Posted on

Seberapa Strategis kah Stasiun Buaran Saat Ini?

Stasiun Buaran (BUA) bakal nempatin bangunan baru yang posisinya bergeser 200 meter arah Jatinegara (JNG). Di posisi baru itu justru strategis banget karena pas di perempatan, dekat mall dan halte Transjakarta. Lantas gimana dengan posisi saat ini? 

Posisi Stasiun Buaran (BUA) saat ini lebih dekat ke pemukiman penduduk ketimbang sentra ekonomi kaya pasar atau mall. Jarak stasiun sama Pasar Klender aja masih lumayan jauh, jangankan ke pasar, nyampe belokan arah Pasar Klender aja masih sekitar 200-250 meter. Dimana terdapat juga Halte Transjakarta Perumnas Klender.

Sementara kalo ditarik garis ke arah perempatan Buaran yang sangat strategis masih sekitar 200 meter sebelah barat bangunan Stasiun Buaran (BUA) eksisting. Jadi kesimpulannya posisi stasiun yang sekarang bener-bener nanggung dan susah dijadiin TOD (Transit Oriented Development), susah juga terintegrasi sama Transjakarta karena ada di antara 2 halte: Halte Buaran dan Halte Perumnas Klender.

 photo 04 SEBERAPA STRATEGIS KAH STASIUN BUARAN 1-2_zpswybe35se.jpg

Continue reading Seberapa Strategis kah Stasiun Buaran Saat Ini?

Advertisements
Posted on

Stasiun Buaran (lama), Calon Stasiun Non Aktif Jakarta

Dampak dari pembangunan DDT Manggarai-Cikarang bakal ada calon stasiun non aktif Jakarta yang baru, yakni Stasiun Buaran (lama). Stasiun berkode “BUA” ini akan digeser kurang lebih 200m ke arah barat dan bangunan barunya udah dalam tahap finishing. 

Stasiun Buaran (BUA), dibangun di tahun 1990-an, memang bukan stasiun besar melainkan cuma stasiun kelas III atau stasiun kecil. Di sini cuma tersedia layanan keberangkatan KRL Commuter Line Jabodetabek untuk lintas Jakarta Kota (JAKK)-Cikarang (CKR) atau blue line. Dulu zamannya masih ada KRL Ekonomi, stasiun ini juga jadi tempat pemberangkatan KRL Ekonomi dan KRD/kereta api lokal Cikampek/Purwakarta.

Fasilitas yang ada di stasiun boleh dibilang minim. Cuma tersedia satu pintu masuk di depan yang dilengkapi gate buat tap in dan tap out Tiket Harian Berjaminan, Kartu Mukti Trip (KMT), maupun kartu prabayar punya Bank kaya BCA Flazz dan Mandiri e-money. Itu juga gate-nya di masing-masing peron arah Cikarang (jalur 1) dan arah Jakarta Kota (jalur 2). Karena akses masuk jadi satu sama akses warga ke kampung seberang rel.

 photo 01 STASIUN BUARAN LAMA CALON STASIUN NON AKTIF JAKARTA 1-3_zpscdq2kt2e.jpg

Continue reading Stasiun Buaran (lama), Calon Stasiun Non Aktif Jakarta

Posted on

Reaktivasi Jalur Rel Mati Bandung-Ciwidey: Penuhnya Dipo Kereta Bandung

Selain soal pembebasan lahan buat reaktivasi jalur rel mati Bandung-Ciwidey, nggak kalah penting juga soal armada yang nanti bakal dipake kalo jalur itu hidup lagi. Masalahnya sekarang Dipo Kereta Bandung (BD) dalam kondisi penuh. 

Gubernur Jawa Barat mendukung penuh reaktivasi jalur rel mati di Daop 2 Bandung, salah satunya jalur rel mati Bandung-Ciwidey yang bisa support kawasan wisata Bandung Selatan kaya Kawah Putih. Begitu juga dari Kementerian Perhubungan udah kasih lampu hijau bahkan menunjuk PT. KAI buat jadi investor. Cuma bukan perkara gampang karena jalur itu udah puluhan tahun mati suri.

 photo REAKTIVASI JALUR REL MATI BANDUNG CIWIDEY PENUHNYA DIPO KERETA BANDUNG_zpsqgjhsdx6.jpg

Continue reading Reaktivasi Jalur Rel Mati Bandung-Ciwidey: Penuhnya Dipo Kereta Bandung

Posted on

Kereta Api Lokal Bandung Raya: K307602BD Nggak Ikut ke Cikaum

Tadinya K307602BD sempat ada di emplasemen Stasiun Bandung (BD) bersama kereta bisnis MP207601BD dan K308002BD. Walaupun demikian, bekas Kereta Api Lokal Bandung Raya ini masih beruntung karena nggak ikut dikirim ke Stasiun Cikaum, disimpan di Dipo Kereta Bandung (BD).

Boleh jadi nasib baik masih menaungi kereta ekonomi K307602BD. Pasalnya kereta ekonomi yang pernah memperkuat Kereta Api Lokal Bandung Raya ini sempat disimpan di emplasemen Stasiun Bandung (BD) segandengan sama K308002BD dan kereta bisnis MP206501BD.

Awalnya di sepur badug, terus pindah lagi ke jalur 7 yang sebelumnya dipake simpan satu trainset ex-KRD Shinko/MCW301 sebelum pindah ke Stasiun Cimahi (CMI). Menjelang Lebaran 2018 kemarin dikirim ke Stasiun Cikaum (CKM) dikumpulin bareng kereta-kereta afkir lainnya dari berbagai Daop.

 photo KERETA API LOKAL BANDUNG RAYA NASIB BAIK K307602BD_zps0p9hpkaz.jpg

Continue reading Kereta Api Lokal Bandung Raya: K307602BD Nggak Ikut ke Cikaum

Posted on

Kereta Api Lokal Bandung Raya: Sisa-Sisa ex-KRD Shinko/MCW301

Kereta Api Lokal Bandung Raya memang nggak lagi pake kereta ex-KRD Shinko/MCW301 atau K3076XX. Tapi sisa-sisanya masih bisa ditemuin, salah satunya di Dipo Kereta Api Bandung. 

Setelah nggak lagi dibawa Kereta Api Lokal Bandung Raya, kondisi kereta ekonomi ex-KRD Shinko/MCW301 jadi mangkrak ibarat hidup segan mati tak mau. 2 kereta bahkan udah dikirim ke Stasiun Cikaum, K307602BD dan K308002BD yang segandeng sama kereta bisnis MP206501BD. Ditambah beberapa kereta yang sempat disimpan di Balai Yasa Manggarai, tergusur sama armada Railink Bandara Soekarno Hatta.

 photo KERETA API LOKAL BANDUNG RAYA SISA SISA EX KRD SHINKO MCW 301_zps5bbdkro3.jpg

Continue reading Kereta Api Lokal Bandung Raya: Sisa-Sisa ex-KRD Shinko/MCW301