Stasiun Cimekar

Stasiun Cimekar

Stasiun Cimekar (CMK), sebuah stasiun kecil di dalam kompleks perumahan dan nggak jauh dari Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Cuma melayani KA Lokal Bandung Raya dan masih pake Sinyal Mekanik. Meski demikian stasiun ini cukup ramai.

Ada pertanyaan stasiun mana sih yang paling dekat sama daerah Cibiru Kabupaten Bandung? Daerah yang sekarang lumayan rame dan nggak pernah lepas dari kemacetan? Jawabannya ya stasiun ini.

Hanya saja stasiun ini nggak dekat-dekat banget sama Jalan Raya Cibiru. Masih masuk ke dalam kompleks perumahan. Lewatin Kampus UPI Cibiru. Secara stasiunnya sendiri memang terletak di tengah-tengah perumahan. Jadi untuk ke jalan utama agak sulit.

Satu-satunya moda transportasi lanjutan disini cuma ojek pangkalan. Adapun ojol nggak bisa masuk mengingat daerah sini termasuk dalam zona merah. Sedikit info penetapan zona merah ini berdasarkan kesepakatan supaya nggak terjadi gesekan.


Stasiun Cimekar (CMK), Ramai di Tengah Pemukiman

Meski posisinya berada di tengah pemukiman penduduk dan jauh akses ke jalan utama, Stasiun Cimekar (CMK) cukup ramai aktivitas naik turun penumpang. Terutama mereka yang tinggal di sekitar stasiun dan beraktivitas di Kota Bandung.

Hampir semua perjalanan KA Lokal Bandung Raya berhenti di sini. Termasuk KA Lokal Bandung Raya jurusan Cibatu (CB) dan Purwakarta (PWK). Cuma satu lokalan yang bablas, KA Elok Cibatu.

Uniknya stasiun ini cuma terdiri dari 2 jalur. Satu jalur lurus dan satunya lagi jalur belok. Jalur belok dipake buat aktivitas persilangan dan persusulan. Mengingat petak antara Kiaracondong-Cicalengka semuanya masih single track.

Karena Perka yang nggak sepadat lintas barat, stasiun yang terletak di Kabupaten Bandung ini masih pake sinyal mekanik. Sesuatu yang udah sangat langka memang. Pasalnya stasiun paling timur di Kota Bandung, Stasiun Gedebage, dan cuma melayani kereta barang udah elektrik.

KA Mutiara Selatan Silang KA Lokal Bandung Raya di Stasiun Cimekar
KA Mutiara Selatan Silang KA Lokal Bandung Raya di Stasiun Cimekar (CMK)

Fasilitas Penunjang Stasiun

Stasiun Cimekar (CMK) masuk katagori stasiun kelas 3 (kecil). Meski demikian fasilitas yang ada udah cukup memenuhi standard sebuah stasiun. Di sini ada loket dan check in counter. Udah itu ada PKD, PPKA dan Kepala Stasiun. Toilet juga ada di sini.

Di sebelah timur stasiun ada Foodcourt yang baru selesai dibangun. Belum sempurna banget sih tapi udah ada makanan dan minuman yang dijual di sini. Meski baru sebatas makanan ringan seperti indomie dan kue-kue tradisional.

Di sini juga ada fasilitas buat parkir motor. Pasalnya meski stasiun kecil tapi aktivitas penumpang di sini sangat padat. Terutama yang biasa beraktivitas di wilayah Kota Bandung. Mereka lebih pilih naik KA Lokal Bandung Raya guna hindari kemacetan di jalan raya.

Apalagi daerah sekitaran Cimekar masih masuk zona merah buat Transportasi Online. Baik Ojek maupun Taksi Online. Kita nggak bisa order keduanya dari sini.

Dekat GBLA dan Masjid Al Jabbar

Stasiun Cimekar (CMK) dekat ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Masjid Al Jabbar Gedebage. Kedua tempat tersebut sebenarnya ada di Wilayah Kota Bandung, tapi akses stasiun terdekatnya dari sini, di Kabupaten Bandung.

Dekat GBLA stasiun ini sering dijadiin tempat naik turun Bobotoh Persib setiap kali Persib main di stadion tersebut. Sayang akhir-akhir ini karena ada permasalahan teknis, stadion belum lagi dipakai. Pertandingan dipindah ke Si Jalak Harupan (SJH) Soreang.

Masjid Al Jabbar yang dibangun di tengah Embung Gedebage juga bisa diakses dari sini. Masjid tersebut bakal jadi kebanggaan baru Kota Bandung malah bisa lunturkan pamor Masjid Agung Bandung di alun-alun yang udah ada dari zaman Kolonial Belanda.

Masjid Al Jabbar sering juga disebut masjid terapung karena disitu ada Embung Gedebage sebagai saluran irigasi. Bahkan bisa jadi objek wisata baru. Akses dari stasiun bisa jalan kaki menelusuri rel (trekking) ke arah Gedebage.


Advertisements