Bordes Kereta Lokal, Cimekar ke Cimahi

Bordes kereta lokal, perjalanan naik lokal bandung raya dari Cimekar ke Cimahi. Keseruanpun terbawa hingga ke atas KA. Nostalgia ekonomi jaman old.

Tak terasa hari sudah semakin siang. Acara Lodaya Bandung Gathering and Education di Stasiun Cimekar (CMK) pun berakhir. Itu berarti saatnya untuk pulang. Tentu pulangnya naik kereta karena hampir nggak ada pilihan lain. Dari Stasiun ke Cibiru sendiri lumayan jauh.

KA Lokal Bandung Raya tiba di Stasiun Cimekar (CMK). Siap mengantar kami semua ke Stasiun Cimahi (CMI), sesuai domisili mayoritas anggota Komunitas Lodaya Bandung. Keretanya penuh banget. Kita semua nggak kebagian tempat duduk. Akhirnya memutuskan untuk ngebordes.

Ngebordes udah direncanain sejak masih di Cimekar. Andai nggak dapat kursi kita akan lakuin hal itu. Duduk di bordes. Akhirnya rencana kita pun terealisasi. Benar-benar ngebordes. Kereta penuh banget mungkin karena efek hari Minggu.

Kita menempati gerbong ke 3 dari arah belakang. Tadinya sih pengen di gerbong paling belakang. Cuma untuk ke sana nyaris gak mungkin. setiap gerbong udah dipadati penumpang. Mau jalan pun rasanya susah. Yaudah akhirnya bordes aja di tempat kita.

Bordes Kereta Lokal, Cimekar ke Cimahi

Bordes Kereta Lokal dan Keseruan Pun Berlanjut

Bordes Kereta Lokal, akhirnya niat mau bordesan benar-benar kesampean. Kereta udah dalam kondisi penuh. Nyaris nggak bisa lewat menuju gerbong paling akhir seperti rencana kita. Okelah bordes aja di gerbong kita. Toh masih bisa dan cukup.

Nah disinilah keseruan berlanjut. Memang sih nggak sampe bercanda yang mengganggu penumpang lainnya. Tapi keseruan disini menunjukkan betapa solidnya anggota komunitas kami. Sampe ada yang nyeletuk ini kok kaya kereta ekonomi jaman dulu ya.

Benar juga sih, ekonomi jaman dulu kan identik sama yang namanya bordesan dan penuh sesak. Hingga menumpang di toilet kereta. Eh iya akhirnya sebagian anggota memutuskan untuk numpang di toilet kereta. Mungkin untuk mengurangi sesaknya bordes.


Bordes kereta lokal, bordesnya penuh Toilet pun dipake.
Bordes Penuh Toilet Pun Jadi. Mengingatkan kita pada Kereta Ekonomi jaman old.

Kereta pun tiba di Stasiun Kiaracondong (KAC). Nggak begitu banyak yang turun di sini. Tapi yang “mengungsi” di toilet sempat kena tegur PKD. Untuknya si PKD bisa mengerti karena nggak ada tempat lagi di dalam. Juga bordes udah lumayan sesak.

Lanjut di Gerbong Belakang

Tiba di Stasiun Bandung (BD), 75% penumpang memang turun di sini. Nah buat kita tentunya ada peluang untuk duduk. Kalopun belum beruntung nggak sesesak waktu dari Cimekar (CMK). Kembalilah ke rencana awal. Kita ngebordes di gerbong belakang.

Bergeraklah kita menuju gerbong belakang. Di sanalah kita semua duduk lesehan. Setelah berunding apakah bablas sampe akhir Padalarang (PDL) atau turun di Cimahi (CMI) kami putuskan untuk mengakhiri perjalanan di Stasiun Cimahi (CMI).


Abis ngebordes dan ngungsi di Toilet, lanjut Lesehan sampe Stasiun Cimahi (CMI)

Dari Bandung (BD) ke Cimahi (CMI) waktu tempuhnya kurang lebih 30 menit. Itu dengan catatan nggak tertahan di Ciroyom (CIR) karena kereta lokal mesti gantian disini sama kereta dari arah Padalarang (PDL). Pasalnya ada jalur khusus buat lokalan, sayang cuma satu jalur. Dua lagi buat KAJJ.

Alhamdulillah kereta pun akhirnya tiba di Stasiun Cimahi (CMI). Kami semua turun di sana. Maka berakhirlah seluruh rangkaian kegiatan perdana di hari Minggu, 23 Juni 2019 tersebut. Oke, sampai jumpa di kegiatan kami berikutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.