Posted on

Dari Railfans Indonesia: Gara-Gara Kamu Jadi Ada UPM (Ulangan Para Master)

Akun @railfans_sejati_ menyatakan dirinya master namun sayang foto upload bajakan dan caption asal-asalan. Sama sekali tidak mencerminkan seorang master Railfans Indonesia, sebaliknya malah bikin malu. Gara-gara akun bodong itu jadi ada UPM (Ulangan Para Master)

Bukan cuma foto bajakan atau caption ngasal yang disorot dari akun @railfans_sejati_, tapi juga si pemilik akun yang menyatakan dirinya master Railfans. Pernyataan ini tentu mengundang tanda tanya besar terutama dari para Railfans atau Pecinta Kereta Api. Kok bisa akun dengan foto 100% bajakan dan caption ngawur jadi master? Nggak mungkin kalo bukan si admin sendiri yang mengangkat dirinya jadi master.

Tanggung Jawab Besar

Master dalam dunia Railfans atau apapun itu sama artinya dengan tanggung jawab besar. Di dunia railfans namanya master bukan sekedar mahir dalam fotografi atau bikin video cinematic dan semisalnya. Lebih dari itu seorang master juga punya tanggung jawab besar untuk menjaga nama baik railfans itu sendiri dan perkeretaapian Indonesia. Untuk urusan foto atau video sendiri harus asli nggak boleh bajakan.

Kalaupun terpaksa pake foto orang lain, misalnya foto-foto jadul, harus dicantumkan pemilik foto dan/atau sumbernya. Malah bila perlu minta izin langsung ke pemiliknya, tapi susah sih urusan minta izin minimal cantumkan sumbernya aja dan jangan sesekali diklaim punya sendiri.

Kaitannya dengan perkeretaapian Indonesia, seorang Master Railfans punya tugas untuk berbagi pengetahuan seputar kereta api, bisa sejarahnya atau sekedar tips-tips jalan-jalan naik kereta api (ngetrip gitu). Maka dari itu yang namanya master harus rajin-rajin mencari informasi seputar kereta api Indonesia. Referensi buku boleh aja jarang, tapi di era digital sekarang, internet juga bisa dijadiin rujukan buat menambah pengetahuan.

Dengan demikian jadi master itu sekedar pengakuan atau penilaian terhadap diri sendiri. Orang lainlah yang bisa menilai apakah diri kita sudah layak menjadi seorang master Railfans atau belum. Nggak ada ceritanya ngaku-ngaku atau belagak jadi master. Apalagi idealnya seorang master itu minimal udah punya banyak pengalaman, untuk master railfans misalnya pengalaman ngetrip naik kereta api salah satunya.

Seringnya melakukan perjalanan atau ngetrip naik kereta api jadi tau jadwal perjalaan kereta api, berhenti di mana aja, silang sama kereta api lain dimana, sampe ke harga tiket juga familiar. Tapi lagi-lagi ya itu tadi, pengakuan master bukan penilaian dari diri kita sendiri, melainkan dari orang lain di bidang yang sama. Dalam hal Railfans, yang berhak menilai seseorang master ialah sesama railfans itu sendiri.

UPM (Ulangan Para Master)

Keberadaan akun @railfans_sejati_ seolah membuka mata kita semua bahwa di era digital dan sosial media sekarang sekedar bikin akun tiruan atau bodong gampang aja. Hampir semua sosial media yang ada sekarang nggak memungut biaya ke siapapun yang mau bergabung. Instagram misalnya, gampang aja orang sekarang punya IG. Cukup modal email dan nomor handphone.

Bahkan email-nya sendiri sebagai syarat utama seseorang punya akun sosial media satu orang bisa mendaftarkan puluhan hingga ratusan alamat email. Makanya jangan heran kalo banyak akun-akun bodong bermunculan, salah satunya @railfans_sejati_

Akun @railfans_sejati_ telah menyatakan dirinya sebagai seorang master railfans. Namun anehnya kok bisa seorang master upload foto-foto bajakan? Bukan cuma itu captionnya juga asal-asalan? Malah ada satu postingan berupa interior bus tapi disebut Kereta Api Argo Bromo Anggrek. Entah si pemilik akun keblinger gara-gara gelar master yang dia sandang sendiri atau gimana sampe ngasih caption kelewat ngawur gitu.

Keberadaan sosok ini menimbulkan pro kontra di kalangan Railfans Indonesia. Ada yang bersikap cuek dan membiarkannya berlalu bagai hembusan angin, namun tak sedikit pula yang ingin memberi semacam pelajaran agar si admin nggak lagi bajak foto dan ngasih caption asal-asalan.

Sempat dikasih bimbingan seputar perkeretaapian Indonesia oleh salah saeroang Railfans dari Semarang, namun tak membuatnya berubah. Tetap saja bajak foto dan tulis caption ngawur. Tak mempan dengan bimbingan, akhirnya kamipun sepakat membuat semacam uji kompetensi master Railfans dalam bentuk UPM (Ulangan Para Master). Target utamanya tentu saja si @railfans_sejati_

Meski demikian siapapun bisa mengerjakan soal-soal UPM, terutama yang ingin menguji dan meningkatkan pengetahuan seputar perkeretaapian Indonesia. Jadi intinya UPM terbuka buat siapa saja, terutama Railfans Indonesia dimanapun berada. Masyarakat umum juga boleh mencoba uji kompetensi ini.

Model UPM sendiri ujian online berbasis komputer (computer based) dan punya standard penilaian. Ujian boleh dikerjakan dimana saja dan kapan saja selama siap. Tapi nggak ada cukup waktu buat contek karena waktu pengerjaan sangat terbatas. Makanya itu jangan coba-coba kerjakan UPM sebelum benar-benar siap.

Saat ini soal-soal UPM lagi dalam tahap penyelesaian. Jadi sekalipun kita gregetan abis sama si @railfans_sejati_ rasanya perlu berterima kasih sama dia karena berkat dia jadi ada UPM (Ulangan Para Master) untuk menguji sejauh mana pengetahuan kita seputar perkeretaapian Indonesia.

Berangkat dari Komentar Terhadap @railfans_sejati_

Adanya UPM (Ulangan Para Master) nggak bisa dilepaskan dari komentar Railfans terhadap akun @railfans_sejati_. Sekali waktu coba bikin semacam pertanyaan di IG Story “Railfans_Sejati_ enaknya diapain?” Jawaban dari mereka sangat beragam, mulai paling halus (didiamkan saja) hingga paling ekstrem (dilindas kereta api). Dari sekian banyak komentar yang masuk akhirnya dipilihlah “Hajar Habis-Habisan”

Dari “Hajar Habis-Habisan” inilah lahir yang namanya UPM (Ulangan Para Master), 100 soal yang harus diselesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Itu juga udah dihajar habis-habisan, benar nggak? Belum lagi bobot soalnya yang greget abis bisa bikin otak jadi kobong sebagaimana satu komentar yang pengen si @railfans_sejati_ dikobongin. Dengan mengerjakan UPM otomatis jadi kobong (dikobongin pake soal UPM).

Maka dari itu keberadaan UPM (Ulangan Para Master) nggak bisa dilepaskan dari @railfans_sejati_. Wong doi sasaran utama dari test ini, meksi sejatinya test ini terbuka buat siapa saja yang pengen meningkatkan atau menguji pengetahuan seputar kereta api. Darinya kemudian muncul sejumlah komentar dari Railfans sehingga munculah ide diadakan UPM (Ulangan Para Master)

Advertisements

2 thoughts on “Dari Railfans Indonesia: Gara-Gara Kamu Jadi Ada UPM (Ulangan Para Master)

  1. Oh gara2 si doi ya mas,pantes ajah ada ulangan mendadak bagi para master Railfans indonesia

    1. Iya gara-gara @railfans_sejati_ mengaku master tapi bajak foto dan kasih caption asal-asalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.