Posted on Leave a comment

Save Railfans Indonesia (SRI) dan Pembajakan Foto

Save Railfans Indonesia (SRI) pertama kali dibentuk karena ada kasus pembajakan foto. Namun siapa sangka justru sekarang tengah dikembangkan jadi sebuah komunitas. Terutama untuk mengakomodasi railfans diluar Daop 2 Bandung.

Save Railfans Indonesia (SRI) mulai dibentuk September 2018. Dilatarbelakangi keberadaan sebuah akun IG bernama @railfans_sejati_ . Akun itu diketahui telah membajak sejumlah foto. Bukan cuma dibajak, tapi juga dikasih caption ngasal. Jelas membuat sebagian besar Railfans geram akan tingkah lakunya.

Karena itulah 6 orang yang terdiri dari 5 Railfans dan 1 Bismania mengkampanyekan Stop Bajak Foto (SBF). Diawali dari Instagram grup kemudian berlanjut ke WhatsApp Group. Di WA beberapa railfans dari sejumlah grup dan komunitas pun diundang. Dari sini juga kemudian ide UPMO (Ulangan Para Master Online) muncul.

Continue reading Save Railfans Indonesia (SRI) dan Pembajakan Foto
Advertisements
Posted on Leave a comment

Inspiration of Railfans

Inspiration of Railfans jadi visi besar Lodaya Bandung setelah kembali ke asal. Nggak hanya itu, visi tersebut juga dipake sama Save Railfans Indonesia (SRI) dan Para Pecandu Kereta (PPK). Karena semua masih dalam satu rumah.

Lodaya Bandung mulai eksis tahun 2017 sebagai blog pribadi yang bahas kereta api. Sebenarnya itu merupakan kelanjutan dari Manglayang Tour. Sebuah rintisan usaha yang udah ada dari tahun 2014. Bahkan kalo diliat ke belakang mulai dirintis tahun 2005. Cuma bisnisnya aja yang berubah.

Di tahun 2014, mulailah dirintis usaha tour and travel. Waktu itu namanya Khoibar Travel. Nggak lama berselang berubah jadi Manglayang Tour. Perubahan itu karena nama Khoibar dianggap terlalu asing. Karena sejatinya Khoibar berasal dari Bahasa Arab. Maka dari itu dipilihlah nama yang merepresentasi tanah Priangan.

Continue reading Inspiration of Railfans
Posted on Leave a comment

Si Puongs Buruan Railfans

si-puongs-buruan-railfans-1

Lokomotif CC 206 alias si Puongs kini jadi fenomena tersendiri. Disebut gitu karena suara S.35-nya. Jadi buruan Railfans bahkan sampai muncul istilah Antec Puong

Lokomotif CC 206 mengawali debutnya di Perkeretaapian Indonesia tahun 2013. Di tahun yang sama hampir 99% rangkaian kereta api udah dipasangin AC. Khususnya kereta-kereta lawas seperti kereta bisnis (K2) dan kereta ekonomi (K3) yang dipasang AC Split sebagai ganti kipas.

Di tahun itu pula mulai berlaku ketentuan 100% sesuai kapasitas. Kecuali di beberapa rangkaian kereta api lokal yang masih membolehkan 150% dari kapasitas, termasuk Kereta Api Lokal Bandung Raya.

Continue reading Si Puongs Buruan Railfans
Posted on Leave a comment

Tiket Kereta Api Galunggung dan Tiket Kereta Api Pangandaran Cuma Bisa Go Show

Gara-gara banyak penumpang gaib, PT. KAI Daop 2 Bandung akhirnya ambil kebijakan Tiket Kereta Api Galunggung (Kiaracondong-Tasikmalaya PP) dan Tiket Kereta Api Pangandaran (Bandung-Banjar PP) cuma bisa go show atau dibeli langsung di stasiun mulai 3 jam sebelum berangkat.

Dua rangkaian kereta api penjelajah Priangan Timur yang dilaunching nyaris berdekatan. Kereta Api Galunggung mulai dinas 25 Desember 2018 sementara Kereta Api Pangandaran mulai 2 Januari 2019. Dimana letak perbedaan kedua kereta ini?

Continue reading Tiket Kereta Api Galunggung dan Tiket Kereta Api Pangandaran Cuma Bisa Go Show
Posted on Leave a comment

KAIS Rail Two, Salah Satu Buruan Favorit Railfans

Di kalangan Railfans kereta inspeksi jadi primadona tersendiri. Kehadirannya selalu ditunggu bahkan sampai ada semacam pemberitahuan di grup WA yang kadang benar kadang nggak. Salah satunya ialah KAIS Rail Two.

Nggak sedikit dari Railfans terutama yang masih berstatus pelajar sampai rela membolos hanya demi KAIS Rail Two dan sejenisnya. Ya, kereta inspeksi kaya gini memang jarang banget lewat. Jadwalnya nggak reguler. Kereta inspeksi biasa lewat kalo misalnya menjelang Lebaran dan Nataru. Biasanya untuk pengecekan jalur.

Continue reading KAIS Rail Two, Salah Satu Buruan Favorit Railfans