Posted on

Foto Jalur Rel Mati Bandung Kiaracondong Karees (1): Sejajar Jalur Utama

Setelah ngebahas tentang Blusukan Rel Mati Bandung Kiaracondong-Karees, kali ini kita akan tunjukkin foto-foto hasil blusukan itu. Karena foto-fotonya banyak banget dan nggak mungkin dimasukkin dalam satu postingan, inSyaaAlloh kita akan bagi jadi 3 dan Foto Jalur Rel Mati Bandung Kiaracondong-Karees (1): Sejajar Jalur Utama jadi pembukanya. Mulai dari Stasiun sampe ketemu rel mati Bandung Ciwidey di bekas Halte Cibangkong Lor. 

No Photo = HOAX, ya slogan kaya gitu memang lagi populer sekarang. Postingan sebelumnya sengaja belum admin keluarin foto-fotonya dan cuma satu yakni foto pas kereta api Lokal Bandung Raya lagi lewat. Alhamdulillah ada sekitar 50-an Foto jalur Rel Mati Bandung Kiaracondong Karees yang berhasil dikumpulin dari Blusukan rel mati Bandung (Kiaracondong Karees) tanggal 13 April 2018 lalu.

Foto sebanyak itu nggak mungkin dikeluarin semua dalam satu postingan. Karena nggak banyak orang yang betah baca artikel kepanjangan di blog. Foto sebanyak itu bakal dibagi jadi 3 bagian dimana foto pertama Blusukan Rel Mati Bandung (Kiaracondong Karees) itu di ruas dari Stasiun Kiaracondong ke Halte Cibangkong Lor, yang relnya sebagian besar masih sejajar sama jalur utama

Dari Stasiun Kiaracondong via Jalan Jembatan Opat

Blusukan rel mati Bandung (Kiaracondong Karees) tentu dimulai dari Stasiun Kiaracondong. Cuma trekkingnya nggak lewat jalur kereta api demi keamanan (safety tracking), melainkan lewat Jalan Jembatan Opat di sebelahnya yang tembus ke Cinta Asih tempat dimana rel mati Bandung Kiaracondong Karees ketemu sama rel mati Bandung Ciwidey di bekas halte Cibangkong Lor.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Stasiun Kiaracondong

[FOTO 1] Stasiun Kiaracondong, inilah stasiun terbesar ke 2 yang ada di Kota Bandung, jadi stasiun khusus buat keberangkatan Kereta Api Jarak jauh (KAJJ) kelas ekonomi reguler. Di sini juga melayani keberangkatan Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan, Kereta Api Lodaya, Kereta Api Malabar dan Kereta Api Mutiara Selatan. 

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Emplasemen Stasiun Kiaracondong

[FOTO 2] Emplasemen Stasiun Kiaracondong. Sama kaya Stasiun Bandung, stasiun ini punya dua pintu yakni Pintu Utara (utama) dan Pintu Selatan. Penumpang Kereta Api Jarak Jauh bisa lewat kedua pintu, tapi buat Baraya Commuters atau pengguna KA Lokalan cuma bisa lewat Pintu Selatan. Stasiun Kiaracondong punya percabangan ke Depot Pertamina Samoja dan Pergudangan di Karees yang udah ditutup sejak pertengahan tahun 1970-an

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Mulai Trekking dari Jalan Jembatan Opat

[FOTO 3] Jalan Jembatan Opat. Dari sinilah blusukan rel mati Bandung Kiaracondong Karees yang terlupakan dimulai. Jalan ini tembus ke Cinta Asih yang jadi lokasi bekas Halte Cibangkong Lor

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Jalur 3 ke Karees

[FOTO 4]. Fly Over Kiaracondong. ada 3Jalur Kereta Api dari Stasiun Kiaracondong ke Stasiun Cikudapateuh sampe Bandung, dimana jalur ke-3 yang mulai timbul tenggelam itulah rel mati Bandung Kiaracondong Karees yang mengarah ke Halte Cibangkong Lor, Samoja sampe Karees. 

Disini jalur rel mati Kiaracodnong-Karees sebagian besar masih sejajar sama jalur utama, meski di sebagian ruas timbul tenggelam dan ditutupin sama tanaman. Ditemuin juga satu jembatan kereta api (bisa jadi inilah yang dimaksud jembatan Opat).

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Rel ke Karees Timbul Tenggelam

[FOTO 5] Paling kiri itulah jalur rel mati Kiaracondong-Karees yang timbul tenggelam. Posisi sejajar jalur utama.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Jembatan Pertama, Sejajar Jalur Utama

[FOTO 6] Jembatan Kereta Api, 2 jalur masih aktif sampe sekarang yang merupakan jalur kereta api Padalarang-Kasugihan (jalur utama), 1 lagi jalur rel mati Kiaracondong-Karees. Disini masih sejajar jalur utama. Diduga inilah jembatan Opat.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Rel Tertutup Tanaman #1

[FOTO 7]. Jalur rel mati Kiaracondong Karees mulai ditutupin tanaman.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Rel Tertutup Tanaman #2

[FOTO 8]. Nampak tanaman pohon, meski nggak terlalu besar, menutupi jalur rel mati Kiaracondong Karees.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Rel Nampak Lagi dan Masih Sejajar Jalur Utama

[Foto 9] Relnya timbul lagi setelah tertimbun tanaman, tapi masih ditumbuhi rumput tipis

Setelah jembatan, jalur rel mati Kiaracondong-Karees mulai mendekat ke jalan raya (Jalan Jembatan Opat), terlihat satu ruas sedikit bengkok dan ada yang ditumbuhi pohon kecil tepat di tengah rel. Sebelum ketemu sama rel mati Bandung-Ciwidey, ada rel yang ketutupan rumput tebal sampe nggak kelihatan.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Rel Mengarah ke Jalan Raya

[Foto 10] Rel mulai keliatan lagi dan cuma berjarak kurang dari 10 cm sama Jalan Jembatan Opat di sebelahnya. Nampak ada yang bengkok di depan.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Rel Tertutup Tanaman

[Foto 11] Pohon kecil tumbuh tepat di tengah rel.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Mendekati Jalan Raya

[Foto 12] Karena lama nggak dipake, rel jadi tempat buat warga disekitar ngebakar sampah.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Tertutup Rumput Tebal #1

[Foto 13] Lagi rel ketutupan rumput dan timbul tenggelam.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Tertutup Rumput Tebal #2

[Foto 14] Rumput semakin menebal, rel-nya benar-benar nggak keliatan lagi.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Halte Cibangkong Lor #1

[Foto 15] Rel nongol lagi tapi malah jadi dibikin kaya kebon sama warga. Posisi di depan sekolahan.

Sampe disini, secara umum rel masih keliatan utuh meski di beberapa titik mulai ditumbuhin rumput dari rumput tipis sampe rumput tebal, dan ada juga yang dijadiin kaya kebon sama warga sekitar. Paling parah tentu dipake buat ngebakar sampah. Jalur rel mati Kiaracondong-Karees masih sejajar jalur utama dan makin dekat sama jalan raya berarti makin dekat sama Halte Cibangkong Lor, ketemu sama jalur rel mati Bandung-Ciwidey.

Halte Cibangkong Lor dan Pertemuan sama Rel Mati Bandung-Ciwidey.

Tanpa terasa rel udah masuk ke jalan raya. Artinya nggak lama lagi masuk Halte Cibangkong Lor dan ketemu sama rel mati Cikudapateuh-Ciwidey. Sedikit info, jalur rel mati Bandung-Ciwidey atau jalur kereta api Cikudapateuh-Ciwidey itu percabangan dari Halte Cibangkong Lor ke arah selatan, mulai Halte Cibangkong dekat Trans Studio Mall, Buah Batu, sampe ke Soreang dan berakhir di Ciwidey. Jalur ini ditutup tahun 1980 akibat PLH Cukanghaur 1972.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Menjelang Halte Cibangkong Lor #2

[Foto 16] Rel masuk ke jalan raya, nggak lama lagi ketemu sama jalur rel mati Bandung-Ciwidey di bekas Halte Cibangkong Lor, yang bangunannya udah nggak ada lagi.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Halte Cibangkong Lor #1

[Foto 17] Dua rel mati Bandung. Sebelah kiri jalur rel mati Kiaracondong Karees, kanan jalur rel mati Bandung-Ciwidey

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Halte Cibangkong Lor #2

[Foto 18] Disinilah kedua jalur rel mati ketemu sekaligus perkiraan lokasi bekas Halte Cibangkong Lor yang udah nggak ada lagi bangunannya. Cuma pertemuan jalur ini aja yang tersisa.

Foto Jalur Rel Mati Bandung (Kiaracondong-Karees): Halte Cibangkong Lor #3

[Foto 19] Jalur bercabang lagi. Supaya nggak keliru, yang ke kiri (Jalan Cinta Asih) itu jalur rel mati Kiaracondong Karees. Adapun jalur rel mati Bandung-Ciwidey ke kanan (Jalan Cinta Asih Utara). 

Nah inilah bagian pertama dari foto-foto jalur rel mati Bandung, Kiaracondong-Karees, ruas Stasiun Kiaracondong-Halte Cibangkong Lor. Secara umum rel masih utuh meski ada aja yang ketutupan sama rumput bahkan dijadiin tempat bakaran sampah dan kebun kecil. Untuk foto-foto selanjutnya di Jalan Cinta Asih, Jalan Samoja Dalam, dan Jalan Malabar 1 inSyaaAlloh di bagian 2 dan 3.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *