Advertisements

Batavia Railway Community (SRI Daop 1)

Batavia Railway Community jadi nama lain dari SRI Daop 1. Disamping itu juga bakal jadi pendamping Lodaya Bandung, terutama untuk konten yang berkaitan dengan Daop 1 Jakarta. Termasuk MRT Jakarta.

Jaringan SRI Group bertambah lagi. Setelah Lodaya Bandung dan Kedung Sepur Railfans (KSRF), kini giliran Daop 1 Jakarta punya nama sendiri. Nama Batavia Railway Comunity akhirnya dipilih.

Pemilihan nama Batavia nggak lepas dari aspek historis. Batavia adalah nama kota Jakarta di era Kolonial Belanda. Bahkan istilah Betawi pun sebetulnya dari Batavia. Karena nama tersebut memang berasal dari Belanda. Hingga di melayu kan jadi Betawi.

Kaitannya sama sejarah perkeretaapian, jalur kereta api kedua yang dbangun di masa kolonial ialah Batavia – Buitenzorg (Bogor). Adalah perusahaan swasta NIS (Nederlands Indische Stroomtram Maatschappij) yang jadi operatornya.

Jalur tersebut start dari Stasun Batavia Noord sampe Stasiun Buitenzorg. Kemudian NIS juga mengembangkan jaringan kereta api dalam kota Batavia, termasuk Tram Batavia yang bertahan hingga akhir 1950-an.

Nama Batavia diganti jadi Jakarta saat pemerintahan pendudukan Jepang berkuasa. Karena Jepang nggak mau ada istilah dalam bahasa Belanda. Meski demikian, Batavia tetap jadi bagian dari sejarah Kota Jakarta sekaligus Indonesia.

batavia railway community (sri daop 1)

Ide Batavia Railway Community dari Lodaya Bandung

Nggak bisa dipungkiri bahwa ide nama tersebut memang muncul dari Lodaya Bandung. Sebagai korwil tertua dari Komunitas Save Railfans Indo (SRI), Lodaya Bandung merasa pengen maju bersama korwil yang lain. Jadi nggak mau maju sendiri sementara yang lain ditinggal.

Inilah salah satu ciri SRI Group yaitu mengutamakan kebersamaan. Meletakkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Jelas Lodaya Bandung nggak mau besar sendirian. Mentang-mentang paling tua dan punya fasilitas lengkap.

Karena itu pengen yang lain juga maju meski fasilitasnya tak selengkap Lodaya Bandung. Paling nggak kan bisa membagi fasilitas tersebut. Sebagaimana Lodaya Bandung menyediakan ruang buat SRI di situsnya. Nah langkah awal dimulai dari tetangga terdekat dulu.

Tak lain ialah SRI Daop 1. Setelah ide Batavia Railway Community disetujui oleh segenap anggota SRI Daop 1. Lanjut dengan menyediakan ruang buat Batavia Railway Community di Situs Lodaya Bandung.

Konten Daop 1 Jakarta

Kaitannya sama ruang di Situs Lodaya Bandung, Batavia Railway Community akan kebagian konten Daop 1 Jakarta. Mungkin yang sekarang lagi jadi trending topic ialah MRT Jakarta. Moda transportasi yang direncanain sejak lama tapi baru terealisasi di 2019 ini

Nah tema MRT Jakarta nantinya bakal diangakat di halaman Batavia Railway Community. Khusus untuk kereta di rute Lebak Bulus – Bunderan HI tersebut. Sebelumnya sempat mau diangkat di sini. Tapi lagi-lagi karena ada ide Batavia itu jadi lebih baik dibahas di situ.

Selain tentang MRT Jakarta, halaman Batavia Railway Community juga bakal kebagian konten rehab. Apa itu konten rehab? Tulisan lama yang pernah diposting di Lodaya Bandung tapi diperbaharui lagi. Atau dalam istilah literasi disebut Revisi.

Sebelumnya ada lumayan banyak konten Daop 1 yang di share di Lodaya Bandung. Sepertinya lebih pas dibahas di Batavia. Namun dengan format penyajian yang lebih baru.

Penasaran sama halaman situsnya? Yuk kunjungi Batavia Railway Community di http://lodayabandung.web.id/batavia

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: