Posted on Leave a comment

Si Puongs Buruan Railfans

si-puongs-buruan-railfans-1

Lokomotif CC 206 alias si Puongs kini jadi fenomena tersendiri. Disebut gitu karena suara S.35-nya. Jadi buruan Railfans bahkan sampai muncul istilah Antec Puong

Lokomotif CC 206 mengawali debutnya di Perkeretaapian Indonesia tahun 2013. Di tahun yang sama hampir 99% rangkaian kereta api udah dipasangin AC. Khususnya kereta-kereta lawas seperti kereta bisnis (K2) dan kereta ekonomi (K3) yang dipasang AC Split sebagai ganti kipas.

Di tahun itu pula mulai berlaku ketentuan 100% sesuai kapasitas. Kecuali di beberapa rangkaian kereta api lokal yang masih membolehkan 150% dari kapasitas, termasuk Kereta Api Lokal Bandung Raya.

Continue reading Si Puongs Buruan Railfans
Advertisements
Posted on Leave a comment

KAIS Rail Two, Salah Satu Buruan Favorit Railfans

Di kalangan Railfans kereta inspeksi jadi primadona tersendiri. Kehadirannya selalu ditunggu bahkan sampai ada semacam pemberitahuan di grup WA yang kadang benar kadang nggak. Salah satunya ialah KAIS Rail Two.

Nggak sedikit dari Railfans terutama yang masih berstatus pelajar sampai rela membolos hanya demi KAIS Rail Two dan sejenisnya. Ya, kereta inspeksi kaya gini memang jarang banget lewat. Jadwalnya nggak reguler. Kereta inspeksi biasa lewat kalo misalnya menjelang Lebaran dan Nataru. Biasanya untuk pengecekan jalur.

Continue reading KAIS Rail Two, Salah Satu Buruan Favorit Railfans
Posted on Leave a comment

Gara-Gara Foto Kereta Api Bajakan

Salah satu alasan kenapa mimin bubarin Manglayang Tour itu gara-gara foto kereta api bajakan. Terutama di tahun 2015 kita akui banyak pake foto orang buat media promosi, tanpa cantumin sumber aslinya. Justru sebaliknya malah dikasih logo Manglayang Tour

Foto bajakan apapun itu, mau foto bus, foto kereta api, foto pesawat terbang, dan lainnya jelas bukan hak kita. Nggak sepantasnya kita gampang-gampangin ngambil. Entah itu dari Instagram dengan cara nge-save to collection dulu terus di screenshoot dan crop sedemikian rupa sampe akhirnya di posting. Atau asal ambil dari Google tanpa cantumkan sumber aslinya.

Continue reading Gara-Gara Foto Kereta Api Bajakan

Posted on Leave a comment

Ketika Foto Kereta Api Kamu Dibajak

Hobby yang satu ini memang penuh dengan liku-liku dan ujian berat. Boleh jadi dibilang nggak ada kerjaan udah sangat biasa tapi yang paling nyakitin ketika foto kereta api kamu dibajak orang tak bertanggung jawab.

Ada-ada aja ujian Railfans ya. Suka sama kereta api dikatain macam-macam. Ambil foto kereta api dibilang nggak ada kerjaan. Membahayakan diri sendiri karena main di pinggir rel kereta api sekalipun kita udah menjaga jarak aman. Terakhir ketika foto kereta api yang kita ambil dengan penuh perjuangan dan pengorbanan tiba-tiba dibajak begitu saja,

Continue reading Ketika Foto Kereta Api Kamu Dibajak

Posted on Leave a comment

Ketika Hobi Foto Kereta Api Dibilang Kurang Kerjaan

Gitulah pandangan sebagian orang sama Railfans yang hobi videoin atau foto kereta api. Dibilang kurang kerjaan. Padahal setiap gambar yang diambil itu berharga banget lho, malah bisa menghasilkan uang dari situ.

Banyak cara yang bisa diekspresikan buat para pecinta kereta api atau railfans. Kesukaan dan kecintaan mendalam sama yang namanya kereta api, moda transportasi darat unggulan dan favorit para traveler saat ini. Kebanyakan memang abadiin rangkaian kereta api dalam bentuk video atau foto kereta api. Lebih-lebih sekarang udah cukup modal smartphone aja.

Continue reading Ketika Hobi Foto Kereta Api Dibilang Kurang Kerjaan