Posted on Leave a comment

Foto Kereta Api di Stasiun Purwakarta (PWK)

foto-kereta-api-di-stasiun-purwakarta

Stasiun Purwakarta (PWK) punya daya tarik apalagi kalo bukan “monumen” KRL Ekonomi Jabodetabek. Tapi buat ambil foto kereta api di sini nggak bisa sembarangan lho, kamu harus punya izin atau kalopun nggak fotonya dari dalam kereta. 

foto-kereta-api-di-stasiun-purwakarta

Sejak jadi tempat peristirahatan terakhir KRL Ekonomi Jabodetabek yang puluhan tahun melayani penumpang di wilayah Jabodetabek, Stasiun Purwakarta (PWK) seolah memiliki daya tarik. Banyak railfans (pecinta kereta api, pecandu kereta, dan semisal) atau masyarakat umum datang ke sini. Sekedar foto-foto bekas KRL Ekonomi Jabodetabek yang tak lagi dinas.

Ada yang menarik dari ini, apalagi kalo bukan kereta-kereta yang ditumpuk membentuk semacam piramida. Ada juga sih yang masih menapaki rel, kaya KRL Rheostatik Mild Steel yang bahkan komplit sebanyak 2 set. Ada juga yang disimpan di bekas Dipo Lokomotif uap dimana kondisi bangunannya sendiri boleh dibilang ngenesi.

Inilah potret bekas KRL Ekonomi Jabodetabek yang dulu dipadati sampe ke atap. Kini mereka telah digantikan armada KRL Commuter Line, sekalipun kondisinya bekas dari Jepang, masih jauh lebih baik daripada para pendahulunya.

Objek Foto Kereta Api

Bekas KRL Ekonomi Jabodetabek di Stasiun Purwakarta (PWK) sering dijadiin objek fotografi oleh Railfans dan masyarakat umum. Bupati Purwakarta yang dulu, Bapak Dedi Mulyadi, malah pernah bikin wacana mau jadiin Stasiun Purwakarta sebagai objek wisata. Secara di masa pemerintahan beliau Kabupaten Purwakarta mengalami perkembangan pesat, jadi bukan sekedar kota transit seperti sebelum-sebelumnya.

Cuma karena bekas KRL Ekonomi Jabodetabek yang sebagiannya ditumpuk-tumpuk itu berada di dalam area stasiun yang khusus untuk calon penumpang, nggak sembarangan orang bisa masuk area Stasiun Purwakarta. Nggak hanya itu, calon penumpang pun kerap ditegur oleh PKD (Petugas Keamanan Dalam) manakala mengambil foto kereta api di dalam area stasiun, mau kereta lewat atau bekas KRL Ekonomi Jabodetabek.

Hal ini udah berlangsung cukup lama dan PKD Stasiun Purwakarta (PWK) semakin memperketat pengawasan setelah seorang selebgram kedapatan selfie sambil tiduran di atas rel kereta api jalur 1 Stasiun Purwakarta (PWK). Memang sih nggak semata-mata ulah si selebgram, tapi lebih kepada safety factors atau segala hal yang berhubungan sama faktor keselamatan.

Area tumpukan bekas KRL Ekonomi Jabodetabek itu jelas nggak bisa dibilang daerah aman, karena posisi kereta yang ditumpuk satu sama lain sangat berisiko. Beratnya aja udah 1 ton lebih. Belum lagi disitu banyak rumput menjulang tinggi dan dikhawatirkan banyak ular. Beberapa kereta bahkan sempat “diokupasi” sama tanaman. Karena area itu memang nggak pernah tersentuh perawatan.

Selain di pekarangan belakang Stasiun Purwakarta (PWK), beberapa trainset KRL Ekonomi Jabodetabek juga ada yang disimpan di bekas Dipo Lokomotif Uap. Nah bangunan Dipo itu sendiri boleh dibilang cukup mengenaskan dan nggak ada perawatan. Jadi lebih mirip sama rumah hantu. Diduga Dipo itu udah non-aktif sejak 12 Desember 1982 karena peralatan kurang memadai.

Sama kaya pekarangan belakang tempat kereta bekas KRL Ekonomi Jabodetabek disemayamkan, nggak bisa sembarangan orang masuk ke bangunan Dipo yang belum pernah tersentuh renovasi itu. Dahulu Bupati Purwakarta juga sempat mau renovasi tapi batal karena bangunan cagar budaya nggak bisa asal direnovasi.

Foto Kereta Api di Stasiun Purwakarta (PWK) Harus Izin Dulu

Nah buat kamu yang pengen jadiin pekarangan belakang tempat kuburan KRL Ekonomi Jabodetabek dan bangunan bekas Dipo Lokomotif Purwakarta harus ada izin dulu dari PT. KAI Daop 2 Bandung, mengingat Stasiun Purwakarta (PWK) masih wilayah Daop 2 Bandung. Pengajuannya harus ke kantor Daop 2 Bandung yang ada di Jalan Stasiun Barat, atau pintu masuk Stasiun Bandung bagian selatan yang sekarang khusus buat penumpang Lokalan.

Jadi nantinya begitu turun di Stasiun Purwakarta (PWK) kamu lebih dulu lapor ke Kepala Stasiun untuk tunjukkin surat izin dari Daop 2 Bandung bahwa kamu pengen fotografi kereta api di situ. Kalo udah ada izin InSyaaAlloh nggak usah khawatir diteriakin PKD, karena toh PKD-nya sendiri tau kamu punya izin dari Daop 2 Bandung.

 photo foto kereta api di stasiun purwakarta 1_zpseabounzl.jpg

 photo foto kereta api di stasiun purwakarta 2_zpsh0syqiq5.jpg

Referensi: 

Baby Sofia. 2014. Dipo Lokomotif Purwakarta. http://babysofhiaa.blogspot.com/2014/07/dipolokomotif-purwakarta-dipoberasal.html

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.