata-rata penumpang yang naik dari Stasiun Gadobangkong itu menempati rangkaian depan. Mulai dari kereta 1 sampai kereta 4.

Formasi KA Lokal Bandung Raya sendiri rata-rata 7-8 kereta. Nah peron di Stasiun Gadobangkong (GK) cuma bisa mengakomodasi maksimal 4-5 kereta saja. Itu juga peronnya masih rendah, sehingga masih dibutuhkan tangga untuk bisa naik ke atas kereta.

Gadobangkong dan KA Lokal Bandung Raya tak bisa dipisahkan

Gadobangkong dan KA Lokal Bandung Raya Tak Bisa Dipisahkan

Begitupula dari arah Cicalengka ke Padalarang. Penumpang tujuan Gadobangkong rata-rata menempati kereta terdepan. Alasannya itu tadi, peron hanya mampu mengakomodasi 4-5 kereta.

Untuk kereta dari arah timur, nggak jarang penumpang yang turun di sini langsung menyentuh ballast. Tentu jaraknya sangat tinggi. Setara dengan 3 anak tangga. Kendala terbesar tentu saja buat penumpang yang bawa barang dagangan.

Petugas Stasiun Gadobangkong memang telah menyiapkan tangga di luar peron. Ada sekitar 2 buah tangga untuk penumpang yang nggak kebagian peron. Namun akan sangat sulit sekali buat yang menempati rangkaian terbelakang.

KA Lokal Bandung Raya merupakan satu-satunya kereta yang dilayani di Stasiun Gadobangkong (GK). Idealnya kereta cuma berhenti sebentar. Tapi karena banyak kendala tadi seringkali kereta harus tertahan. Terutama yang menuju Padalarang.

KA Lokal Cibatuan Bablas

Masih ada satu lagi lokalan, KA Lokal Cibatuan rute Purwakarta-Cibatu PP. Namun sayang kereta “semi ekspres” ini bablas alias nggak berhenti di Stasiun Gadobangkong (GK).

Meski demikian penumpang dari Gadobangkong (GK) yang mau ke Purwakarta dan Cibatu masih bisa naik KA Lokal Bandung Raya. Kebetulan KA Lokal Bandung Raya 359 jurusan Purwakarta dan KA 350 jurusan Cibatu berhenti di sini. Adapun tarif KA 359 dan 350 Rp 7.000,00

Resminya kedua kereta tersebut tetap KA Lokal Bandung Raya. Namun jika dilihat rutenya, sah-sah saja menyebut KA 350 sebagai KA Lokal Cibatuan 2 dan KA 359, KA Lokal Purwakarta atau KA Lokal Purwakarta Cicalengka. Begitupula KA 379 dan 360

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.