Posted on Leave a comment

Fly To Japan, Garuda Indonesia Jakarta Tokyo Flight 874

Penerbangan ke Jepang naik Garuda Indonesia Jakarta-Tokyo Flight 874 mengawali serangkaian petualangan di negeri Sakura, sekaligus menjadi awal mula berubahnya situs kebanggaan kita. 

Garuda Indonesia jadi satu diantara beberapa maskapai yang melayani penerbangan langsung ke Jepang tanpa transit. Mengambil rute Jakarta-Tokyo, terbang dari Bandara Soekarno Hatta (sejatinya di Tangerang Banten) ke Tokyo Haneda atau Tokyo International Airport.

Bisa dibilang, Garuda Indonesia merupakan satu-satunya maskapai penerbangan nasional yang langsung terbang ke Negeri Sakura. Memang masih ada Indonesia Air Asia tapi sekarang harus transit dulu di Kuala Lumpur (KUL). Jadi nggak bisa langsung ke Jepang.

Paling baru Thai Lion juga buka rute penerbangan ke Jepang (Narita Airport). Meski masih dibawah Lion Group, Thai Lion nggak dihitung sebagai maskapai nasional melainkan asing punya Thailand.

1---FLY-TO-JAPAN-(GARUDA-INDONESIA-JAKARTA-TOKYO)

Garuda Indonesia Jakarta Tokyo: Berangkat Tengah Malam, Irit Ongkos Penginapan

Siapapun mesti tau penginapan di Negeri Sakura identik dengan harga mahal. Terutama hotel berbintang. Ada sih yang terjangkau dan dibawah 1 juta per malam, sekelas hostel atau capsule untuk backpacker. Tapi namanya ongkos sebisa mungkin harus ditekan.

Garuda Indonesia Jakarta Tokyo dengan nomor penerbangan GA 874 berangkat dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten jam 23.55 WIB. Secara teori jam segitu udah waktunya kita istirahat alias tidur.

Benar juga sih karena hampir 1/2 perjalanan pesawat menggunakan night mode dengan pencahayaan minim. Udah itu difasilitasi selimut gratis dimana fasilitas ini cuma ada di full service flight sekelas Garuda Indonesia. Tapi jangan harap ya bisa dapat ginian di LCC, kalopun ada kamu harus keluarin ongkos alias berbayar.

Penggunaan night mode karena pesawat berangkat di waktu normal orang dewasa tidur. Memang sih nggak lama setelah pesawat memasuki cruising altitude atau ketinggian jelajah, pramugari-nya masih ngasih snack dan minuman gratis. Dimana itu menjadi semacam layanan dasar buat full service flight.

Boeing 777-300 ER

Adapun jenis pesawat yang dipake di penerbangan Garuda Indonesia Jakarta Tokyo Fight 874 tanggal 11 November 2018 itu ialah Boeing 777-300 ER. Inilah pesawat terbesar milik Garuda Indonesia setelah Boeing 747-400 pensiun.

Boeing 777-300 ER biasa dipake buat penerbangan jarak jauh, misalnya ke Jeddah Saudi Arabia (termasuk buat angkut jamaah haji di musim-musim haji) dan ke Jepang, yang memakan waktu sekitar 6-9 jam.

Sedikit info, pesawat sejenis (meski bukan yang dipake ini) waktu dipake angkut jamaah haji pernah bikin satu-satunya runway Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) terkelupas sehingga mengganggu jadwal penerbangan di Bandara tersebut. Dampaknya penerbangan haji harus pindah ke Soekarno Hatta.

Garuda Indonesia sendiri mulai kedatangan pesawat jenis ini di tahun 2013. Berikut spesifikasi teknis Boeing 777-300 ER:

  • Panjang: 73,9 meter
  • Lebar (dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan): 64,8 meter
  • Tinggi: 18,5 m meter
  • Ketinggian terbang maksimal: 13.140 meter
  • Berat bersih: 167.800 kg
  • Berat maksimum untuk terbang: 351.500 kg
  • Kecepatan maksimum: 905 km/jam
  • Jarak maksimum: 14.690 km
  • Kapasitas: 550 orang (maksimal)
  • Kru kokpit: 2 orang

Sedangkan konfigurasi seat-nya sendiri, untuk kelas ekonomi, sebagaimana yang ditumpangin mimin ke Jepang di Flight 874 ialah 9 kursi per baris masing-masing 3 di kiri, 3 di tengah, dan 3 di kanan.

Awal Petualangan di Jepang dan Perubahan di Situs

Fly To Japan naik Garuda Indonesia Jakarta Tokyo Flight 874 mengawali petualangan di Jepang selama 7 hari. Penerbangan malam atau bahasa ngetopnya “Red Eye Flight” ini mendarat di Tokyo Haneda (Tokyo International Airport) jam 08.30 waktu setempat atau jam 06.30 WIB.

Penerbangan ini juga jadi tanda perubahan situs kebanggaan kita ini yang tadinya cuma sekedar Blog Kereta Api Indoensia tok, sekarang udah jadi Travel Blog dengan Amazing Japan sebagai bagiannya. Wah udah go international nih ceritanya.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.