Posted on Leave a comment

All Nippon Airways (ANA) Bombardier Dash-8 yang sempat dikira ATR 72 di Tokyo Haneda (HND)

Meski kebagian di detik-detik terakhir, All Nippon Airways (ANA) Bombardier Dash-8 yang parkir di Hangar ANA Tokyo Haneda (HND) jadi momen krusial. Bahkan sempat dikira ATR 72. Dioperasikan ANA Wings. 

Pesawat milik maskapai Jepang yang lagi ngetop saat ini, All Nippon Airways (ANA), mendominasi stok foto di gallery mimin. Kebanyakan di dapat waktu pertama kali mendarat di Tokyo Haneda (HND) dan di hari terakhir sebelum pulang ke tanah air.

Kebanyakan armada All Nippon Airways (ANA) yang didapat nggak jauh-jauh dari Boeing 777-300 ER dan Boeing 787 Dreamliner. Tapi siapa sangka di detik-detik terakhir sebelum pesawat Garuda Indonesia Flight 875 mengantar pulang mimin ke tanah air malah dapet momen menarik di Tokyo Haneda (HND) tepatnya Hangar ANA.

Bombardier Dash-8 Milik ANA Wings

Momen tersebut adalah pesawat turboprop atau baling-baling milik All Nippon Airways (ANA). Maskapai Jepang yang pamornya udah mengalahkan Japan Airlines ini tak disangka-sangka punya armada turboprop yang biasa dipake buat jarak pendek atau commuter airline.

Awalnya turboprop ini dikira ATR 72-600 punya All Nippon Airways (ANA). Bukan sesuatu yang aneh sih secara di Jepang juga ada bandara kecil yang cuma bisa didarati pesawat jenis tersebut atau maksimal Boeing 737-800. Agak mirip sih sama kondisi di Indonesia. Apalagi Garuda juga punya armada sejenis.

01-ALL~1

Setelah diselidiki lebih lanjut melalui literatur maupun situs resmi All Nippon Airways (ANA) sendiri pesawat yang dimaksud bukan ATR 72-600 karena ANA nggak punya ATR 72-600 maupun 500. Turboprop itu ternyata jenis Bombardier Dash-8 milik ANA Wings.

Ya, ANA Wings, ibaratnya Garuda Explorer atau Wings Air gitu. Biasa melayani rute penerbangan domestik dan jarak pendek. ANA Wings sendiri basisnya ada di Chubu Nagoya (NGO), Tokyo Narita (NRT), New Chitose Airport Hokkaido (CTS), dan Osaka Itami (ITM). Hub utamanya sendiri ada di Fukuoka (FUK).

Beda All Nippon Airways (ANA) dan ANA Wings

Meski sama-sama berlabel All Nippon Airways, ternyata ANA dan ANA Wings ada sedikit perbedaan terutama dari kode penerbangan dan call sign. All Nippon Airways (ANA) kode NH (IATA) dan ANA (ICAO), call sign All Nippon. ANA Wings punya kode beda dari induknya yakni EH (IATA) dan AKX (ICAO), call sign All Nippon Alfa Wings.

Satu produk tapi beda kode penerbangan dan call sign. Armada yang dipakenya pun beda. ANA Wings lebih banyak operasikan pesawat-pesawat kecil seperti Bombardier Dash 8, Boeing 737-500, Boeing 737-700 dan Boeing 737-800. Jelas semuanya dipake sebatas penerbangan domestik jarak pendek.

Beda banget kan sama All Nippon Airways (ANA) yang kebanyakan pake pesawat berbadan besar sekelas Boeing 777-300 ER dan Boeing 787 Dreamliner, meski juga operasikan pesawat sedang jenis Airbus A320 dan Boeing 737-700.

ANA dan ANA Wings masing-masing punya website sendiri. Sebagai catatan karena mainnya di domestik situs resmi ANA Wings tidak menyediakan informasi berbahasa Inggris, semuanya disajikan dalam bahasa Jepang dan huruf kanji. Jadi jelas butuh “mbah google” buat translate ke Bahasa Inggris atau Indonesia.

02-ALL~1

Oke, jadi misteri turboprop yang berhasil difoto sebelum meninggalkan Jepang terungkap sudah. Fix itu Bombardier Dash-8 (DHC-8) Q400 punya ANA Wings.


Referensi:

ANA Wings. https://en.wikipedia.org/wiki/ANA_Wings

Fleet. ANA Wings. http://www.anawings.co.jp/fleet/

Konfigurasi Denah dan Kursi. All Nippon Airways. https://www.ana.co.jp/id/id/international/departure/inflight/seatmap/

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.