Posted on Leave a comment

Alhamdulillah, Tiket Kereta Api Ekonomi Bandung Batal Naik

Sempat ngalami kenaikan, akhirnya per 7 Juli 2017 tiket kereta api ekonomi Bandung balik lagi ke tarif lama alias batal naik. Jelas ini ngelegain banget karena kita tetap bisa nyepur murah dan hemat.

Sebelumnya tiket kereta api ekonomi reguler bersubsidi, termasuk kereta api ekonomi Bandung, mengalami kenaikan dengan besaran yang bervariasi. Kenaikan ini ditanggapi beragam warganet terutama pelanggan setia kereta api ekonomi. Walaupun nggak terlalu drastis bagi sebagian tetap dirasa berat karena harus nambah ongkos lagi.


Sempat Nggak Bisa Dibooking

Sebelum ada kabar kenaikan yang lumayan bikin heboh itu, tiket kereta api ekonomi reguler sempat nggak bisa dibooking, terutama keberangkatan tanggal 7 Juli 2017 dan seterusnya. Padahal nggak sedikit juga pemudik yang kepengen balik ke tempatnya beraktivitas di tanggal itu. Sayang tiketnya belum bisa dibooking sehingga harus tertunda.

Kenaikan harga tiket kereta api ekonomi reguler bersubsidi setelah sempat nggak bisa dibooking itu memang cukup ngagetin. Sebelumnya pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut nggak bisa dibooking karena mau ada penyesuaian tarif. Benar aja tarifnya jadi berubah.

Kenaikan tarif tersebut, tentu kalo di kereta api ekonomi reguler kaitannya sama pengurangan subsidi, salah satunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggannya. Ini nggak bisa disalahin. Ditambah lagi kereta api terutama kelas ekonomi makin hari peminatnya makin tinggi sehingga kalo ada kenaikan sebetulnya wajar aja.

Secara ilmu ekonomi juga naiknya permintaan terhadap suatu barang/jasa bisa mengakibatkan kenaikan harga barang/jasa tersebut. Permintaan tinggi bikin harga ikutan naik. Lebih-lebih di weekend, long weekend, lebaran atau peak season lainnya, permintaan bisa bertambah berkali-kali lipat.

Naik Sebentar Terus Turun Lagi

Alhamdulillah ternyata kenaikan harga tiket kereta api ekonomi bersubsidi, termasuk tiket kereta api ekonomi Bandung, akhirnya nggak jadi. Itu artinya tarif yang sebelumnya bakal berlaku lagi. Khusus di Daop 2 Bandung, nggak ada lagi tiket kereta api ekonomi reguler yang harganya tembus 100 ribu, kalopun memang ada yang tembus itu setelah ditambah biaya admin.

Berikut rincian penurunan harga tiket kereta api ekonomi reguler di lingkungan Daerah Operasi 2 Bandung:

  • Kereta Api Kahuripan, rute Kiaracondong-Blitar PP, semula Rp 95.000,00 turun jadi Rp 84.000,00
  • Kereta Api Kutojaya Selatan, rute Kiaracondong-Kutoarjo PP, semula Rp 65.000,00 turun jadi Rp 62.000,00
  • Kereta Api Pasundan, rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng PP, semula Rp 110.000,00 turun jadi Rp 94.000,00
  • Kereta Api Serayu, rute Kiaracondong-Purwokerto PP / Kiaracondong-Jakarta Pasar Senen PP, semula Rp 70.000,00 turun jadi Rp 67.000,00.

Sedikit catatan, harga diatas belum termasuk biaya admin (convenience fee) sebesar Rp 7.500,00. Biaya admin dihitung per transaksi atau kode booking. Jadi kalo kamu jalannya ber-2 atau maksimum ber-4, biaya admin yang dikenakan tetap segitu dan nggak bertambah.

Kembali ke 2 Alternatif

Dampak positif batalnya kenaikan harga tiket kereta api ekonomi bersubsidi ini terasa banget buat kamu yang merencanakan traveling ke Jogja dan Solo. Alternatif bepergian murah ke dua kota tujuan wisata utama itu balik lagi jadi 2 kereta api yaitu Kereta Api Kahuripan dan Kereta Api Kutojaya Selatan.

Paling murah memang jelas masih Kereta Api Kutojaya Selatan. Tapi kalo kamu pengennya langsung bablas ke Jogja, Klaten atau Solo, Kereta Api Kahuripan bisa jadi pilihan tepat. Meskipun jadwal kedatangannya masih jam 3 kurang dini hari. Masih sekitar 1-2 jam lagi nunggu waktu sholat shubuh.

Hitungannya gini, naik Kereta Api Kahuripan harga tiketnya Rp 84.000,00. Ditambah biaya admin Rp 7,500,00 total yang kamu keluarin buat traveling ke Jogja, Klaten dan Solo Rp 91.500,00 atau anggaplah Rp 92.000,00. Nggak tembus Rp 100.000,00.

Memang sih keputusan akhir tetap ada di kamu. Kepengen bablas langsung tanpa transit tapi nunggu adzan shubuh dan matahari terbitnya masih lumayan lama atau transit tapi bisa langsung sholat shubuh dan begitu udah terang kamu bisa langsung bergerak, meski harus nyambung KRD Prameks dulu ke Jogja, Klaten dan Solo.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.