Posted on

Akun @railfans_sejati_ Duri Dalam Daging Railfans Indonesia

Inilah fenomena di jagad Instagram Railfans Indonesia saat ini, keberadaan akun atas nama @railfans_sejati_ yang kerap membuat heboh. Bukan cuma foto boleh bajakan tapi captionnya juga asal-asalan, secara adminnya sendiri mengaku master. 

Boleh jadi ini fenomena biasa di jagad sosial media. Siapapun bisa punya akun sosial media, apalagi instagram. Cukup modal alamat email udah bisa bikin akun. Gratis pula nggak perlu keluarin biaya sepeser pun. Sejatinya akun sosial media seperti instagram dan sejenisnya dimanfaatkan untuk hal-hal positif. Namun sangat disayangkan karena ada saja hal-hal negatif yang muncul di sana.

Contoh paling nyata saat ini ialah akun @railfans_sejati_ . Seolah-olah si admin pemilik akun menyatakan dirinya pecinta kereta api sejati, pecandu kereta sejati, bahkan lebih dari itu menyatakan dirinya sebagai master yang serba tau dalam perkeretaapian Indonesia. Memang sih sah-sah saja seseorang menjadikan sosial media buat media aktualisasi diri, tapi caranya harus tepat.

Dalam kasus @railfans_sejati_ si admin jelas kepengen eksis terutama di kalangan Railfans Indonesia, namun sangat disayangkan keinginan untuk dikenal di kalangan Railfans Indonesia justru malah menjadikannya sebagai bahan ejekan dan bully karena caption asal-asalan yang sulit diterima oleh Railfans Indonesia manapun. Belum lagi foto-fotonya bajakan semua atau boleh ambil punya orang lain.

Inilah yang buat geram sebagian Railfans Indonesia. Dalam menyikapi akun ini memang ada yang memilih cuek dan tak terlalu dalam mengurusi. Karena sudah tau si admin ingin cari sensasi. Tak sedikit pula yang menaruh perhatian pada akun @railfans_sejati_ karena khawatir keberadaannya justru akan merusak reputasi Railfans Indonesia, udah mengambil hak orang tanpa izin ditambah pula memberi informasi salah.

Foto dan Caption Salah

Ada banyak contoh yang bisa ditemui di akun @railfans_sejati_ misalnya Foto Lokomotif CC 300 buatan PT.INKA Madiun disebut CC 207 buatan Amerika, Interior bus Sinar Jaya disebut Kereta Api Argo Bromo Anggrek, Kereta Api Gumarang lewat Sumberlawang, hingga Kereta Api Jarak Jauh disebut Kereta Bandara Ahmad Yani Semarang. Caption-caption yang bisa membuat kita tertawa atau marah pada akun ini.

Kalo mau dilihat lebih lanjut nggak sedikit dari Railfans Indonesia yang geram sama admin. Komentar-komentar di akun instagramnya adalah bukti kegeraman mereka. Udah mah caption salah dan asal-asalan, foto pake bajak punya orang lain. Mending kalo mau pake izin dulu, ini mah nggak, main screen shot terus crop. Satu teknik usang yang kerap dipake sama pembajak foto terutama di Instagram.

Sosial media yang harusnya jadi media buat berbagi info dan kabar positif berubah jadi tempat buat mengumbar kata-kata kurang pantas. Meski di satu sisi mereka salah, tapi harus diingat nggak ada asap kalo nggak ada api. Mereka seperti itu bukan tanpa sebab, lagi-lagi karena kelakuan si admin @railfans_sejati_ . Memang ada sedikit yang coba menasihati si admin secara baik-baik dan coba mendidiknya lebih lanjut.

Tak Ada Yang Berubah

Admin @railfans_sejati_ pernah di training sama salah seorang Railfans Indonesia dari Daop 4 Semarang. Coba dikasih pengetahuan seputar perkeretaapian Indonesia. Namun sayang, hasil didikan itu masih belum bisa merubah tabiatnya sebagai seorang yang gemar mencari sensasi dengan foto bajakan dan caption asal-asalan. Terakhir postingannya tentang lokomotif BB 304 afkir di Balai Yasa Yogyakarta yang disebutnya Balai Yasa Bandung.

Padahal jelas-jelas di Bandung nggak ada Balai Yasa buat Kereta Api atau Lokomotif. Paling adanya Balai Yasa Jembatan di depan Stasiun Kiaracondong (KAC). Hampir semua kereta api Bandung kalo PA di Balai Yasa Manggarai (MRI) Daop 1 Jakarta atau di Daop 8 Surabaya kaya Kereta Api Argo Wilis.

Penasaran sama postingan-postingan tadi? Ini dia buktinya:

A. Lokomotif CC 207 Amerika

 

View this post on Instagram

 

CC207 fresh dari amerika

A post shared by @ railfans_sejati_ on

B. Interior Bus Sinar Jaya disebut Argo Bromo Anggrek

 

View this post on Instagram

 

Kemarin abis jran naik Argo bromo anggrek

A post shared by @ railfans_sejati_ on

C. Kereta Api Gumarang ke Sumberlawang

 

View this post on Instagram

 

HANTING PAS MUDIK CC 203 14 07 KEBAKARAN FT KA GUMARANG LEPAS SUMBERLAWANG

A post shared by @ railfans_sejati_ on

D. Kereta Bandara Ahmad Yani Semarang

 

View this post on Instagram

 

RANGKAIAN KRL BANDARA AHMAD YANI DI ST SUMBERLAWANG

A post shared by @ railfans_sejati_ on

E. Balai Yasa Bandung

 

View this post on Instagram

 

LOKOMOTIF SIMBAH BB 304 DI BALAI YASA BANDUNG

A post shared by @ railfans_sejati_ on

Gimana? Cukup menggelikan bukan? Iya sih yang begini nggak usah diladenin tapi kita juga nggak mau nama baik Railfans Indonesia jadi rusak gara-gara akun ini. Biar gimanapun juga @railfans_sejati_ telah menjadi duri dalam daging Railfans Indonesia.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.