Posted on

Cara Boarding Pass Kereta Api

Boarding Pass kereta api jadi bagian paling penting. Tanpanya kamu nggak bakalan bisa nyepur karena check in pasti butuh itu dan nggak bisa cuma modal print out e-ticket atau tiket biru.

Ketentuan check in sendiri sebetulnya udah dari tahun 2012, pas waktu angkutan lebaran tahun itu, dimana nggak boleh lagi sembarangan orang bisa masuk ke peron stasiun. Kapasitas kereta api juga dibatasi 100% dan nggak ada lagi penumpang berdiri apalagi tanpa tiket. Padahal 2012 kelas bisnis sama ekonomi 106 belum ber-AC.

Makanya salah satu scene film 5 cm, adegan di Stasiun Pasar Senen, kita pertanyakan. Kok bisa-bisanya masuk peron tanpa tiket, dan tiket dipegang sama 1 orang aja yang bakal mimpin ekspedisi ke Gunung Semeru. Paling konyol udah pasti adegan nyaris ketinggalan sampe nguber-nguber kereta api Matarmaja.

Jangankan nguber-nguber kereta yang lagi jalan, nggak punya tiket aja dilarang masuk peron yang ekslusif buat penumpang. Film 5 cm memang direlease 12 Desember 2012, sedangkan masa angkutan Lebaran 2012 itu 4 bulan sebelumnya, yakni Agustus 2012, dan sistem check in udah berlaku.

Okelah anggap aja proses syuting film 5 cm sebelum masa angkutan lebaran 2012 dimana stasiun masih belum sepenuhnya steril dan masih boleh ada penumpang berdiri di KAJJ. Toh novelnya sendiri kan ditulis tahun 2005, dimana masih dalam periode zaman jahiliyyah kereta api Indonesia.

Intinya sekarang kereta api Indonesia jauh lebih baik daripada dulu. Peron stasiun benar-benar steril dari mereka yang tidak berkepentingan. Khusus buat penumpang tok, sama kaya di airport, ada area umum sama khusus buat calon penumpang.

Boarding Pass Kereta Api

Sukses berlakuin sistem check in hingga membuat stasiun 100% steril, PT. KAI bikin terobosan baru, yakni sistem Boarding Pass Kereta Api. Sistem ini mulai ada tahun 2016 dan pertama kali diuji coba di Stasiun Bandung.

Awal-awal dimulai banyak calon penumpang yang komplain dan ngeluh. Ya, menurut mimin sih wajar karena yang namanya perubahan susah buat bisa langsung diterima. Pasti butuh proses buat menerimanya.

Lebih extreme lagi, ketentuan cetak boarding pass waktu itu di hari-H mulai 12 jam sampai 30 menit sebelum keberangkatan. Artinya kalo lewat dari 30 menit tiketnya hangus. Ini ada benernya juga sih, karena di pesawat aja ketentuannya kan begitu. Memang ketentuan mesti hari H itu yang sedikit nyusahin.

Boarding Pass Kereta Api Dicetak H-7

Alhamdulillah sekarang ketentuan itu udah nggak berlaku lagi. Cetak boarding pass udah bisa mulai H-7 keberangkatan. Kecuali kalo kamu memang bookingnya dadakan ya bisanya cuma di hari itu doang. Itu artinya misal kamu booking tiket kereta api via external buat H-7, boarding pass bisa dicetak mulai H-7 juga.

Begitu juga kalo bookingannya H-30 atau H-90, cetak boarding pass paling cepat H-7. Cuma batas maksimumnya tetap 30 menit sebelum berangkat. Lewat dari itu udah nggak bisa lagi dan tiket kamu hangus.

Begitu di Stasiun Langsung Cetak

Sedikit tips buat kamu tentang cara boarding pass kereta api. Jadi kalo udah nyampe di Stasiun sementara kamu masih pegang e-ticket hasil bookingan dari channel external bagusnya segera cetak boarding pass dan jangan tunggu sampe last minute, daripada tiket kamu hangus.

Lebih penting lagi jangan tunda kedatangan kamu ke stasiun. Kalo tahu bakalan macet atau gimana, berangkatlah 5 jam sebelum berangkat. Separah-parahnya macet di kota Bandung kan jarang sampe di atas 2 jam. Tapi lebih aman sih sebelum hari H kamu udah cetak boarding pass-nya.

Jadi begitu nyampe stasiun tinggal disiapin aja sama identitas kamu buat check-in dan masuk ke peron, area yang benar-benar dikhususin buat calon penumpang.

Teknisnya, urutan cara cetak boarding pass kereta api sebagai berikut:

  1. Siapin e-ticket dari channel external tempat kamu booking
  2. Masukkin kode booking
  3. Begitu keluar data-data kamu: Nama, no.ID, nama kereta api, rute, tanggal dan jam berangkat, klik Cetak (Print)
  4. Boarding pass otomatis tercetak. Simpan baik-baik karena itu yang kamu pake buat check in sebelum masuk peron.
  5. Gimana kalo boarding pass-nya hilang atau rusak? Segera hubungi customer service yang ada di stasiun keberangkatan kamu.

Sebenarnya mimin kasih tips ini boleh dibilang basi, karena kalo kamu memang biasa nyepur pastinya udah tau gimana cara boarding pass kereta api. Masalahnya nggak sedikit yang memang benar-benar kurang piknik. Jadi sampe urusan sederhana kaya gini aja nggak tau. Makanya yang tau wajib ngabarin ke yang belum tau.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.