Posted on

Fakta-Fakta Terkait Tragedi Petarukan Pemalang

Tragedi Petarukan Pemalang ternyata menyimpan sejumlah fakta. Inilah kecelakaan kereta api terbesar kedua di Indonesia dan terparah sejak tahun 2001. Makan korban 36 tewas dan 50-an lainnya luka-luka.

Tragedi Petarukan Pemalang melibatkan dua rangkaian kereta api yang sama-sama dari Jakarta tapi beda jurusan, yakni Kereta Api Senja Utama Semarang jurusan Stasiun Semarang Tawang (SMT) dan Kereta Api Argo Bromo Anggrek jurusan Surabaya Pasar Turi.

Continue reading Fakta-Fakta Terkait Tragedi Petarukan Pemalang

Advertisements
Posted on

Double Track Pantura dan Tragedi Petarukan Pemalang

double-track-pantura-dan-tragedi-petarukan-pemalang

Double Track Pantura kini jadi jalur penting bahkan mau ditingkatin jadi jalur kereta cepat Jakarta Surabaya. 8 tahun silam di jalur ini pernah terjadi Tragedi Petarukan Pemalang, makan korban. 

Jalur kereta api Jakarta Surabaya via utara atau jalur kereta api Pantura kini jadi jalur penting, buat angkutan penumpang dan barang. Beda sama jalur selatan yang berbukit dan naik turun, jalur kereta api pantura ini jauh lebih datar. Memang sih ada beberapa belokan tapi masih dalam gradien datar. Inilah yang membedakan sama jalur selatan, ada tikungan juga rada nanjak atau menurun.

double-track-pantura-dan-tragedi-petarukan-pemalang

Dari segi pemandangan sendiri lebih didominasi sama pematang sawah dan perumahan penduduk. Di Cirebon kita akan liat Gunung Ciremai di kejauhan, begitu juga menjelang masuk Stasiun Tegal kita akan menyaksikan pemandangan Gunung Slamet. Secara salah satu jalur pendakian gunung tertinggi di Jawa Tengah ini ada di Tegal, tepatnya jalur Guci dan Dukuhliwung.

Pemandangan lain yang akan kita jumpai di jalur kereta api pantura ialah scrapyard atau kuburan kereta-kereta tua di Stasiun Cikaum (CKM). Semua kereta yang udah nggak layak pakai bakal dikirim ke sini untuk dirucat. Di antara kereta yang udah jadi penghuni tetap Stasiun Cikaum (CKM) ialah KRLI Prajayana karena kerusakan yang nggak bisa lagi diperbaiki, selain itu ada juga KRL Tokyu 8617F “Jalita” dan kereta bisnis Bandung KMP206501BD.

Continue reading Double Track Pantura dan Tragedi Petarukan Pemalang

Posted on

Sejarah Kota Bandung dan Kereta Api Indonesia

sejarah-kota-bandung-dan-kereta-api-indonesia

Kota Bandung kini berusia 208 tahun, begitu juga Kereta Api Indonesia menginjak 73 tahun. Hari ulang tahun keduanya cuma selang 2 hari. Kereta Api sendiri punya peran penting buat Bandung dan sekitarnya. 

Jangan bayangin Bandung sekarang sama dulu, jauh banget. Sebelum rame dan jadi tempat tujuan wisata kaya sekarang Bandung nggak lebih dari desa kecil di wilayah Priangan. Meski begitu punya potensi ekonomi tinggi karena daerah ini penghasil teh dan kina. Pembangunan jalan raya pos oleh Daendles tahun 1808 disusul jaringan kereta api tahun 1884 punya pengaruh buat perkembangan Bandung hingga jadi kaya sekarang.

Continue reading Sejarah Kota Bandung dan Kereta Api Indonesia

Posted on

Gara Gara Atapers (Penumpang di Atap Kereta)

Atapers atau penumpang di atap kereta boleh aja hilang dari peredaran, tapi kalo kita flashback lagi rombongan ini lumayan bikin gregetan lho. Selain nggak beli tiket, mereka juga seolah menantang maut. Lebih dari itu bahkan sampe bikin operator kereta api merugi dan “turut andil” terciptanya jalur non-aktif. 

Beruntunglah generasi milenial sekarang udah bisa menikmati layanan kereta api Indonesia yang aman dan nyaman. Stasiun kini nggak kalah sama Bandara. Mulai kereta ekonomi sampe kereta eksekutif mewah semuanya adem. Meski ada sedikit pengecualian buat kereta api lokal, termasuk KRL Commuter Line, di jam-jam sibuk yang meski keretanya adem tapi tetap penuh sesak.

Continue reading Gara Gara Atapers (Penumpang di Atap Kereta)

Posted on

Kereta Bisnis Bandung: Beda Nasib MP206501BD dan MP206502BD

Dua kereta bisnis Bandung ini beda nasib. Kalo MP206501BD sekarang afkir dan berada di Stasiun Cikaum (CKM), saudara mudanya MP206502BD justru masih dinas meski sekarang sering dibawa Kereta Api Lokal Bandung Raya atau Kereta Api Lokal Cibatuan. 

Udah baca postingan sebelumnya berjudul “Kereta Bisnis Bandung: In Memoriam MP206501BD?” Disitu ada pembaca yang komentar “Ini pernah di pake lokalan ya? soalnya waktu itu pernah inget dari KAC ke BD naik lokalan belakangnya bisnis kek gini”. Komentar itu sendiri sebetulnya udah ditanggapi tapi sangat singkat, maklum namanya menggapi kan nggak mesti panjang-panjang, yang penting dapet intisarinya.

Tapi walaupun si pembaca udah cukup puas sama tanggapan yang singkat itu, rasanya tetap perlu ngebahas lagi tentang kereta bisnis ini. Meski sejatinya ini bukan kereta penumpang melainkan kereta makan atau restorasi, tetap aja masuk dalam golongan kereta bisnis, karena toh namanya juga KMP2/MP2 alias Kereta Makan kelas 2 (Bisnis) yang dilengkapi pembangkit. Satu kereta dua fungsi: restorasi kelas 2 dan kereta pembangkit.

 photo kereta-bisnis-bandung-beda-nasib-mp206501bd-dan-mp206502bd_zpsfvgi6ctw.png

Continue reading Kereta Bisnis Bandung: Beda Nasib MP206501BD dan MP206502BD