Berwisata Naik Kereta Api Lokal Bandung Raya

Mau berwisata murah meriah ke Situ Ciburuy Padalarang Gunung Manglayang, atau belanja di Pasar Baru? InSyaaAlloh bisa naik Kereta Api Lokal Bandung Raya, meski harus nyambung transportasi lain.

Selain buat transportasi “Baraya Commuters”, Kereta Api Lokal Bandung Raya bisa buat berwisata lho. Baik sekedar fun trip, joy ride, atau mengunjungi tempat wisata tertentu. Beberapa tempat wisata memang bisa diakses naik Lokalan itu meski harus nyambung kendaraan lain dari stasiun terdekat.

Salah satu tempat wisata yang bisa diakses naik Kereta Api Lokal Bandung Raya ialah Situ Ciburuy, di Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Posisinya memang nggak dekat-dekat banget sih sama Stasiun Padalarang, tapi stasiun itu memang stasiun terdekat menuju Situ Ciburuy. Untuk lanjut ke sana mesti nyambung naik angkot.

Sebenarnya ada sih trasportasi yang langsung ke Situ Ciburuy, yakni Bus Damri rute Alun-Alun Bandung-Situ Ciburuy, tapi kalo misalnya rumah kamu lebih dekat ke stasiun kereta api dan repot kalo ke alun-alun, pilihannya naik Kereta Api Lokal Bandung Raya terus nyambung angkot ke Situ Ciburuy. Lagipula operasional bus Damrinya sendiri masih terbatas.

Gunung Manglayang

Nggak begitu terkenal tapi sering jadi incaran para pendaki gunung dan pecinta alam, Gunung Manglayang juga bisa diakses naik kereta api Lokal Bandung Raya. Sejatinya Stasiun Cimekar paling dekat ke Gunung Manglayang, cuma sayang karena posisi stasiun yang ada di kompleks perumahan, moda transportasi lanjutan yang tersedia cuma ojek pengkolan (konvensional).

Kalo kamu mau naik ojek online, saran mimin jangan sekali-kali order di dekat stasiun Cimekar, karena disini ada pangkalan ojek konvensional. Bagusnya sih cari lokasi yang agak jauh dari Stasiun Cimekar atau intinya nggak kelihatan ojek pengkolan. Walaupun udah disupport, masih ada aja gesekan kecil antara online sama konvensional.

Alternatif lainnya kamu bisa turun di Stasiun Rancaekek. Nah kalo disini tersedia angkot jurusan Cileunyi, abis dari situ kamu tinggal persiapan buat pendakian, dimana salah satu jalur paling favorite di kalangan pendaki Gunung Manglayang itu lewat Jalan Paledang / Jalan Villa Bandung Indah.

Sama kaya di Cimekar, kalo kamu mau order ojek online jangan terlalu dekat sama Stasiun Rancaekek karena disini banyak angkot ngetem, juga jangan sekali-kali terlalu dekat sama pangkalan ojek. Carilah tempat aman, misalnya minimarket yang jauh dari jangkauan ojek konvensional baru deh kamu bisa ngebid disitu.

Wisata Belanja Pasar Baru Trade Center

Paling ideal tentu saja wisata belanja di Pasar Baru Trade Center Bandung. Lokasinya dekat banget sama Stasiun Bandung, tinggal ambil pintu keluar selatan terus jalan kaki sedikit udah nyampe ke Pasar Baru Trade Center.

Pasar Baru sejatinya udah ada dari zaman kolonial Belanda, tapi sekarang bangunannya jelas beda sama dulu, udah lebih modern, meski dari segi kenyamanan masih kalah dari mall. Biasanya orang belanja ke Pasar Baru buat nyari pakaian atau segala sesuatu yang berbau fashion. Karena harga murah nggak jarang juga pada ngeborong.

Makanya jangan heran kalo kamu kerap jumpai ibu-ibu lagi bawa belanjaan banyak banget nunguin Kereta Api Lokal Bandung Raya di peron 1 atau 2 Stasiun Bandung. Ya, mereka abis dari Pasar Baru, borong fashion murah meriah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: